banner-detik
SELF

Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi Vitamin, Siang atau Malam? 

author

Mommies Daily31 Oct 2023

Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi Vitamin, Siang atau Malam? 

Ternyata, vitamin bekerja lebih efektif di waktu tertentu, lho! Ini waktu terbaik untuk konsumsi vitamin sesuai dengan jenis vitaminnya. Catat!

Dalam menjaga kesehatan tubuh, penggunaan suplemen vitamin telah menjadi bagian penting dari rutinitas kesehatan sehari-hari bagi banyak orang. Namun, tidak ada faktor mengapa vitamin tidak terserap sempurna oleh tubuh. Rupanya, ada waktu yang tepat untuk mengkonsumsi vitamin karena perbedaan jam konsumsi dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi yang penting bagi tubuh. 

Aturan Waktu Terbaik dalam Mengkonsumsi Vitamin Berdasarkan Jenis Vitaminnya

Melansir dari Good Housekeeping, berikut adalah penjelasan mengenai waktu terbaik dalam mengkonsumsi berbagai vitamin.

BACA JUGA: Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan Mental dan Cara Alami Meningkatkannya

Multivitamin

Waktu konsumsi multivitamin bisa bervariasi pada setiap orang. Menurut Laura Iu, RD, seorang konselor makan intuitif bersertifikat di New York City, konsumsi multivitamin juga bergantung pada dosis dan obat-obatan yang dikonsumsi, karena beberapa nutrisi dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, yang mungkin memerlukan waktu tertentu. Maka itu, Mommies sebaiknya konsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu sebelum memulai rutinitas minum vitamin. 

Vitamin C

Mommies dapat mengonsumsi vitamin C kapan pun. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperbaiki jaringan dalam tubuh, serta membantu produksi kolagen untuk mendukung kesehatan kulit, tendon, dan ligamen. Jika Mommies ingin mendapatkan lebih banyak manfaat ini dengan mengonsumsi lebih banyak dosis vitamin C dari yang direkomendasikan, tidak perlu khawatir. 

Vitamin D

Tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi vitamin D pada waktu tertentu akan mempengaruhi manfaatnya. Namun, satu penting diingat bahwa vitamin D larut dalam lemak, artinya mengonsumsinya bersama makanan atau camilan yang mengandung lemak dapat membantu penyerapannya. Vitamin D memiliki peran penting dalam banyak fungsi penting tubuh, termasuk kesehatan tulang dan menjaga kekebalan tubuh sehingga penting dikonsumsi selama musim flu.

BACA JUGA: Rekomendasi Vitamin Anak untuk Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Vitamin B

Vitamin B dapat dikonsumsi kapan saja, tetapi pagi bisa menjadi waktu terbaik menjadi kalau Mommies membutuhkan sedikit energi. Kelompok vitamin ini membantu melepaskan energi dari karbohidrat sehingga memainkan peran dalam energi dan kesehatan otak yang baik. Vitamin B larut dalam air, sehingga zat apapun yang tak dibutuhkan tubuh akan dikeluarkan melalui urine. 

Vitamin A

Vitamin A memainkan peran dalam kekebalan tubuh, fungsi organ, dan sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Sekali lagi, konsumsi vitamin A dapat dilakukan kapanpun senyaman Mommies. Namun, vitamin ini larut dalam lemak, maka itu mengonsumsinya bersama makanan utama atau camilan bisa menjadi pilihan. Pastikan untuk memilih makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat atau kacang-kacangan dan biji-bijian. 

Vitamin E

Tidak ada waktu yang spesial untuk mengkonsumsi vitamin E. Namun, mengonsumsinya bersama makanan bisa menjadi pilihan baik karena vitamin ini larut dalam lemak. Vitamin E dikenal penting untuk kesehatan darah, kulit, dan otak yang baik. Sangat penting untuk memeriksakan diri kepada dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin E, karena hal ini bisa berbahaya bagi orang yang pernah mengalami stroke atau serangan jantung.

Vitamin Prenatal

Mommies dapat mengkonsumsi vitamin prenatal kapan saja dalam sehari, tetapi karena vitamin prenatal umumnya dianggap sebagai bagian penting dari kehamilan yang sehat, konsumsilah pada waktu di mana Mommies kemungkinan besar akan mengingatnya. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam vitamin prenatal memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Vitamin D untuk Anak hingga Orang Dewasa

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Polina Tankilevitch on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan