6 Rekomendasi Sekolah yang Punya Kelas Bayi di Jakarta, Dukung Stimulasi Dini!

Education

Mommies Daily・06 Oct 2024

detail-thumb

Belajar sambil bermain, ini daftar sekolah yang menyediakan kelas bayi di Jakarta. Cocok utnuk menstimulasi si kecil sejak dini. Intip harganya juga di sini!

Dalam mendukung masa tumbuh kembangnya, bayi memerlukan aktivitas belajar sambil bermain yang dapat menstimulasi kemampuan sensorik dan motoriknya. Beruntungnya, saat ini sudah banyak sekolah yang menyediakan kelas bayi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ada banyak manfaat yang didapat ketika Mommies mendaftarkan si kecil di sekolah yang memiliki kelas bayi, diantaranya adalah mendorong kemampuan bersosialisasi, meningkatkan kemandirian, menstimulasi otak, serta meningkatkan rasa percaya diri anak. Kegiatan yang disediakan kelas bayi juga bermacam-macam, mulai dari mengenal tekstur benda hingga bermain alat musik.

BACA JUGA: Hati-hati, Ini 6 Bahaya Mencium Bayi Orang Lain Sembarangan!

Alasan Penting Mengikuti Kelas Bayi

Sebelum melihat rekomendasi baby class, Mommies perlu mengetahui terlebih dahulu alasan dibalik pentingnya mengikuti kelas ini. Lantas, mengapa penting untuk mendaftarkan si kecil di kelas bayi? Intip alasannya berikut ini.

1. Fondasi Pendidikan Sejak Dini

Meskipun di kelas bayi si kecil akan lebih banyak bermain tapi nyatanya hal ini juga bisa membantu anak untuk membangun fondasi pembelajaran yang kuat. Anak-anak yang mengikuti program pendidikan sejak dini cenderung memiliki kemampuan kognitif, sosial, serta emosional yang lebih baik.

2. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Alasan berikutnya mengapa kelas bayi cukup penting untuk diikuti oleh anak adalah karena dapat mendorong kemampuan si kecil dalam bersosialisasi dan mengenal lingkungan baru. Baby class memberikan kesempatan pada anak untuk bisa berinteraksi dengan teman-teman sebaya mereka dan mengenal lingkungan yang lebih luas di sekitarnya.

3. Mengembangkan Kreativitas dan Kemampuan Sensorik

Berbagai kegiatan yang disediakan sekolah pada kelas bayi yang beragam, seperti kerajinan seni dapat merangsang imajinasi si kecil sehingga dapat mendorong mereka untuk mengekspresikan ide-ide yang lebih kreatif dan luas. Selain itu, pada kelas bayi, semua alat indera dipastikan dapat bekerja dengan baik, seperti sensor penglihatan, sentuhan, serta penciuman.

Rekomendasi Sekolah dengan Kelas Bayi

Bagi Mommies yang sedang mencari kelas bayi untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang si kecil, berikut Mommies Daily telah merangkum beberapa sekolah yang menyediakan baby class untuk dijadikan pilihan. Cek daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Jakarta Montessori School

Jakarta Montessori School merupakan sekolah pertama yang bisa dijadikan pilihan oleh Mommies untuk mendaftarkan si kecil yang masih berusia 18 bulan – 3 tahun bermain sekaligus belajar. Di Jakarta Montessori School terdapat program kelas Toddlers yang bisa membantu memperdalam rasa seni anak, seperti gerakan tangan, musik, bernyanyi, hingga mendengarkan cerita.

Selain itu, Jakarta Montessori School juga memiliki misi untuk melatih kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan berkebun serta bermain air. Si kecil juga bisa asyik bermain di playground yang berada di area luar.

Alamat: Jl. Durian No.10, RT.8/RW.5, Jagakarsa, South Jakarta City, Jakarta.
Kisaran biaya: Rp500.000 – Rp74.000.000
Telepon: 0817882131

2. Canzona Music School

Foto: Freepik

Rekomendasi sekolah yang menyediakan kelas untuk bayi selanjutnya adalah Canzona Music School. Apabila si kecil memiliki ketertarikan pada dunia seni, terutama musik, maka Canzona Music School bisa menjadi rekomendasi utama bagi Mommies. Berada di wilayah Jakarta Barat, Canzona Music School menyediakan program khusus bayi berusia 0-2 tahun.

Kelas Baby – Toddler di Canzona Music School bertujuan untuk mengenalkan anak tentang musik sejak dini. Beberapa hal yang akan didapat dalam kelas ini meliputi pengenalan bahasa, bermain piano, bernyanyi, hingga memperdalam permainan motorik halus dan kasar.

Alamat: Kencana Tower Business Park, Ruko D1 No.5, RW.5, RT.1/RW.5, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat.
Kisaran harga: Mulai dari Rp950.000
Telepon: 085921066441

4. Playfield Kids Academy

Playfield Kids Academy merupakan sekolah khusus anak yang bertujuan untuk mengajarkan bahasa dan kemampuan bersosialisasi si kecil. Selain memiliki program kelas Primary School, dan Preschool, Playfield Kids Academy juga menyediakan kelas bayi yang terdiri dari berbagai macam kegiatan, mulai dari kelas sensori hingga dance.

Sekolah yang menyediakan kelas bayi ini bisa diikuti mulai dari usia 6-18 bulan. Untuk bahasa yang digunakan dalam program kelas Playfield Kids Academy sendiri adalah bahasa Inggris dan Mandarin.

Alamat: Jl. Srengseng Raya No.55, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat.
Kisaran harga: Rp5.400.000 – Rp27.600.000
Telepon: 0215859987

5. Rumah Anak Cilandak

Selain untuk memberikan stimulasi dan melatih kemandirian, kelas bayi bertujuan untuk meningkatkan bonding antara orang tua dengan anak. Hal inilah yang menjadi misi Rumah Anak Cilandak dengan menyediakan Kelas Bermain yang dapat diikuti oleh anak berusia 6-24 bulan. Kelas bayi ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan motorik kasar dan halus si kecil.

Terdapat beberapa kegiatan yang disediakan Rumah Anak Cilandak, meliputi bermain dengan binatang, bermain di pasir, air, rumput, serta tanah untuk melatih sensori anak. Selain itu, terdapat juga kegiatan bermain di area outdoor dan indoor sehingga bisa membangun kemampuan berkomunikasi dan motorik anak.

Alamat: Jl. B.D.N. I No.47AB 11, RT.11/RW.13, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.
Kisaran harga: Mulai dari Rp220.000
Telepon: 081219677130

6. Otterplay

Rekomendasi sekolah yang menyediakan kelas untuk bayi berikutnya dan dapat dijadikan pilihan untuk Mommies adalah Otterplay. Berlokasi di daerah Kemang, Otterplay menyediakan berbagai varian kelas yang bisa diikuti oleh bayi hingga anak-anak, mulai dari sensory camp, otter splash class, dan masih banyak lagi.

Kelas yang ada di Otterplay bertujuan untuk mengajak si kecil berpikir kreatif, melatih kemampuan sensorik dan motorik, serta meningkatkan kemampuan sosial dan emosional mereka. Untuk kelas bayi dapat diikuti oleh anak berusia 6-24 bulan.

Alamat: Jl. Pejaten Barat Raya No.13 1, RT.1/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.
Kisaran harga: Mulai dari Rp150.000
Telepon: 082124152042

Itulah daftar rekomendasi sekolah yang menyediakan kelas bayi untuk dijadikan pilihan bagi Mommies. Sebelum mendaftar, pastikan agar usia bayi Mommies sudah memenuhi ketentuan setiap sekolah, ya! Semoga membantu!

BACA JUGA: Aman, Ini 7 Rekomendasi Baby Spa yang Nyaman dan Terpercaya untuk Bayi

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik