banner-detik
PARENTING & KIDS

8 Rekomendasi Film Nuansa Islam untuk Keluarga, Penuh Makna!

author

Mommies Daily10 Mar 2024

8 Rekomendasi Film Nuansa Islam untuk Keluarga, Penuh Makna!

Memasuki bulan Ramadan, yuk nonton deretan rekomendasi film Islam penuh makna dan nilai-nilai positif ini. Bisa ditonton dengan keluarga, lho!

Apakah Mommies dan keluarga pernah merasa lemas tak bertenaga dan bosan menunggu hingga waktu buka puasa? Nah, untuk mengisi waktu menunggu buka puasa, coba tonton dan nikmati film islami yang bisa ditonton di berbagai layanan streaming.

Ada banyak film islam terbaik sepanjang masa yang selain memiliki nilai hiburan, juga membuat para penonton terpaku karena pesan-pesannya yang realistis serta menggambarkan semangat Islam yang sesungguhnya.

Film Islami yang Bisa Ditonton di Bulan Puasa

Ini beberapa rekomendasi film Islam dan seru yang bisa Mommies tonton bersama keluarga saat sahur atau sambil menunggu berbuka puasa.

1. The Mosque Next Door

Foot: Amazon

Serial dokumenter di Netflix ini mengangkat cerita tentang komunitas Islam di Australia. Cocok ditonton dengan keluarga dan juga anak untuk memberikan gambaran, bagaimana jika komunitas muslim menjadi minoritas di sebuah negara. Sungguh berbeda dengan di Indonesia.

The Mosque Next Door mengeksplorasi isu-isu sulit dan hangat yang dihadapi komunitas Muslim di seluruh Australia yaitu, islamofobia, radikalisme, video online yang viral tentang ekstremis, investigasi terkait terorisme, peran perempuan di masjid, dan bagaimana beberapa aspek yang lebih tradisional dari keyakinan Muslim sesuai dengan cara hidup Australia yang modern.

BACA JUGA: 7 Film Inspiratif tentang Perempuan yang Penuh Perjuangan, Wajib Tonton

2. Muhammad: The Last Prophet

Film animasi ini mengajarkan sejarah islam yang cocok ditonton anak-anak. Film ini berfokus pada masa-masa awal Islam dan Muhammad. Sesuai dengan hukum dan tradisi Islam, Muhammad dan empat khalifah pertama (Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali) tidak digambarkan dalam film atau prekuelnya.

Adegan-adegan yang menampilkan Muhammad ditampilkan dari sudut pandangnya, dengan kata-katanya yang diparafrasekan oleh narator. Film ini telah disetujui oleh Dewan Al-Azhar Al-Shareef (Akademi Penelitian Islam) dan Dewan Syiah Islam Tertinggi Lebanon. Film yang dirilis tahun 2002 silam ini bisa ditonton di Youtube TV.

3. Negeri 5 Menara

rekomendasi film islam negeri 5 menara

Foto: Amazon

Negeri 5 Menara diangkat dari buku berjudul sama karya A. Fuadi. Film ini bercerita tentang remaja laki-laki bernama Alif (Gazza Zubizareta) yang lahir dan tumbuh di sebuah desa kecil dekat Danau Maninjau, Sumatra Barat.

Ia ingin bersekolah di Bandung dan pergi ke perguruan tinggi yang sama dengan B.J. Habibie. Tapi ibunya ingin ia belajar agama di sebuah pesantren di Ponorogo, Jawa Timur bernama Pondok Madani. Di sana ia berteman dengan 5 santri lainnya dan mereka semua mempunyai mimpi ingin ke beberapa negara.

4. Haji Backpacker

Film islami Haji Backpacker menceritakan Mada, seorang pria berusia 27 tahun, yang hatinya hancur karena ditinggal kekasih dan orang terkasihnya meninggal dunia. Ia pun memutuskan hidup bebas sebagai backpacker. Namun, hatinya terasa kosong.

Suatu hari, Mada terus bertualang berpindah dan mulai menyadari kalau ternyata Tuhan mencintai dan selalu menjaganya. Ia pun memutuskan untuk ke Mekah. Film ini bisa ditonton di Netflix.

5. Doon

Kalau Mommies ingin menonton film Islami dengan bumbu thriller, maka bisa menonton Doon di Viu. Film asal Arab Saudi ini bercerita tentang pemuda miskin Ahmed (Al Namry) yang melakukan kejahatan dengan tujuan menyelamatkan saudara tirinya (Naif Al-Thofairy) yang dihadapkan pada ancaman hukuman mati, setelah ia dijebak dalam tuduhan melakukan pembunuhan.

Menarik melihat budaya islam di Arab Saudi melalui film ini. Jangan lewatkan, ya.

6. What’s My Name: Muhammad Ali

rekomendasi film islam

Sumber foto dari sini

Bercerita tentang sosok petinju legendaris beragama islam, Muhammad Ali, film ini cocok ditonton di bulan puasa.

Film ini mengeksplorasi masa-masa awal Ali di Kentucky dan transformasi terakhirnya menjadi salah satu atlet paling terkenal di abad ke-20. Meskipun membahas tentang kehidupan Ali secara umum, What’s My Name pada dasarnya bercerita tentang pencarian petinju dan pengaruh globalnya. Bisa ditonton di HBO Go.

7. Al Maddah

Buat Mommies yang suka nonton serial, ada satu serial bernuansa Islam yang tayang di Viu dan menarik untuk ditonton. Al Maddah berkisah tentang Saber Al Maddah, dia adalah seorang pria religius dan menyenangkan yang sangat dicintai di kalangan rakyatnya. Tetapi ketika dia jatuh cinta, dia kehilangan segalanya.

8. Sang Kiai

Film Islam dengan sentuhan sejarah ini bisa menjadi diskusi menyenangkan dengan keluarga dan anak Mommies. Ditayangkan di Netflix, film Sang Kiai menceritakan kisah para pejuang Indonesia terhadap penjajah Jepang.

Salah satunya adalah KH Hasyim Asy’ari, pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur. Ia merupakan salah satu ulama yang paling dihormati dan berpengaruh di tanah Jawa yang menjadi tokoh sentral dalam film ini.

BACA JUGA: 7 Film Tayang di Bulan Maret 2024, Nomor 5 Paling Ditunggu!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan