banner-detik
SELF

10 Vitamin dan Suplemen Terbaik, Rahasia Puasa Sehat dan Bugar!

author

Mommies Daily02 Mar 2024

10 Vitamin dan Suplemen Terbaik, Rahasia Puasa Sehat dan Bugar!

Biar makin sehat dan daya tahan tubuh lebih kuat saat puasa, coba untuk mengonsumsi sederet vitamin dan suplemen terbaik berikut ini.

Perubahan kebiasaan makan dan minum saat puasa bisa membuat tubuh terkejut dan butuh waktu menyesuaikan diri. Mommies mungkin juga merasa lemas dan tidak bertenaga saat puasa. Nah, saat puasa sebaiknya minum vitamin apa biar tetap kuat dan semangat?

Tubuh dapat kehilangan nutrisi tertentu selama berpuasa. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting selama jam makan, yaitu ketika sahur dan buka puasa.

Rekomendasi Vitamin dan Suplemen

Kira-kira vitamin dan suplemen terbaik seperti apa yang cocok saat puasa? Ini daftarnya.

1. Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai nutrisi sinar matahari yang sangat penting bagi tubuh kita dan memang seharusnya begitu. Mulai dari memperkuat kekebalan tubuh, membangun tulang dan inti tubuh yang kuat, mencukupi asupan vitamin D yang diperlukan adalah suatu keharusan.

Ini juga vitamin yang bagus Mommies konsumsi di luar bulan puasa. Apalagi orang Indonesia ternyata mayoritas kekurangan vitamin D, loh.

Jika tidak bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang hari, pastikan mengonsumsi makanan kaya vitamin D. Selain itu, suplemen vitamin D juga tersedia dengan mudah.

Rekomendasi produk: Vitamin D3 IPI

vitamin dan suplemen terbaik

Sumber foto dari sini

Vitamin D3 IPI termasuk produk yang mudah banget didapat, dikemas praktis dan ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Cocok memenuhi kebutuhan vitamin D saat puasa.

2. Magnesium

Sering lemot saat puasa? Rasanya susah sekali ya berpikir jernih di bulan puasa, karena perut yang kosong. Nah untuk mencegah ini, Mommies bisa mengonsumsi magnesium.

Magnesium membantu menjaga fungsi neurologis utama dan memastikan bahwa sinyal dari tubuh ke otak dan sebaliknya berjalan dengan baik. Suplemen ini juga memastikan bahwa berpuasa selama berjam-jam tidak menguras tenaga dan menghindari kram otot saat Mommies melakukan aktivitas fisik yang berat, misalnya harus berdiri berjam-jam di dalam KRL.

Rekomendasi produk: Blackmores bio magnesium

Blackmores Bio Magnesium diformulasikan dengan kombinasi dua bentuk magnesium ditambah nutrisi ekstra termasuk vitamin B6, & D. Diformulasikan untuk membantu meringankan kram otot dan kejang ketika kadar magnesium rendah.

BACA JUGA: 8 Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin K, Bagus untuk Tulang!

3. Vitamin B Kompleks

Termasuk dalam jenis vitamin yang mudah larut dalam air, vitamin B kompleks memainkan peran utama dalam produksi energi, metabolisme, hematopoiesis (pembentukan sel darah), kognisi, fungsi saraf, keseimbangan hormon, dan masih banyak lagi.

Vitamin ini juga memainkan peran utama dalam mendukung fungsi sel. Sangat bagus dikonsumsi setelah sahur!

Rekomendasi produk: Samco B Complex + B12

Produk vitamin yang terjangkau dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin B complex dan B12. Minum satu kali sehari sesudah makan. Sebaiknya saat selesai sahur, agar tubuh tetap sehat selama berpuasa.

4. Vitamin C

Tentu sudah tak asing lagi dengan vitamin ini karena ini vitamin yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang kuat, sehingga Mommies tak mudah sakit saat puasa.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat bersama vitamin E untuk melindungi sel dari stres.

Rekomendasi produk: Enervon C

Foto: e-commerce

Vitamin ini tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Mudah ditemukan dan harganya juga relatif terjangkau. Ada juga varian Enervon C Plus merupakan multivitamin untuk anak-anak.

5. Zat Besi

Zat besi sangat berguna karena fungsinya mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh dan memastikan tubuh bekerja secara efisien. Jika kekurangan zat besi, puasa bisa menjadi sulit, Mommies.

Otot dan jaringan tidak akan menyerap nutrisi dengan baik, maka akan kekurangan energi dan rentan mengalami masalah imunitas atau pencernaan. Oleh karena itu, pastikan mengonsumsi banyak makanan kaya zat besi atau menambahkannya ke dalam makanan saat sahur dan buka puasa.

Rekomendasi produk: Sakatonik Aktiv

Sakatonik Activ tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. Suplemen ini mengandung vitamin dan mineral yang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi pada keadaan anemia, membantu memelihara kesehatan dan sebagai suplementasi vitamin dan mineral.

6. Omega 3

Omega 3 adalah suplemen lain yang bagus saat puasa. Sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak dan mata. Selain itu, jika rutin mengonsumsi suplemen Omega 3, maka dapat menangkal risiko depresi, kecemasan serta penyakit jantung.

Rekomendasi produk: Nutrimax Omega 3 Kapsul

Mommies bisa menggunakan suplemen ini sebagai anti oksidan, pengelastis pembuluh darah, membantu memelihara kesehatan tubuh, meningkatkan fungsi otak, daya ingat dan daya tahan tubuh.

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Ini Jenis Kurma Terbaik yang Bukan Bikinan Israel

7. Creatine

Mungkin suplemen ini terdengar cukup asing, tapi yang suka olahraga pasti tahu. Creatine adalah makanan pokok bagi banyak atlet karena perannya dalam pertumbuhan otot dan produksi energi, dan merupakan salah satu suplemen yang aman selama berpuasa.

Buat Mommies yang masih sering olahraga di bulan puasa, creatine dapat membantu meningkatkan pasokan energi.

Rekomendasi produk: Optimum Nutrition Creatine Powder

Sumber foto dari sini

Kalau butuh rekomendasi creatine, Mommies bisa coba Optimum Nutrition Creatine Powder. Produk ini menggunakan metode pengolahan khusus sehingga tidak berbau dan tidak memiliki rasa tertentu, serta mudah bercampur dengan air, sehingga tidak menimbulkan endapan.

8. L-tyrosine (tirosina)

Jika ingin menghindari rasa kantuk yang mungkin muncul saat berpuasa, L-tyrosine adalah pilihan yang tepat untuk ditambahkan ke dalam menu makanan. Fungsinya sebagai asam amino yang diubah oleh otak menjadi tiga neurotransmiter penting yang memainkan peran penting dalam respons stres dan suasana hati. Penting banget biar tetap tenang dan bahagia di saat puasa.

Rekomendasi produk: Now L-Tyrosine 500 mg

Produk ini memang cukp mahal tapi merupakan investasi kesehatan yang cukup baik. Mengandung juga dopamine yang membantu mendukung suasana hati yang positif saat puasa.

9. Probiotik dan Prebiotik

Duo ini sangat penting untuk mendukung kesehatan usus yang baik. Seperti diketahui, masalah pencernaan termasuk salah satu halangan terbesar saat puasa, apalagi jika punya masalah gerd.

Saat berpuasa, tubuh kita memproduksi lebih banyak radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan di usus. Dengan mengonsumsi probiotik, kita dapat mengurangi peradangan ini dan melindungi usus dari kerusakan.

Rekomendasi produk: Rillus 30 Tablet Kunyah Probiotik dan Prebiotik

Cukup dari satu suplemen, Mommies bisa mendapatkan manfaat probiotik dan prebiotik. Rillus merupakan produk yang mengandung kombinasi dari 3 jenis spesies probiotik hidup dan FOS (fruktooligosakarida) sebagai prebiotik. FOS merupakan media pertumbuhan bagi “bakteri baik”.

10. Melatonin

Perubahan makanan bukan satu-satunya yang dirasakan di bulan puasa, tapi juga perubahan jadwal tidur. Untuk mendapatkan tidur berkualitas di bulan puasa, cobalah mengonsumsi melatonin.

Meskipun biasanya digunakan untuk mengobati insomnia dan meningkatkan kualitas tidur, beberapa penelitian telah menemukan bahwa melatonin juga dapat membantu dalam pengobatan refluks asam lambung, yang mungkin kambuh saat puasa.

Rekomendasi produk: Twitamins Melatonin Sleep Gummies

vitamin dan suplemen terbaik

Foto: e-commerce

Teksur gummy dan bentuknya yang lucu membuat suplemen ini mudah dikonsumsi. Tidak seperti suplemen lain yang meninggalkan rasa pahit, gummies ini dapat dikunyah dan berasa apel. Twitamins Gummies 100% vegan, bebas gelatin, gluten, dan perasa buatan.

BACA JUGA: 6 Barang Wajib untuk Persiapan Ramadan, Praktis dan Bikin Puasa Berkah

Ditulis: Imelda Rahma

Cover: stefamerpik on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan