banner-detik
WORK & CAREER

10 Ide Bisnis dengan Modal Kecil, Berani Mencoba?

author

Sisca Christina22 Jul 2024

10 Ide Bisnis dengan Modal Kecil, Berani Mencoba?

Sudah banyak pilihan bisnis dengan modal kecil yang bisa dijalankan. Selanjutnya, tinggal susun rencana dan mewujudkannya! 

Dewasa ini semakin banyak orang yang berani berbisnis. Ini karena memulai bisnis tak lagi harus selalu punya modal besar dan dengan cara sulit. Kini, dengan modal kecil pun sudah bisa membangun usaha. Bahkan, beberapa usaha tak perlu sewa tempat.

Tentunya, bisnis dengan modal kecil dimulai dengan skala kecil dulu, ya. Nantinya bisa dikembangkan sambil melihat progres usaha. Kuncinya, ulet, konsisten, inovatif, kreatif dan tak gampang menyerah. Ingat, walau bisnis kecil, tetap perlu waktu merintis untuk  menjadi stabil. Coba cek beberapa ide bisnis dengan modal kecil berikut, siapa tahu peluangnya bagus, dan cocok untuk mommies.

10 Ide Bisnis dengan Modal Kecil

1. Franchise Teh Manis Solo

Bisnis dengan modal kecil yang satu ini sedang menjamur bukan main. Dalam radius sekitar 500 meter, bisa ada dua lapak teh manis Solo dengan harga yang sangat terjangkau. Kalau begitu, saingannya sudah banyak, jadi peluangnya makin kecil, dong? Ada benarnya.

Namun jangan keliru, orang Indonesia sangat menyukai teh manis. Jadi, walau saingan banyak, peminatnya nggak kalah banyak, sehingga masih potensial. Modalnya pun kecil. Mulai dari Rp3-4 jutaan untuk booth paling kecil, mommies sudah bisa mulai usaha.

2. Bisnis antar jemput anak sekolah

Apabila ada mobil tak terpakai di rumah, mommies bisa manfaatkan dengan bisnis antar jemput anak sekolah. Lumayan, kan,  sambil antar jemput anak, menuai cuan. Disarankan mobil yang digunakan minimal 7 seater agar bisa mengangkut lebih banyak anak.

Menurut berbagai informasi yang kami dapat, untuk satu kali trip (antar atau jemput saja), seorang anak dikenakan biaya Rp500-800 ribu per bulan. Untuk dua kali trip yaitu antar dan jemput, biaya per bulannya bisa mencapai Rp1,5 juta per bulan. Biaya yang dikeluarkan hanya bensin dan maintenance rutin mobil saja.

Jika mommies mau lebih cuan, bisa menjalankan bisnis ini sendiri. Namun jika ingin menjadikan bisnis ini lebih besar, mommies bisa menambah armada dan merekrut supir untuk operasional harian. Jadi mommies tinggal supervisi dan menerima cuannya aja. Asik, kan?

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Cocok untuk Perempuan Usia 40 dan 50

3. Penyewaan aset atau barang

Apabila mommies memiliki properti atau kendaraan bermotor menganggur, cobalah jajaki untuk menyewakannya. Bisa sebagai rumah kontrakan, kos atau penginapan. Untuk kendaraan bisa disewakan ke driver online harian, atau wisatawan. Bisnis ini tak perlu modal besar karena menggunakan aset yang ada saja.

Tak punya properti atau kendaraan bermotor lebih? Tak masalah. Mommies juga bisa menyewakan barang bayi tak terpakai dan masih dalam konisi bagus seperti stroller, kulkas ASIP, ranjang bayi atau mainan edukasi anak.

Bisnis ini terbilang mudah dijalankan. Mommies bisa menggunakan media sosial untuk memasarkannya. Saat memulai bisnis, disarankan untuk menggunakan aset atau barang-barang yang ada dan sedang tidak aktif digunakan untuk meminimalisir modal. Jika sudah ada keuntungan, barulah pertimbangkan untuk menambah aset untuk disewa.

4. Kuliner online

Bermodalkan Instagram dan foto-foto menu makanan, sekarang mommies bisa memulai usaha kuliner. Tak harus buka lapak. Manfaatkan saja layanan pesan antar makanan seperti GrabFood dan kawan-kawannya. Modalnya pun kecil.

Untuk pemasaran awal, mommies bisa membuat sampel produk makanan untuk diberikan secara gratis ke circle terdekat seperti rekan kantor, tetangga, saudara dan teman-teman sesama orang tua di sekolah anak. Pilihannya jualannya pun banyak, dari aneka kue, minuman, lauk-pauk.

5. Pijat refleksi

Ide bisnis dengan modal kecil selanjutnya adalah membuka tempat untuk pijat refleksi. Eits, jangan membayangkan pijat refleksi yang fancy, ya. Ruangan 4 x 6 meter sudah bisa, lho, disulap menjadi tempat pijat refleksi. Untuk memulainya, bisa menyediakan 3-4 kursi pijat sederhana dulu. Asalkan memiliki terapis yang terlatih dan pijatannya enak, pasti laris. Upayakan agar lokasinya strategis sehingga mudah dicari orang. Tak perlu takut tak mampu menggaji terapis, karena pendapatan dapat dikelola dengan sistem bagi hasil.

6. Buka jasa sedot debu dan tungau

Banyak keluarga yang semakin aware akan pentingnya menghirup udara yang bersih di rumah. Apalagi jika anggota keluarga ada yang mengidap alergi. Nah, mengapa tak coba membuka jasa sedot debu dan tungau ke rumah-rumah?

Mommies bisa membeli alat sedot dan tungau dengan daya hisap tinggi berukuran besar seperti yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan jasa sedot tungau. Harganya berkisar antara Rp17-20 jutaan. Biasanya perusahaan penjual alat tersebut menyediakan jasa uji coba ke rumah-rumah untuk mendemonstrasikan alat. Selain buat usaha, bisa dipakai sendiri juga.

Baca juga: 5 Pekerjaan Freelance dengan Gaji Tinggi, Bisa Bikin Kaya

7. Katering anak sekolah

Percayalah, bisnis dengan modal kecil yang satu ini tak akan pernah ada matinya. Selalu ada ibu sibuk di luar sana yang membutuhkan bantuan mommies untuk menyediakan bekal anak sekolah sehari-hari. Dengan modal terjangkau, untungnya bisa sampai 100%. Kuncinya, mommies perlu kreatif mengembangkan menu makanan agar anak-anak tak bosan. Tertarik?

8. Agen gas dan air mineral galon rumahan

Ini lebih ringkas ketimbang membuka toko sembako. Mommies tak perlu menyediakan banyak produk dan membuka toko khusus. Di rumah pun bisa. Rumah-rumah di sekitar komplek bisa jadi target market. Sediakan jasa antar jemput agar lebih menarik.

9. Toko frozen food

Modal awal untuk membuka toko makanan beku yaitu sekitar Rp10-15 juta. Keunggulan dari bisnis ini yaitu produknya praktis, tahan lama dan dibutuhkan banyak orang. Teman saya memulai bisnis ini saat masih bekerja, dan kini ia sudah resign dari kantor guna fokus mengembangkan toko frozen foodnya. Ia memasarkan produknya di Shopee. Ia membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk menjadikan tokonya sebagai bisnis utama.

10. Jual kebutuhan hewan peliharaan

Kalau mommies menyukai hewan peliharaan, membuka toko yang menjual kebutuhan hewan peliharaan bisa jadi opsi menarik. Modalnya tak terlalu besar, namun perlu menyewa tempat. Modal awal untuk membuka usaha ini mulai dari Rp20jutaan.

Jadi, dari 10 ide bisnis dengan modal kecil di atas, mana yang ingin dieksekusi?

Baca juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Berdasarkan Survei

Cover: Freepik

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan