8 Kompetisi Internasional untuk SMP dan SMA, Siap Wakili Indonesia!

Education

Mommies Daily・26 Sep 2024

detail-thumb

Ingin raih prestasi hingga skala global? Yuk, tingkatkan minat dan kemampuan anak dengan mengikuti beberapa kompetisi internasional ini!

Sebagai orang tua, tentu selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Selain memberikan fasilitas pendidikan dan kursus, tidak ada salahnya juga jika Mommies mengikutsertakan anak pada lomba atau kompetisi yang sesuai dengan bakat serta kemampuannya. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak ketika banyak mengikuti kompetisi. 

Mulai dari mengembangkan keterampilan berpikir kritis, manajemen waktu, menyelesaikan masalah, meningkatkan rasa percaya diri, hingga memperkenalkan anak tentang arti menang atau kalah. Apabila Mommies ingin mengasah minat serta kemampuan anak lebih dalam lagi, maka bisa mendaftarkan mereka pada kompetisi berskala internasional. 

Rekomendasi Kompetisi Internasional untuk Anak SMP dan SMA

Berikut Mommies Daily telah merangkum sekian kompetisi internasional yang dapat diikuti oleh anak SMP serta SMA. Yuk, intip rekomendasinya di bawah ini!

1. Asia Youth International MUN

Asia Youth International MUN (AYIMUN) merupakan program dengan konsep simulasi sidang PBB yang didesain secara khusus untuk mengembangkan kemampuan public speaking dan negosiasi bagi rentang usia 15-25 tahun. Dengan mengikuti AYIMUN, anak bisa meningkatkan kemampuan dalam public speaking dan negosiasi. 

Hal ini disebabkan karena anak diberikan kesempatan untuk membuat dan melakukan pidato selama sidang PBB berlangsung. Dengan menganut sistem pembelajaran Fun Learning Experience, pelajar yang mengikuti MUN akan mendapatkan pelajaran yang menyenangkan dan memperluas koneksi pertemanan. 

BACA JUGA: Bantu Anak Menghadapi Stres Akademik, Lakukan 10 Cara Ini!

2. Model United Nations 

Mirip dengan AYIMUN, Model United Nations (MUN) adalah simulasi akademis Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mana menjadi tempat para siswa untuk berperan sebagai delegasi dari berbagai negara dan mencoba memecahkan masalah dunia nyata dengan kebijakan dan perspektif negara yang ditugaskan. Tentunya pengalaman yang didapat ketika mengikuti MUN sangat berharga dan bermanfaat. 

Sebelum MUN dimulai, peserta akan mendapatkan country allocations, yakni negara yang akan diwakili kepentingannya dalam sidang. Selain itu, peserta juga akan memiliki kesempatan untuk membuat position paper, working paper, dan draft resolutions untuk mengetahui proses penyelenggaraan sidang PBB berlangsung.

Manfaat lain yang bisa didapatkan ketika mengikuti MUN, yakni mendapatkan teman baru baik dari Indonesia dan luar negeri, meningkatkan kemampuan negosiasi, dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. 

3. Seoul International Invention Fair

Kompetisi internasional berikutnya yang bisa Mommies jadikan pilihan untuk daftarkan anak adalah Seoul International Invention Fair (SIIF). Diselenggarakan secara resmi pada tahun 2002, SIIF merupakan kompetisi yang menjadi ajang para penemu dan peneliti memamerkan ide serta produk baru kepada produsen, investor, distributor, firma lisensi, bahkan masyarakat umum. 

Berada di bawah naungan Pemerintah Kota Seoul, Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), dan Federasi Asosiasi Penemu Internasional (IFIA), pameran ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempromosikan gagasan dan penemuan di pasar Asia yang selalu berkembang seiring waktu. 

4. International Mathematics Olympiad 

International Mathematics Olympiad merupakan kompetisi matematika untuk siswa SMA dan diadakan setiap tahun di negara yang berbeda. Seturut dengan perkembangannya, IMO saat ini diikuti lebih dari 100 negara dan 5 benua, meliputi Argentina, Bangladesh, Denmark, Hong Kong, Indonesia, dan masih banyak lagi. 

Olimpiade yang diadakan pertama kalinya di Rumania pada 1959 ini diikuti oleh para matematikawan muda terbaik di seluruh dunia yang bisa diikuti oleh siswa SD hingga SMA. Jenis ujian yang ada di IMO juga disesuaikan kembali dengan levelnya kembali dan terbagi menjadi beberapa bagian soal. 

Foto: Freepik

5. World School Debating Championship 

Debat merupakan kegiatan bertukar pendapat yang dilakukan oleh dua pihak berlawanan untuk mencapai kemenangan salah satu pihak. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mengikuti debat, seperti adalah melatih seseorang untuk berpikir kritis dan melatih keberanian. Salah satu kompetisi yang dapat diikuti oleh anak untuk meningkatkan kemampuan debatnya adalah World School Debating Championship (WDSC). 

WDSC adalah kompetisi global yang dapat diikuti oleh siswa SMP dan diadakan setiap tahun oleh lebih dari 70 tim. Tim dari seluruh dunia ini akan berkumpul dan adu pendapat untuk membahas topik yang berbeda, mulai dari hubungan internasional hingga ekonomi. WDSC memiliki tiga tujuan dan nilai yang dianut, yakni pendidikan, keanekaragaman & iklusi, dan kesadaran. 

6. International Junior Science Olympiad 

Kompetisi internasional selanjutnya yang dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan minat dan pengetahuan anak adalah International Junior Science Olympiad (IJSO). Dapat diikuti oleh siswa yang berusia di bawah 16 tahun, IJSO merupakan kompetisi tahunan perorangan dan tim dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam. 

Didirikan sebagai bentuk pengakuan atas pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam, IJSO bertujuan untuk mempromosikan karier anak untuk menjadi ilmuwan di waktu yang akan datang, mempromosikan kolaborasi ilmiah, serta mendorong terbentuknya persahabatan dalam komunitas ilmiah. 

7. International Earth Science Olympiad

International Earth Science Olympiad (IESO) merupakan suatu kompetisi tahunan untuk siswa sekolah menengah yang berusia di bawah 18 tahun. Peserta nantinya akan menguji keterampilan pada semua bidang utama ilmu kebumian meliputi, geologi, geofisika, meteorologi, ilmu lingkungan, serta oseanogfrafi. Ujian yang ada dalam IESO terbagi menjadi dua, yakni ujian praktek dan teori. 

Tujuan utama diadakannya kompetisi ini adalah untuk mendorong minat serta kesadaran siswa terhadap ilmu bumi untuk meningkatkan pembelajaran. Sebagai satu-satunya olimpiade internasional yang mencakup Investigasi Lapangan Tim Internasional (ITFI) ini dikembangkan juga untuk mendorong hubungan yang bersahabat di antara para pelajar muda dari berbagai negara. 

8. International Olympiad on Astronomy and Astrophysics 

Anak memiliki minat dalam bidang astronomi? Mungkin Mommies bisa mendaftarkannya di International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) guna meningkatkan pengetahuannya. Sebagai ajang global bergengsi yang diikuti oleh peserta lebih dari 40 negara, IOAA dapat diikuti oleh siswa sekolah menengah. 

Mirip dengan olimpiade lainnya, IOAA juga menyediakan serangkaian ujian tertulis dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Para peserta akan menyelesaikan masalah secara teoritis, observasional, dan praktis dalam ujian untuk mencerminkan karya ilmiah astronomi pada dunia nyata. 

BACA JUGA: 20 Cara Tingkatkan IQ Anak, Bikin Anak Pintar dan Cerdas

Itulah sederet kompetisi internasional yang bisa dijadikan pilihan untuk Mommies yang hendak mendorong minat serta kemampuan anak. Semoga membantu!

Penulis: Nariko Christabel

CoverFreepik