banner-detik
EDUCATION

8 Wisata Edukasi di Malaysia dan Singapura, Liburan Sambil Belajar

author

Mommies Daily15 May 2024

8 Wisata Edukasi di Malaysia dan Singapura, Liburan Sambil Belajar

Buat liburan makin bermanfaat dengan mengunjungi deretan wisata edukasi di Singapura dan Malaysia ini. Selain seru, liburan juga jadi bermanfaat.

Sedang merencanakan liburan ke luar negeri, Mommies? Biasanya Malaysia dan Singapura jadi dua destinasi favorit karena jaraknya yang dekat dengan Indonesia. Mumpung berada di dua negara itu, jangan lupa mampir ke deretan wisata edukasinya, ya.

Wisata edukasi di sini dalam artian sebuat tempat yang membuat anak dan keluarga mendapatkan wawasan baru. Jadi, liburan lebih bermanfaat dan tidak sekadar menghambur-hamburkan uang saja, loh, Mommies.

Berikut ini beberapa ide tempat wisata edukasi di Singapura dan Malaysia yang bisa dikunjungi.

Wisata Edukasi di Malaysia

Penggunaan bahasa Melayu yang mirip dengan bahasa Indonesia membuat liburan ke Malaysia tidak begitu merepotkan. Yuk, mampir ke 4 wisata edukasi di negara ini.

1. Penang National Park

Foto:medisata

Taman ini merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna, termasuk monyet, biawak, dan lebih dari 150 spesies burung. Ini adalah tempat yang tepat untuk hiking dan melihat margasatwa.

Taman Nasional Penang meliputi area seluas lebih dari 1.231 hektar. Taman ini dikenal dengan keanekaragaman hayatinya yang kaya dan menjadi rumah bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Hutan, pantai, dan lahan basah di taman ini menjadi habitat bagi beragam mamalia, burung, reptil, dan amfibi, termasuk monyet, biawak, berang-berang, dan berbagai jenis burung.

Mommies dan keluarga juga bisa ikut tur perahu yang membawa pengunjung menyusuri pantai untuk melihat satwa liar dan menikmati pemandangan yang indah.

2. Legoland Malaysia

Tempat wisata edukasi yang cocok untuk memanjakan Si Kecil dan dekat dengan Indonesia adalah Legoland Malaysia. Wah, anak-anak pasti menyukai tempat ini. Bagi anak-anak, tempat wisata edukasi yang satu ini akan menjadi salah satu tempat liburan yang istimewa.

Anak-anak bisa melihat banyak bangunan dan miniatur yang terbuat dari Lego dengan warna-warna yang menarik. Mommies tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan, bahkan Legoland dilengkapi dengan hotel dan waterpark!

3. National Planetarium Kuala Lumpur

Foto: Tripadvisor

Bagi Mommies yang berdomisili di Jabodetabek dan kehilangan tempat wisata planetarium, yang masih direnovasi, mungkin bisa mampir ke wisata edukasi Malaysia satu ini.

National Planetarium Kuala Lumpur menawarkan pertunjukan dan pameran edukatif tentang astronomi dan ruang angkasa, menjadikannya tempat yang menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi oleh anak-anak dari segala usia.

Planetarium ini juga menyelenggarakan acara dan kegiatan rutin, termasuk sesi pengamatan bintang dan lokakarya, sehingga menjadikannya tujuan yang tepat bagi keluarga yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang ruang angkasa dan astronomi.

4. Cameron Highland

Tempat wisata ramah anak ini terletak di wilayah tengah semenanjung Malaysia dan terkenal dengan cuacanya yang sejuk, perkebunan teh, dan perkebunan stroberi. Cameron Highland mencakup area seluas lebih dari 712 kilometer persegi dan mudah diakses dengan mobil atau bus dari Kuala Lumpur.

Tempat ini merupakan rumah bagi beberapa perkebunan teh, termasuk Perkebunan Teh Boh, yang merupakan salah satu perkebunan teh terbesar di Malaysia. Mommies dan keluarga dapat mengikuti tur untuk belajar tentang sejarah dan produksi teh serta mencicipi berbagai macam teh.

BACA JUGA: Anak Remaja Kesulitan Belajar? Psikolog Ungkap Solusinya!

Wisata Edukasi di Singapura

Jalana-jalan ke Singapura jangan hanya ke pusat perbelanjaan saja, ya. Ada banyak loh wisata edukasi Singapura yang bisa dikunjungi.

5. Singapore Botanic Gardens

wisata edukasi malaysia singapura

Foto: Pinimg

Singapore Botanic Gardens adalah tempat yang sangat luas yang layak untuk dijelajahi. Mommies dankKeluarga dapat melakukan perjalanan ke Singapore Botanic Gardens untuk berjalan-jalan di taman.

Selain itu, Jacob Ballas Children’s Garden dibangun untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan sering dikunjungi oleh anak-anak selama akhir pekan! Ada tiga tema utama percobaan yang dapat dijelajahi, yaitu Naturalist, Gardener dan Adventurer. Selain itu, layar sentuh interaktif dan layar animasi pasti membuat tur ini lebih menarik dan menyenangkan bagi anak.

6. Science Center Singapore

Pusat pengetahuan yang terletak di Jurong Timur ini menawarkan banyak petualangan dan pertunjukan ilmiah yang menarik untuk anak penggemar sains. Mommies juga bisa mengenalkan dan menumbuhkan kreativitas si kecil pada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui imajinasi dan pengalaman yang menarik untuk diikuti.

7. Newater

Foto: Pinimg

Mommies yang pernah ke Singapura pasti tahu jika air keran di negara ini sudah aman untuk diminum. Namun, pernahkah Mommies membayangkan bagaimana Singapura mendaur ulang air kotor menjadi air bersih yang layak minum dan aman untuk dikonsumsi?

Nah, tur berpemandu di Newater cocok bagi anak-anak untuk mengedukasi diri mereka sendiri tentang prosesnya! Tur ini merupakan tur yang memperkaya pengetahuan yang dilengkapi dengan layar interaktif dan informatif, yang mempromosikan pentingnya keberlanjutan air dan proses pembuatan NEWater.

Terlebih lagi, ini adalah wisata edukasi gratis Singapura alias tidak dipungut biaya!

8. National Gallery of Singapore

Ini adalah museum terbesar di Singapura yang memiliki koleksi seni modern yang luar biasa dari abad ke-19 hingga saat ini. Museum ini memiliki berbagai macam patung, lukisan lanskap, adegan makan dari berbagai budaya dan tradisi.

Museum ini menyelenggarakan lokakarya interaktif dan pemutaran film di luar ruangan dari waktu ke waktu, pas buat anak dan keluarga.

BACA JUGA: 10 E-Book untuk Anak Belajar Membaca, Dilengkapi Gambar Menarik!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan