banner-detik
SELF

Terbaru, Ini Daftar Operasi yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

author

Mommies Daily20 Nov 2023

Terbaru, Ini Daftar Operasi yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Catat! Berikut deretan operasi terbaru yang kini tidak lagi masuk dalam jangkauan dan tidak ditanggung BPJS Kesehatan. Apa saja?

Dalam dinamika pelayanan kesehatan di Indonesia, kebijakan terkait cakupan BPJS Kesehatan senantiasa menjadi sorotan. BPJS Kesehatan bisa berperan sebagai penyelamat di bidang kesehatan , terutama bagi masyarakat kurang mampu. Pada setiap perubahan dan pembaruan, penting bagi kita untuk memahami daftar terbaru operasi yang tidak lagi ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Perubahan ini tentu memiliki dampak signifikan terutama bagi masyarakat yang mengandalkan program ini. 

BPJS Kesehatan adalah wujud inisiatif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia. Seluruh warga negara, termasuk para WNA yang telah tinggal minimal enam bulan di Indonesia, diwajibkan menjadi peserta JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Meski mirip dengan asuransi, BPJS juga menerapkan sistem di mana peserta diharuskan membayar iuran bulanan dengan jumlah yang sangat terjangkau.

Ketika status kepesertaan tetap aktif, peserta berhak mendapatkan layanan kesehatan gratis di berbagai tempat, seperti klinik, puskesmas, dan rumah sakit yang berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan. Salah satu manfaat dari program ini mencakup dukungan untuk tindakan operasi, di mana biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, BPJS tidak menanggung semua jenis operasi, lho.

BACA JUGA: Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi Vitamin, Siang atau Malam?

Dilansir dari CNBC, berikut adalah daftar operasi terbaru yang tidak ditanggung BPJS. 

Daftar operasi tidak ditanggung BPJS Kesehatan

  1. Operasi Akibat Dampak Kecelakaan
  2. Operasi Kosmetika atau Estetika (operasi yang bersifat tidak membahayakan kesehatan)
  3. Operasi Akibat Melukai Diri Sendiri (operasi akibat tindakan ketidaktelitian atau kecerobohan yang mengakibatkan luka)
  4. Operasi pada Rumah Sakit Luar Negeri (operasi yang dilakukan di luar jangkauan BPJS Kesehatan)
  5. Operasi yang Tidak Sesuai dengan Prosedur BPJS Kesehatan (operasi yang tidak menyelesaikan prosedur pengajuan yang sesuai)

Daftar operasi ditanggung BPJS Kesehatan

Mommies tak perlu khawatir karena masih banyak jenis operasi yang bisa ditanggung BPJS kesehatan. Berdasarkan pedoman pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2014, ada 19 jenis operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan, yaitu:

  1. Operasi Jantung
  2. Operasi Caesar
  3. Operasi Kista
  4. Operasi Miom
  5. Operasi Tumor
  6. Operasi Odontektomi
  7. Operasi Bedah Mulut
  8. Operasi Usus Buntu
  9. Operasi Batu Empedu
  10. Operasi Mata
  11. Operasi Bedah Vaskuler
  12. Operasi Amandel
  13. Operasi Katarak
  14. Operasi Hernia
  15. Operasi Kanker
  16. Operasi Kelenjar Getah Bening
  17. Operasi Pencabutan Pen
  18. Operasi Penggantian Sendi Lutut
  19. Operasi Timektomi

Untuk memperoleh tanggungan tindakan operasi oleh BPJS, pasien harus berobat di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Misal, puskesmas atau klinik yang telah disetujui oleh BPJS Kesehatan. Jika perlu menjalani tindakan operasi, pasien akan menerima surat rujukan untuk diarahkan ke rumah sakit dan mendapatkan jadwal operasi yang ditetapkan oleh dokter di rumah sakit tersebut. 

Selain itu, ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi dan diperoleh oleh pasien agar dapat mendapatkan dukungan operasi dari BPJS Kesehatan, yaitu Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS), surat rujukan yang dikeluarkan oleh Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan tingkat pertama, dan kartu pasien dari rumah sakit.

BACA JUGA: Bisa Membuat Tidur Nyenyak, Ini 7 Manfaat Magnesium untuk Tubuh

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Vidal Balielo Jr. on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS