banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

10 Pekerjaan yang Cocok untuk Perempuan Usia 40 dan 50

author

Sisca Christina27 Jun 2023

10 Pekerjaan yang Cocok untuk Perempuan Usia 40 dan 50

Pensiun dini dari kantor, lalu bekerja secara mandiri, kenapa nggak? Ini pilihan pekerjaan yang cocok buat perempuan usia 40 dan 50 tahun.

Resign di usia 40 atau 50 yang nggak muda lagi, memang tantangan tersendiri. Tetapi, adaaaa saja alasan untuk mundur dari pekerjaan. Entah itu sudah nggak satu visi dengan tempat bekerja yang sekarang, ingin mengejar cita-cita yang tertunda atau banting stir ke profesi lain sesuai passion. PR berikutnya setelah resign, tentu cari pekerjaan baru. Harapannya, apa yang dikerjakan berikutnya inilah yang kemudian langgeng hingga pensiun nanti.

Memulai sesuatu yang baru di usia senior, nggak sesusah dan semengerikan itu, kok. Ragam pilihan pekerjaan yang sesuai untuk perempuan usia 40 dan 50 tahun juga banyak. Tinggal sesuaikan dengan passion dan tujuan kerja yang sekarang. Setidaknya, ini ada sepuluh pekerjaan yang bisa dicoba buat perempuan usia 40 dan 50. Pekerjaan ini juga cocok buat para ibu rumah tangga yang ingin bekerja lagi setelah lama nggak bekerja.

10 Pekerjaan untuk Perempuan Usia 40 dan 50 Tahun

1. Perencana keuangan

Profesi ini tak hanya diperuntukkan buat mereka yang lulus sekolah ekonomi atau ex pekerja bank aja. Sekarang, banyak tersedia pelatihan dan sertifikasi buat yang ingin menjalani profesi ini secara mandiri. Setelah mengantongi sertifikat dan memperbanyak jam terbang, mommies sah menjadi certified financial planner yang bisa membantu orang lain merencanakan keuangannya plus menjadi pembicara di berbagai seminar atau webinar.

2. Pelatih kebugaran

Bisa dibilang, ini adalah profesi yang bisa dimulai dari nol, tak peduli apapun profesi mommies sebelumnya. Mommies hanya perlu memiliki passion di bidang ini, menyelesaikan syarat dan kewajiban dalam pelatihan untuk menjadi trainer, serta mengambil berbagai sertifikasi yang diperlukan untuk menambah skill. Setelah itu, mommies bisa menerima klien dan jadi coach tamu di berbagai acara kebugaran.

3. Virtual assistant

Buat yang ingin tetap bekerja tapi nggak mau lagi ke kantor, virtual assistant bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang sesuai buat perempuan usia 40 dan 50 tahun. Mommies bisa kerja sambil selonjoran di rumah, tanpa perlu repot-repot dress up dan bermacet-macet di jalan. Bosan di rumah, bisa kerja di kafe. Selama punya skill di bidang administrasi dan manajemen, pasti bisa!

Baca juga: Mengenal Virtual Assistant, Pekerjaan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

4. Agen asuransi

Tak ingin terikat lagi di kantor, tapi masih ingin networking, bertemu orang banyak, suka berbicara? Fix, agen asuransi adalah pekerjaan yang pas buat mommies yang berusia 40 dan 50 tahun. Tapi sebelumnya, mommies perlu mengambil pelatihan dulu untuk menjadi agen asuransi. Ada baiknya pelatihan ini diambil saat masih bekerja di kantor, agar ketika resign, bisa langsung beralih profesi. Penghasilannya? Tentu tergantung berapa banyak nasabah yang dimiliki!

5. Guru privat

Jago musik, berenang, atau bahasa? Menjadi guru privat bisa jadi pilihan pekerjaan yang cocok di usia berapapun, termasuk 40 dan 50. Waktunya fleksibel, bisa ditentukan sendiri. Mommies juga bebas menentukan mau menerima berapa murid.

6. Konsultan hukum (atau pendidikan, pajak, dll)

Khusus buat mommies yang memang punya latar belakang hukum, ini saatnya mewujudkan impian untuk merintis kantor konsultan hukum sendiri. Kalau nggak sekarang, kapan lagi?

7. Content creator

Suka baking dan bikin camilan seru di rumah? Jadi content creator aja. Ini bisa dibilang profesi tanpa patokan harus punya latar belakang apa. Siapapun bisa jadi content creator. Nggak hobi masak, olah raga, musik atau yang lainnya tapi senang sharing hal parenting? You can be parenting enthusiast! Mommies yang berprofesi sebagai financial planner, musisi, konsultan hukum aja bisa sekalian jadi content creator dengan sharing tips atau tutorial seputar pekerjaan mommies. Syarat untuk menggeluti profesi ini hanyalah konsisten membuat konten inspiratif, disertai skill mengedit video. Dimulai dari usia 40 atau 50 tahun pun, bisa!

Baca juga: 7 Rekomendasi Perusahaan yang Bisa Remote Working

8. Content writer

Profesi ini bisa dimulai dengan membangun media sosial sendiri dan blog sendiri atau di situs-situs yang menyediakan kolom blog, kemudian coba mendaftar sebagai penulis lepas di sebuah media. Perbanyak menulis dan membaca adalah kunci untuk mengasah keterampilan sebagai content writer.

9. Event planner

Pekerjaan ini bisa dimulai dengan merencanakan acara atau pesta di keluarga. Setelah portfolio terkumpul, mommies bisa tawarkan jasa merencanakan ulang tahun, pesta pertunangan, lamaran, dinner, wisuda, bachelor party, pesta kejutan, you name it!

10. Make-up artist

Permintaan akan jasa make-up artist sekarang semakin banyak, jadi nggak perlu takut dengan persaingan di luar. Harga 1x jasa make-up juga sekarang cukup tinggi, jadi, bisa banget diandalkan buat jadi profesi utama. Mommies juga sekalian bisa menjadi content creator untuk berbagi tips dan tutorial make-up. Double pemasukan, deh.

Banyak banget kan pekerjaan yang bisa dipilih untuk perempuan usia 40 dan 50an? Ada profesi lain yang mau mommies tambah? Tulis di kolom komen, ya.

Baca juga: Keterampilan Ibu Rumah Tangga yang Bermanfaat untuk Dunia Kerja

Ikuti kami di Instagram

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan