banner-detik
LIFESTYLE

8 Bahan Makanan Wajib Ada di Rumah Selama Puasa, Mudah diolah dan Tahan Lama!

author

fiaindriokusumo11 Mar 2024

8 Bahan Makanan Wajib Ada di Rumah Selama Puasa, Mudah diolah dan Tahan Lama!

Bahan makanan ini harus menjadi stok di rumah ketika menjalani puasa karena dijamin akan memudahkan hidup Mommies saat menyiapkan hidangan sahur maupun berbuka. Ada apa saja ya?

Besok sudah puasa, artinya kesibukan Mommies mengatur menu sahur dan  berbuka puasa yang tak hanya sehat, namun juga anti ribet akan dimulai. Selain menyiapkan beragam menu, jangan lupa memastikan bahwa bahan makanan yang akan digunakan kemudian diolah menjadi masakan juga mudah didapat serta mudah dimasak.

Baca juga: 15 Menu Sahur dan Buka Puasa Untuk Penderita GERD, Bebas Asam Lambung

Berikut 8 bahan makanan wajib ada di rumah selama puasa

1. Telur

Ini kayaknya udah wajib hukumnya untuk ada di rumah kita ya! Telur yang kaya dengan sumber protein dan gizi sudah pasti sangat dibutuhkan di masa puasa ini, terlebih sebagian besar anak-anak sangat menyukai olaharan yang berasal dari telur. Mulai dari digoreng, direbus, dalam bentuk omelette, telur mata sapi, telur dadar hingga orak-arik.

Supaya telur bisa bertahan lama, Mommies bisa menyimpannya di dalam kulkas. Jika diletakkan di suhu ruang, telur hanya bisa bertahan 1-2 minggu saja. Lebih dari itu, kualitas telur akan berkurang dan mudah retak.

2. Ayam ungkep

Daging ayam mengandung berbagai nutrisi lengkap, mulai dari protein, vitamin hingga mineral, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjadi sumber energi selama berpuasa. Sekarang pun juga banyak yang menjual ayam ungkep sehingga Mommies tinggal goreng tanpa harus pusing meracik bumbu.

Meskipun ayam ini sebenarnya sudah matang, biasanya orang-orang mengonsumsinya dengan cara digoreng atau dibakar sebentar sebelum disantap. Ayam ungkep bisa bertahan selama 1-2 minggu bila diletakkan di dalam kulkas. Simpel dan pastinya enak!

Baca juga: 30 Menu Ramadan Mudah dan Praktis, Untuk Sahur dan Buka Puasa

3. Frozen Food

Bersyukur banget karena dalam beberapa tahun terakhir ini semakin marak yang menjualn frozen food bahkan dalam bentuk masakan rumahan. Jadi frozen food di sini nggak hanya bicara sosis, nugget, chicken wings dan sejenisnya ya, tapi juga empal gentong, rendang, ayam kecap, sayur lodeh. Sat set tinggal angetin dan praktis tinggal santap.

Baca juga: 25 Frozen Food Makanan Rumahan Untuk Penolong di Bulan Puasa

4. Tahu dan Tempe

Tahu atau tempe kerap diolah menjadi hidangan lezat untuk sahur dan buka puasa. Selain mudah diolah, tahu  serta tempe juga mengandung protein nabati yang tinggi, sehingga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Ada banyak cara mengolah tahu dan tempe, mulai dengan digoreng, direbus, ditumis, dikukus atau dicampur dengan hidangan lain.

Untuk empat bahan lainnya, Mommies boleh baca di halaman berikut ya!

Share Article

author

fiaindriokusumo

Biasa dipanggil Fia, ibu dari dua anak ini sudah merasakan serunya berada di dunia media sejak tahun 2002. "Memiliki anak membuat saya menjadj pribadi yang jauh lebih baik, karena saya tahu bahwa sekarang ada dua mahluk mungil yang akan selalu menjiplak segala perilaku saya," demikian komentarnya mengenai serunya sebagai ibu.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan