banner-detik
LIFESTYLE

6 Tips Jitu Belanja Thrifting Anti Nyesel, Dijamin Berkualitas dan Untung!

author

Mommies Daily17 Feb 2024

6 Tips Jitu Belanja Thrifting Anti Nyesel, Dijamin Berkualitas dan Untung!

Thrifting bisa jadi kegiatan menyenangkan bagi Mommies yang ingin berburu baju murah berkualitas. Cek tips belanjanya berikut ini!

Thrifting adalah kegiatan berbelanja barang-barang bekas yang murah dan berkualitas. Tidak seperti belanja di toko reguler, thrifting memungkinkan Mommies untuk mengeksplorasi berbagai tempat dan menemukan berbagai macam barang dari pakaian vintage hingga perabotan yang unik.

Di Indonesia, thrifting biasa dilakukan di pasar khusus yang menjual variasi barang-barang antik. Terdapat 6 tempat thrifting terbaik di Indonesia yang bisa jadi pilihan. Nah, supaya belanja Mommies sukses dan nyaman, ada sejumlah tips dan trik yang bisa lakukan agar bisa menemukan barang-barang berkualitas dengan harga terjangkau.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Tempat Thrifting Online, Unik dan Berkualitas

Tips Belanja Thrifting

Simak tips belanja thrifting berikut ini untuk mendapatkan pengalaman belanja yang lebih menyenangkan!

1. Kenali Kebutuhan

Sebelum mulai belanja baju thrift, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang sedang dicari. Apakah Mommies mencari pakaian sehari-hari, aksesori unik, atau barang-barang rumah tangga?

Dengan mengetahui kebutuhan sendiri, Mommies bisa lebih fokus dalam mencari item yang sesuai dan menghindari belanja yang tidak perlu. Mommies juga bisa membuat daftar barang yang ingin dibeli, serta memilih pasar yang menjual barang thrifting yang tepat.

2. Riset Tempat Thrifting

Di Indonesia, pusat thrifting terbaik biasanya berada di toko-toko pada wilayah pasar. Hal ini membuat thrifting menyenangkan karena Mommies bisa berkunjung ke satu toko ke toko lainnya dengan mudah.

Setiap toko thrift memiliki pilihan yang berbeda. Beberapa toko mungkin lebih terkenal dengan koleksi pakaian vintage, sementara yang lain menawarkan barang-barang rumah tangga yang unik. Tentukan waktu agar Mommies bisa puas belanja seharian dan menemukan barang yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

3. Perhatikan Kualitas

Meskipun thrifting menawarkan barang-barang dengan harga terjangkau, bukan berarti Mommies harus mengorbankan kualitas harus dilupakan. Cara memilih yang benar adalah dengan memeriksa secara cermat setiap barang yang dipertimbangkan untuk dibeli.

Jika Mommies ingin membeli barang secondhand atau bekas, perhatikan kerusakan, dan tanda-tanda penggunaan berlebihan. Saat beli baju, Mommies bisa mengecek apakah ada defect atau kerusakan, misalnya ada noda, lubang, atau kesalahan jahit yang mungkin bisa atau tidak bisa diperbaiki. Dengan ini, Mommies bisa mempertimbangkan mana baju yang seharusnya dibeli.

thrifting

Foto: Pexels

4. Tawar Menawar

Salah satu keunggulan belanja barang dan baju thrift adalah Mommies bisa tawar-menawar harga dengan penjual. Umumnya, harga barang-barang thrift sudah lebih murah, tetapi Mommies masih bisa menawar terutama jika mendapati barang dengan beberapa defects. Hal ini bisa dijadikan alasan untuk menawar harga! Selain itu, jangan lupa untuk membawa uang cash saat belanja.

5. Pakaian Baju yang Nyaman

Thrifting juga membutuhkan energi, waktu, dan ketelitian untuk mendapatkan barang bagus. Saat berjalan-jalan untuk mencari toko yang ingin didatangi, Mommies mungkin akan terpapar udara panas ataupun berdesakan bersama dalam ruangan pengunjung lainnya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai baju yang ringan dan nyaman agar Mommies bisa leluasa bergerak. Sediakan juga air putih atau kipas kecil untuk menghindari udara panas. Dengan ini, Mommies bisa belanja dengan lama dan nyaman tanpa gangguan.

6. Bersihkan Baju Hasil Thrifting

Tips terakhir ini seringkali dilupakan orang-orang setelah belanja baju thrift. Mommies yang membeli baju bekas wajib membersihkannya sebelum dipakai. Hal ini dikarenakan baju-baju tersebut dijual dalam kondisi bekas dan ada kemungkinan pernah dipakai orang lain.

Mommies bisa merendam pakaian hasil belanja dalam cairan antiseptik semalaman, agar semua bakteri dan kotorannya hilang. Setelah itu, cuci baju thrift dengan deterjen seperti pakaian lainnya.

Itu dia enam tips jitu belanja baju thrift yang bisa diterapkan agar mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga terbaik.

Ditulis oleh: Azahra Syifa

BACA JUGA: 10 Tempat Thrifting Terbaik di Jakarta, Surga Pakaian Murah Berkualitas

Cover: Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan