banner-detik
BEAUTY

Mudah Dilakukan, Ini Tips Kulit Sehat dan Glowing Saat Puasa

author

Sisca Christina04 Mar 2024

Mudah Dilakukan, Ini Tips Kulit Sehat dan Glowing Saat Puasa

Jangan sampai berubahnya pola makan dan tidur saat puasa membuat kulit kusam. Ini tipsnya supaya kulit tetap glowing saat puasa.

Di bulan puasa, rutinitas harian mengalami perubahan. Tubuh menyesuaikan diri dengan waktu istirahat dan waktu makan yang baru. Pola yang baru ini juga bisa memengaruhi kesehatan kulit. Kulit nggak mendapat asupan cairan selama 13-14 jam, belum lagi kurang tidur karena harus menyiapkan sahur, plus, kurang olahraga. Kalau lalai merawat kesehatan kulit, bisa-bisa kulit kering dan kusam. Pas Lebaran tiba, jadi nggak glowing, deh!

Sebetulnya, nggak susah, kok, merawat kesehatan kulit selama puasa. Selain tetap melakukan skincare regime seperti biasa, lakukan juga tips berikut dengan telaten agar kulit tetap sehat dan glowing saat puasa.

10 Tips Agar Kulit Tetap Sehat dan Glowing Saat Puasa

1. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur

Minum air air putih adalah salah satu langkah menghidrasi kulit yang nggak bisa digantikan dengan apapun. Jadi, mau tidak mau, cukup minum air putih wajib dipenuhi selama bulan puasa. Di sepanjang berbuka hingga sahur, minumlah air sebanyak dua liter atau kurang lebih delapan gelas agar kulit tetap terhidrasi.

2. Perbanyak asupan sayuran dan buah

Stop cari gorengan buat berbuka puasa! Perbanyak asupan buah, sayuran, biji-bijian, dan makanan tinggi protein saat berbuka. Berbagai kandungan gizi di dalamnya berperan penting dalam menutrisi kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Salah satu buah yang mudah dicari dan bisa bikin kulit glowing yaitu kurma.

3. Batasi makanan manis, mengandung lemak jenuh dan tinggi garam

Paham, sih, makanan manis sugguh menggugah selera untuk berbuka. Namun, konsumsi makanan manis, berminyak dan tinggi garam dipercaya bisa membuat kulit tampak lebih kusam.

4. Batasi konsumsi minuman mengandung kafein

Minuman berkafein seperti soda, coklat, teh dan kopi, selain bisa menyerap mineral dalam tubuh juga dapat membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi. Tentunya ini bisa berdampak negatif pada kulit.

5. Tetap berolahraga

Nggak perlu ambisius kok, cukup power walk, jogging atau latihan ringan 15-30 menit saja bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan suplai oksigen ke kulit sehingga wajah terlihat lebih cerah. Waktunya tinggal disesuaikan, bisa di waktu ngabuburit atau setelah sahur.

Baca juga: 10 Vitamin dan Suplemen Terbaik, Rahasia Puasa Sehat dan Bugar!

6. Tetap gunakan sunscreen

Selama puasa, kulit menjadi lebih rentan kering karena selama 13-14 jam tidak mendapat asupan air. Jangan sampai paparan sinar matahari memperparah kondisi kulit mommies. Pastikan gunakan sunscreen dan re-apply setiap 3-4 jam sekali.

7. Gunakan pelembap

Karena tak bisa mendapat hidrasi dari dalam tubuh, maka hidrasi dari luar hukumnya wajib buat merawat kulit glowing saat puasa. Gunakan pelembap di pagi dan malam hari agar kulit tetap kenyal dan segar.

8. Pakai krim mata

Di bulan puasa, para ibu punya tugas mulia yaitu bangun lebih awal guna menyiapkan santap sahur untuk keluarga. Padahal, belum tentu tidurnya juga lebih awal. Akibatnya, kurang tidur, mata lelah, muncul lingkaran hitam di sekitar mata dan wajah jadi tampak kuyu. Jadi, pastikan mommies mengaplikasikan krim mata pagi dan malam hari supaya terlihat segar.

9. Kelola stres

Di bulan puasa, rutinitas harian biasanya tambah padat. Banyak yang harus direncanakan dan disiapkan. Dari merencanakan menu sahur dan berbuka setiap harinya, kiriman hampers untuk kerabat, menghadiri acara-acara kajian, amal, buka bersama, hingga merencanakan kostum dan liburan Idul Fitri bersama keluarga. Walau excited, tapi bisa jadi stres juga. Supaya tetap mindful, buatlah skala prioritas selama bulan Ramadan, dan atur keuangan secermat mungkin dalam proses perencanaan mommies.

10. Upayakan tidur minimal 6 jam sehari

Mungkin sulit untuk mendapatkan jumlah tidur 7-8 jam sehari di bulan puasa. Namun setidaknya, upayakanlah untuk mendapat jumlah tidur yang solid selama 6 jam. Menurut penelitian, tidur cukup pada malam hari bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan glowing. Ini karena tidur yang cukup bisa membantu proses perbaikan jaringan kulit berjalan optimal; skincare yang mommies gunakan juga bisa diserap kulit secara lebih efektif.

Setidaknya, bisa melakukan tujuh dari 10 tips di atas secara rutin saja, kulit mommies pasti bisa lebih sehat dan glowing saat puasa. Jangan lupa diterapkan, ya!

Baca juga: 6 Barang Wajib untuk Persiapan Ramadan, Praktis dan Bikin Puasa Berkah

Cover: Image by Lifestylememory on Freepik

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan