banner-detik
EDUCATION

Peringkat Kampus Indonesia di QS WUR Sustainability 2024, Apa Saja?

author

Mommies Daily13 Dec 2023

Peringkat Kampus Indonesia di QS WUR Sustainability 2024, Apa Saja?

QS World University Rankings (WUR): Sustainability 2024 baru merilis data terbaru peringkat kampus Indonesia pada 5 Desember 2023 lalu. Ada kampusmu?

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Quacquarelli Symonds (QS) baru-baru ini mengeluarkan hasil QS World University Rankings (WUR): Sustainability 2024 pada tanggal 5 Desember 2023. Inisiatif ini, yang kembali dilakukan untuk tahun kedua, bertujuan memberikan gambaran peringkat kampus-kampus yang memiliki komitmen tinggi dalam menangani isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Lebih dari 1.403 institusi pendidikan tinggi dari seluruh dunia dinilai melalui tiga indikator utama yang mencakup aspek-aspek penting seperti keberlanjutan lingkungan, pendidikan lingkungan, dan penelitian lingkungan.

Berikut adalah daftar kampus Indonesia yang termasuk peringkat QS WUR Sustainability.

Apa itu QS WUR Sustainability?

Menurut topuniversities.com, QS WUR Sustainability adalah bagian dari QS World University Rankings (WUR) yang memfokuskan peringkat universitas berdasarkan aspek environmental, social and governance (ESG) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola. Peringkat ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mempublikasikan kontribusi positif universitas dalam konteks keberlanjutan, mendorong praktik terbaik, dan memberikan gambaran tentang upaya institusi akademis dalam mempromosikan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Ada tiga universitas top dunia yang mendapat peringkat tiga teratas di QS WUR Sustainability 2024. Tiga universitas tersebut adalah University of Toronto, University of California Berkeley, dan The University of Manchester. Lantas, adakah universitas di Indonesia yang menempati peringkat QS WUR Sustainability 2024?

BACA JUGA: Bank Soal PAS SMA Kelas 12, Ada Matematika dan Fisika

ITB Nomor Satu di Indonesia

Berdasarkan hasil QS World University Rankings (WUR): Sustainability 2024, Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki peringkat nomor 1 sebagai kampus yang berkelanjutan di Indonesia.

Tak hanya itu, ITB juga menduduki peringkat nomor 74 di skala Asia, serta urutan ke-389 secara keseluruhan untuk di tingkat global. Dikutip dari rilis di laman resminya, ITB menjelaskan bila institusi pendidikan punya andil dalam menjaga kualitas lingkungan hidup, tata kelola hingga pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam mewujudkannya dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk civitas akademika ITB. Dengan demikian, kampus berkelanjutan juga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Daftar Kampus Indonedia di QS WUR Sustainability 2024

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB): Peringkat dunia 389
  2. IPB University: Peringkat dunia 405
  3. Universitas Indonesia (UI): Peringkat dunia 426
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM): Peringkat dunia 476
  5. Universitas Padjadjaran (Unpad): Peringkat dunia 528

Kira-kira, apa lagi kampus Indonesia yang masuk daftar QS WUR Sustainability 2024? Mommies yang penasaran bisa langsung klik di sini ya!

BACA JUGA: 9 Sekolah yang Punya Program Akselerasi di Pulau Jawa, Ada Sekolahmu?

Cover: Photo by Matthis Volquardsen on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan