Rekomendasi 5 Tempat Belajar Skateboard untuk Anak yang Nyaman dan Aman

Education

Mommies Daily・15 Sep 2024

detail-thumb

Sedang mencari tempat belajar skateboard untuk si kecil, Mommies? Berikut ini rekomendasi kursus skateboard yang bisa jadi pilihan anak. 

Mencari aktivitas untuk si kecil sebenarnya banyak loh Mommies. Jika ingin memberikan hiburan bagi anak yang tidak melibatkan gadget, ada pilihan kursus skateboard yang kini sedang naik daun.

Manfaat main skateboard sangat mengagumkan karena membantu anak menjadi kuat dan sehat, dan membuat mereka bahagia. Dengan memilih tempat les skateboard yang tepat, Mommies bisa membantu si kecil dapat banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat bermain skateboard untuk anak.

1. Membantu keseimbangan tubuh anak

Mengendarai skateboard membutuhkan tingkat keseimbangan dan koordinasi yang tinggi. Keterampilan ini diasah dan ditingkatkan melalui bermain skateboard secara konsisten, sehingga membuat anak-anak lebih lincah dan mahir dalam aktivitas fisik.

2. Kesehatan tulang yang kuat

Dampak bermain skateboard pada permukaan yang keras membantu perkembangan dan kepadatan tulang, sehingga mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari, loh.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Menguasai keterampilan baru di atas skateboard bisa menjadi pendorong kepercayaan diri yang kuat. Anak-anak belajar menaklukkan rasa takut, mendorong batas kemampuan mereka, dan mendapatkan kepercayaan diri.

4. Lebih tangguh

Belajar skateboard yang terpenting adalah tentang bangkit kembali setelah jatuh. Hal ini mengajarkan anak-anak ketangguhan dan pentingnya untuk tidak menyerah ketika menghadapi tantangan, loh, Mommies.

5. Lebih Bahagia

Kegembiraan bermain skateboard dan perasaan meluncur bisa menjadi pereda stres yang sangat baik. Hal ini membantu anak-anak untuk rileks dan melupakan tekanan sehari-hari yang mungkin mereka hadapi.

BACA JUGA: Rekomendasi 5 Mini Golf untuk Ajak Anak Bersenang-Senang Sambil Belajar Olahraga Baru

5 Rekomendasi Tempat Belajar Skateboard

Bagaimana Mommies, jadi makin yakin mau mencari kursus skateboard terbaik buat anak? Berikut rekomendasi tempat belajar skateboard terbaik.

1. Velocity Skatepark

Foto: Mall Kelapa Gading

Lokasi: Scientia Square Park, Gading Serpong, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang Regency

Biaya: gratis

Di area Tangerang, tepatnya di Gading Serpong ada Velocity Skatepark. Terletak di dalam Scientia Square Park, ini adalah area yang digunakan oleh rekan-rekan atlit dan komunitas skateboard untuk mengasah kemampuan mereka.

Tenang saja jika ingin bergabung, karena tempat ini bisa untuk segala umur sehingga anak pun bisa ikutan belajar. Yang terpenting, Mommies sudah membawa skateboard sendiri dan anak memakai alat pelindung lengkap, ya. Bahkan, anak Mommies juga bisa mempelajari dan berlatih teknik skateboard bersama pelatih profesional.

2. Green Skate Park TMII

Foto: Tripadvisor

Lokasi: Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur

Biaya: Tiket masuk TMII Rp10.000, tiket masuk Green Skatepark Rp15.000

Bagi Mommies yang berdomisili di Jakarta Timur bisa menemani anak belajar skateboard di Green Skate Park TMII. Sesuai namanya, lokasinya ada di dalam Taman Mini Indonesia Indah, tepat di samping Teater IMAX Keong Mas, sehingga mudah ditemukan.

Tempat skateboard ini sudah cukup lama dan sudah dikenal sebagai tempat berkumpul komunitas skateboard. Areanya besar sehingga anak-anak bisa belajar dengan leluasa. Agar lebih nyaman, bawalah sendiri skateboard milik pribadi dan lengkapi anak dengan alat pelindung.

3. Sector1xtremepark

Foto: Instagram/sector1xtremepark

Alamat: Jl. Taman Bintaro Barat No.5 12, RT.16/RW.11, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan

Biaya: Gratis

Tempat belajar skateboard satu ini areanya semi outdoor dan sangat nyaman. Tempatnya juga cukup luas dengan berbagai area skateboard yang juga bisa digunakan untuk inline skate. Asyiknya, terkadang ada free trial yang bisa anak Mommies ikuti saat datang ke tempat ini.

Cocok bagi Mommies yang anaknya masih ingin coba-coba dan menentukan apakah olahraga skateboard cocok dengan dirinya. Biasanya free trial diadakan di akhir pekan dan terbuka untuk anak usia 4 tahun hingga dewasa. Waktu free trial juga cukup lama yaitu 1 jam dengan instruktur yang berpengalaman.

4. EPIC Skatepark

Foto: Instagram/epic_lessons

Alamat: Baywalk Mall, Jl. Pluit Karang Ayu 1 No.B1 Lt.5, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara

Biaya: Rp70.000 – Rp100.000

Biasanya tempat belajar skatepark berlokasi outdoor sehingga panas dan kurang nyaman. Nah, Mommies bisa mencoba datang ke EPIC Skatepark yang terletak di dalam mal, sehingga ruang untuk kursusnya indoor dan memakai AC.

Meskipun di dalam ruangan, lokasinya cukup luas sehingga anak bisa belajar dengan baik. Jangan khawatir karena ada pelatih profesional yang akan selalu mendampingi si kecil, sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

5. Elbricks Skatepark

Foto: Instagram/elbricks.skatepark

Alamat: Jl. Cipinang Elok I Cipinang Elok 2a No.8, RT.5/RW.10, Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur

Biaya: Free entry

Berkunjung ke Elbricks sangat menyenangkan karena tempatnya menyatu dengan coffee shop, sehingga Mommies bisa menikmati anak belajar skateboard sembari duduk-duduk dan menikmati camilan. Areanya juga sangat teduh meskipun outdoor, karena ada pohon rindang di bagian tengah lapangan.

Di Elbricks terdapat tenaga professional yang akan melatih anak untuk belajar skateboard sampai mahir. Mommies juga bisa memilih ingin mengikuti private class atau regular class bersama anak-anak lainnya.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Les Olahraga Panahan untuk Anak, Perkuat Fokus dan Konsentrasi

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik