banner-detik
LIFESTYLE

6 Barang Wajib untuk Persiapan Ramadan, Praktis dan Bikin Puasa Berkah

author

Mommies Daily02 Mar 2024

6 Barang Wajib untuk Persiapan Ramadan, Praktis dan Bikin Puasa Berkah

Jangan lupa catat, Mommies. Ini beberapa barang yang wajib dimiliki sebagai persiapan untuk memasuki bulan puasa, Ramadan.

Mendekati bulan suci Ramadhan, persiapan yang matang menjadi kunci utama bagi umat Islam untuk menjalani ibadah dengan khusyuk dan penuh berkah. Dalam menyambut bulan penuh ampunan ini, beberapa barang menjadi wajib dimiliki untuk memastikan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasa dan meningkatkan spiritualitas. Dari perlengkapan ibadah hingga bahan makanan, pastikan Mommies dan keluarga memiliki segala kebutuhan untuk menjalani bulan suci Ramadhan.

Barang yang Harus Disiapkan Menjelang Ramadan

Beberapa barang wajib ini akan membuat persiapan Ramadan Mommies dan keluarga lebih hangat dan nggak ribet.

1. Al-Qur’an dan Tasbih

Bulan Ramadan bisa menjadi kesempatanumat muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya dengan membaca kitab suci Al-Qur’an. Setiap Muslim diharapkan memiliki salinan Al-Qur’an untuk membaca dan mempelajari ayat-ayat suci serta memperdalam pemahaman agama.

Sementara itu, tasbih digunakan untuk berzikir dan mengingat Allah. Pastikan untuk menyimpan Al-Qur’an dan tasbih di tempat yang bersih, aman, dan mudah dijangkau, sehingga Mommies dengan mudah beribadah di saat Ramadhan.

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Ini Jenis Kurma Terbaik yang Bukan Bikinan Israel

2. Perlengkapan Sholat

Perlengkapan sholat tentu saja tak boleh ketinggalan selama bulan Ramadan. Di bulan puasa ini, umat Muslim akan menjalankan shalat Tarawih setiap malam. Maka itu, kehadiran sarung, baju koko, mukena, dan sajadah yang lengkap adalah suatu keharusan. Pastikan juga peralatan sholat telah tersedia dalam keadaan bersih dan tidak rusak. Dengan ini, Mommies dan keluarga bisa melaksanakan shalat Tarawih dengan khusyuk dan nyaman di rumah maupun di masjid.

3. Makanan Pokok

Persiapan makanan pokok untuk sahur dan berbuka puasa merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani Ramadan. Untuk sahur, pastikan ada makanan yang mengandung serat, protein, dan karbohidrat yang dapat memberikan energi untuk menjalani puasa seharian.

Beberapa makanan pokok yang bisa Mommies beli saat menjelang Ramadan adalah beras, telur, daging, buah-buahan seperti kurma, sayuran, dan kacang-kacangan. Jangan lupa untuk membeli bumbu dapur untuk melengkapi masakan di bulan puasa. Pastikan Mommies menyimpan semua bahan pokok dan bumbu dapur dengan baik.

Foto: Thirdman on Pexels

4. Makanan Olahan

Makanan olahan memegang peran penting saat berpuasa karena membantu memudahkan proses persiapan makanan selama bulan Ramadan. Makanan olahan seperti makanan kalengan, makanan beku, atau makanan siap saji memungkinkan untuk menghemat waktu memasak, terutama untuk sahur dan berbuka puasa. Beberapa makanan olahan yang Mommies bisa beli untuk stok makan keluarga adalah mie, nugget, sosis, sereal, keju, sarden kaleng, kornet, serta minuman seperti sirup.

5. Peralatan Dapur

Memasak adalah kegiatan yang akan sering dilakukan selama bulan Ramadan. Pastikan peralatan dapur seperti panci, wajan, dan alat masak lainnya dalam kondisi baik untuk mempersiapkan makanan sahur dan berbuka puasa dengan nyaman. Selain itu, Mommies yang ingin membuat kue lebaran juga harus bersiap-siap membeli peralatan memasak. Misalnya, oven, mixer, loyang, timbangan cetakan kue, toples, dan lain-lain.

6. Peralatan Membersihkan Rumah

Selama bulan Ramadan, menjaga kebersihan rumah menjadi lebih penting karena Mommies dan keluarga menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah. Alat pembersih seperti sapu, pel, vacuum cleaner, cairan pembersih, dan alat rumah tangga lainnya akan membantu menjaga rumah tetap bersih dan nyaman.

Menjelang Ramadan, rumah Mommies juga kemungkinan akan dikunjungi oleh teman sampai sanak saudara. Oleh karena itu, kondisi rumah yang bersih dan indah pasti akan membuat tamu betah dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk beribadah dan beraktivitas.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi YouTube Channel Islami Terbaik untuk Anak-anak

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Thirdman on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan