Diet Mayo: Dari Review Sampai Resep!

Eat Less Salt*Gambar dari sini

Turun 5 kg dalam 13 Hari, why not?

Belakangan ini, di timeline instagram saya sedang heboh dengan diet mayo. Beberapa teman pun asyik mencoba berdiet dengan metode ini. Ada yang menyiapkan makanannya sendiri, ada pula yang ikut katering diet yang khusus menyediakan makanan untuk diet mayo. Rata-rata tergiur dengan klaimnya yang bilang “berat badan akan turun 3-10kg dalam 13 hari”. Wuiihhhh….

Saya pun jadi penasaran. Apa sih diet mayo itu? Lalu saya minta juklaknya pada teman yang sedang menjalani diet ini dengan khusyuk. Setelah saya baca, ya ampun, ternyata saya sudah pernah dapat juklak diet ini beberapa tahun lalu.

Saat itu, saya sedang frustrasi dengan berat badan paska-melahirkan yang nggak turun-turun hahaha… Tapi karena menunya ayam kukus, telur rebus, dll dsb, tanpa garam, tanpa bumbu-bumbu, nyali saya langsung ciut. Gimana rasanya coba makan kukus-kukusan dan rebus-rebusan, tanpa garam maupun bumbu? Hueekkk…

Makanya saya heran, kok sekarang diet ini ngetren lagi? Karena penasaran, saya pun iseng mengintip beberapa akun katering diet di instagram. Menu-menu yang mereka sajikan ternyata jauh dari menu menggelikan yang pernah ada di benak saya, lho.

Ayam tak hanya dikukus, tapi juga dipanggang atau ditumis dengan sedikit olive oil. Begitu juga dengan telur dan daging. Bahkan mereka memasukkan sedikit karbohidrat sehat seperti kentang dan ubi dalam menu makan siang. Agak berbeda dengan menu diet mayo yang pertama kali saya dapatkan dulu.

Wah, saya pun jadi tertarik ikutan. Awalnya, saya sempat ingin ikutan katering diet mayo yang sedang naik daun. Tapi setelah saya tanya beberapa teman yang ikut katering, mereka menyarankan saya untuk masak sendiri. “Rasanya tetap hambar kok Ra, namanya juga nggak pakai garam. Apalagi lo suka masak, jadi mending bikin sendiri aja lah,” kata teman saya. Benar juga ya. Irit pula kan kalo masak sendiri hehehe #makirit

Setelah dijalani, ternyata enak-enak saja kok diet mayo ini. Memang sih, di hari 1 dan 2, saya lemas luar biasa karena masih beradaptasi. Bahkan di hari ke-2 saya sempat cheating minum susu UHT coklat karena nyaris pingsan. Tapi sesudah itu, semua Alhamdulillah bisa saya jalani dengan baik-baik saja.

Hasilnya, bobot saya turun sekitar 4-5 kilogram setelah 13 hari berdiet. Lingkar pinggang saya pun turun 5cm. Lumayan banget yaaa…

Selanjutnya: Apa saja yang harus dilakukan saat melakukan diet mayo? >>