banner-detik
EDUCATION

9 Sekolah Terbaik dengan Kurikulum IB di Jabodetabek, Ini Daftarnya

author

Mommies Daily16 Nov 2023

9 Sekolah Terbaik dengan Kurikulum IB di Jabodetabek, Ini Daftarnya

Temukan sekolah terbaik di Jabodetabek yang mengadopsi kurikulum IB untuk tingkat pendidikan mulai dari SD hingga SMA. Cek ada apa saja.

Pendidikan yang baik adalah investasi untuk masa depan anak. Kurikulum Internasional Baccalaureate (IB) telah menjadi pilihan yang populer karena fokusnya pada perkembangan akademis, sosial, dan emosional murid. Di Jabodetabek, terdapat sejumlah sekolah dari tingkat SD hingga SMA yang menerapkan kurikulum IB. Seperti yang diketahui, kebanyakan sekolah yang menerapkan kurikulum IB adalah sekolah internasional. 

Berikut adalah sekolah terbaik yang mengadopsi kurikulum IB di Jabodetabek. 

1. Jakarta Intercultural School 

Alamat: Jl. Terogong Raya No.33, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Telepon: (021) 50989555
Website: jisedu.or.id

Jakarta Intercultural School terdiri dari TK, SD, SMP, dan SMA. JIS menerapkan pembelajaran penuh ketekunan, integritas, tanggung jawab, rasa hormat, kasih sayang, keseimbangan dan kesenangan. Tak hanya IB, sekolah internasional ini juga menyediakan kurikulum IB Career-related Programme, dan College Board’s Advanced Placement (AP) Program. JIS juga memiliki cabang di Pondok Indah dan Kebayoran Baru, lho. 

BACA JUGA: Fakta Kurikulum IB yang Wajib Mommies Ketahui untuk Masa Depan Anak

2. Mentari School Indonesia

Alamat: Jl. Perigi Baru No.7A, Parigi Baru, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15228
Telepon: (021) 7458937
Website: www.mentarischool.com

MIS Bintaro terdiri dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Sekolah ini bersertifikat IB sejak 5 Agustus 2008 dan berdedikasi mewujudkan pendidikan sosial, emosional dan pengetahuan untuk generasi muda. Untuk mendukung pembelajaran yang beragam, MIS Bintaro memiliki banyak kurikulum, yaitu IBPD, Cambridge, and National Curriculum. Sekolah ini memiliki fasilitas lengkap, mulai dari lapangan, playground, laboratorium, sampai perpustakaan.

3. Sekolah Cikal

Sekolah Cikal Lebak Bulus
Alamat: Jl. Lebak Bulus I, RT.6/RW.4, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Telepon: (021) 22761136
Website: cikal.co.id

Sekolah Cikal Amri Setu
Alamat: Jl. Raya Setu No.3, RT.2/RW.5, Setu, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13880
Telepon: Cikal Support Center (+62 811-1051-1178)

Sekolah Cikal Lebak Bulus didirikan oleh Yayasan Cinta Keluarga yang dipimpin oleh Najelaa Shihab dan Dewi Soeharto. Sekolah ini memiliki kurikulum IB, Cambridge International curriculum, dan Kurikulum Nasional. Tak hanya itu, Cikal juga memiliki kurikulum kompetensi 5 Bintang Cikal yang menargetkan pelajar merdeka, pribadi bahagia dan bijak, pemikir terlatih dan efektif, individu berwawasan luas, dan warga dunia yang berdaya untuk mewujudkan masyarakat yang berkeadilan, berkelanjutan dan damai. 

4. Sampoerna Academy

Alamat: L’Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu No.Kav. 16, RT.7/RW.9, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780
Telepon: 0813-3000-3002
Website: sampoernaacademy.sch.id

Sekolah ini menerapkan program Trilingual dan STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) dalam pembelajarannya. Melalui cabang yang juga tersebar di BSD, Sentul, Medan, dan Surabaya, Sampoerna Academy terdiri dari jenjang TK sampai SMA. menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa dari setiap tingkat. Selain kurikulum IB, sekolah ini juga menerapkan IEYC (International Early Year Curriculum) dan Cambridge Curriculum. 

5. Global Jaya School

Alamat: Jl. Emerald Boulevard, Parigi, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227
Telepon: (021) 7457562/0811 1202 3761
Website: globaljaya.com

Global Jaya School yang menawarkan kurikulum IB untuk jenjang Primary Years, Middle Years, and Diploma programmes. Selain itu, sekolah ini juga telah diakreditasi oleh Association of Schools and Colleges (WASC) dan East Asia Regional Council of Schools (EARCOS). Ada berbagai kegiatan yang bisa diikuti murid Global Jaya School, beberapa diantaranya pameran, study tour, dan After School Activity atau ekstrakulikuler. Sekolah ini juga dilengkapi fasilitas seperti perpustakaan, kafetaria, laboratorium, ruang musik, lapangan olahraga, klinik, kolam renang, dan playground. 

BACA JUGA: Mengenal Kurikulum SPC yang Berasal dari Singapura dan Populer di Indonesia

6. Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village

Alamat: Lippo Village, Jl. Boulevard Palem Raya No.2500, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
Telepon: (021) 5460234
Website: sph.edu/id

SPH menjadi sekolah pertama yang menawarkan tiga program International Baccalaureate (IB) di Indonesia. Tiga program tersebut adalah IB PYP (Kelas 1-6), IB Middle Years Programme (Kelas 7-10), DP (Kelas 11-12). Selain itu, SPH juga menerapkan kurikulum Cambridge International di beberapa kampusnya. Sekolah internasional berbasis Kristen ini memiliki luas 10 hektar dan dilengkapi fasilitas modern yang menunjang pembelajaran. SPH juga memiliki cabang di Sentul City, Lippo Cikarang, Kemang Village, dan lain-lain.

7. BINUS School Simprug

Alamat: Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. G-8, RT.6/RW.2, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220
Telepon: 0804 169 6969
Website: simprug.binus.sch.id

Tak hanya kampus, BINUS juga memi sekolah yang terletak di Simprug. Sekolah kurikulum IB ini terdiri dari TK, SD, SMP, dan SMA. BINUS School Simprug menawarkan kurikulum yang berbasis pada inquiry-based learning, student-centered learning, dan pendekatan holistik. BINUS School Simprug memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, termasuk kelas yang dilengkapi dengan AC, laboratorium sains, perpustakaan, ruang seni, lapangan olahraga, dan kolam renang. BINUS School juga memiliki berbagai cabang, seperti di Bekasi dan Surabaya. 

8. Gandhi Memorial Intercontinental School (GMIS) Jakarta

Alamat: Jl. HBR Motik No.1, Pademangan Tim., Kec. Pademangan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410
Telepon: (021) 65865667
Website: gandhijkt.org

GMIS menyediakan tak hanya kurikulum IB, tapi juga IB Course Related Programme dan IB Careers Programme. Sekolah ini memiliki cabang 30 negara, termasuk di Indonesia mulai tingkat TK sampai SMA. GMIS mendorong muridnya untuk memiliki kemampuan akademik, fisik, sosial, emosional, dan budaya. GMIS memiliki siswa dari dari 50 negara dan memiliki banyak fasilitas modern penunjang pembelajaran. 

9. Australia Independent School (AIS)

Alamat: Jl. Pejaten Barat Raya No.68, RT.5/RW.7, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
Telepon: (62-21) 782 1141
Website: ais-indonesia.com

Sekolah kurikulum IB yang terakhir adalah AIS. Sekolah ini memiliki kurikulum Australia yang berfokus pada kualitas akademik dan perkembangan diri murid. 

Sekolah yang tersertifikasi Council of International Schools (CIS) ini memiliki kurikulum IB untuk siswa kelas 11 dan 12 yang mempersiapkan mereka lulus ke universitas ternama dunia. AIS memiliki ruang pertunjukan, termasuk area khusus praktek seni, laboratorium sains, kantin, perpustakaan, ruang seni, lapangan olahraga, dan kolam renang. 

BACA JUGA: 9 Sekolah yang Memiliki Program Akselerasi di Indonesia

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover; Photo by Tima Miroshnichenko on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS