banner-detik
PARENTING & KIDS

15 Kalimat dari Orang Tua yang Perlu Didengar Anak Sebelum Tidur, Bisa Memperkuat Bonding!

author

Fannya Gita Alamanda22 Sep 2023

15 Kalimat dari Orang Tua yang Perlu Didengar Anak Sebelum Tidur, Bisa Memperkuat Bonding!

Kalimat dari orang tua punya banyak pengaruh pada tumbuh kembang anak, dan mengucapkan apresiasi atau rasa sayang sebelum tidur sangat direkomendasikan, lho!

Waktu menemani anak menjelang tidur memang momen pas buat memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, dan membacakan dongeng bukan satu-satunya cara lho, Mommies.

Melalui dongeng yang dibacakan mejelang tidur, orang tua bisa membekali anak dengan nilai-nilai positif, etika, empati, dan kasih sayang untuk mereka terapkan di dalam kehidupan. Namun mengatakan 15 kalimat ini kepada anak juga akan memperkuat ikatan antara anak-anak dan orang tua.

BACA JUGA: Membesarkan Gen Z, Ini 10 Hal yang Harus dilakukan Orang Tua

Kalimat dari Orang Tua yang Perlu Didengar Anak

Peraturan dan disiplin memang penting buat anak tapi cobalah untuk nggak terlalu kaku. Sesekali izinkan anak minta menambah durasi buat ngobrol sebab bicara itu penting buat anak-anak. Mereka senang jika Anda MENDENGARKAN. Cobalah untuk tidak mengatakan apa pun, hanya mendengarkan dan sesekali saja berkomentar pendek. Anda bakal kaget dengan banyaknya hal yang bisa dia ceritakan dan betapa indahnya ketika anak-anak (masih) mau bercerita jujur kepada Anda.

Waktu menjelang tidur juga bisa menjadi cara yang bagus untuk melatih anak melakukan refleksi. Anda dapat membantu mereka belajar berterima kasih bukan hanya kepada sesama manusia, tapi terutama bersyukur kepada sang Pencipta atas segala hal baik yang mereka peroleh dan nikmati hari ini.

Hal baik lain lagi yang bisa Anda lakukan? Ungkapkan penghargaan Anda untuk anak-anak sebagai ekspresi perasaan sayang kepada mereka. Bingung mau mengucapkan apa? Lihat 15 kalimat dari orang tua berikut ini!

Viral Di Tiktok! Ini 5 Gaya Parenting yang Sedang Tren, Berminat Mencoba?

1. “Kami senang menjadi orang tua kalian.”

Sebagai orang dewasa dengan segala kesibukan dan problem hidup, kita bisa melupakan hak istimewa menjadi orang tua dan anugerah berharga yang telah diberikan kepada kita, yaitu anak. Padahal anak-anak perlu tahu bahwa Anda berdua bahagia menjadi orang tua mereka dan bersyukur telah dipercaya Tuhan untuk mengasuh mereka.

Dan cara terbaik untuk mengingatkan diri dan anak-anak tentang betapa bersyukurnya Anda adalah dengan mengatakan hal ini sebelum mereka tidur.

2. “Mama kangen selama kamu di sekolah.”

Nggak ada anak yang nggak akan berbinar-binar ketika tahu mereka dirindukan. Faktanya, kita semua senang dikangenin orang lain.

3. “Mama bangga sama kamu.”

Kalau diingat-ingat, sebagian besar orang tua akan mengucapkan kalimat itu hanya ketika anak telah mencapai prestasi tertentu, seperti jadi juara kelas atau memenangkan sebuah pertandingan. Seolah-olah kebanggaan Anda terhadap mereka bersyarat. Namun bagaimana jika Anda memberi tahu anak-anak bahwa Anda bangga kepada mereka karena diri mereka, bukan karena apa yang mereka raih?

4. “Ada nggak tiga hal baik yang bisa kalian syukuri hari ini?”

Mampu bersyukur akan bermanfaat secara emosional, spiritual, fisik, dan mental. Cara terbaik untuk membimbing anak-anak untuk mampu mensyukuri berkat dari Tuhan adalah dengan mendiskusikan hal-hal tersebut sebelum tidur. Ini membantu mereka memikirkan hal-hal positif di dalam hidup.

5. “Kamu diciptakan Tuhan dengan istimewa.”

Anak-anak unik dan istimewa apa adanya tapi belum tentu mereka menyadari itu. Andalah yang harus memberitahu mereka. Anda bisa jelaskan secara lebih terperinci mengapa mereka istimewa secara kualitas dan karakteristik. Misalnya, Mommies bisa bilang, “Kamu anak yang murah hati dan penyayang, bahkan sama binatang”; “Bulu matamu lentik, cantik sekali”; atau “Kamu anak cowok tapi nggak gengsi bantuin Mama di dapur.”

6. “Mama senang dengar ide dan saran dari kamu.”

Anak-anak yang ide dan sarannya dihargai akan bahagia. Penghargaan dari orang tua akan mendorong mereka berpikir kritis dan mandiri.

7. “Mama bersyukur karena punya kamu.”

Selain membantu anak-anak belajar bersyukur, anak juga perlu mendengar apa yang Anda syukuri, terutama mensyukuri kehadiran mereka di dalam hidup Anda.

8. “Mama senang ada di dekat kamu.”

Sama seperti anak-anak yang perlu mengetahui cinta tanpa syarat Anda kepada mereka, anak juga perlu mengetahui bahwa Anda MENYUKAI mereka tanpa syarat. Artinya, betapapun sulitnya menjadi orang tua, mereka tetap perlu mengetahui bahwa Anda menyukai peran sebagai orang tua mereka dan menikmatinya.

Kesalahan Orang Tua Saat Memuji Anak

9. “Tidak ada yang akan mengubah cinta Mama buat kalian.”

Cinta tanpa syarat. Itulah yang anak-anak butuhkan. Ini tidak didasarkan pada kesempurnaan mereka, tetapi pada kenyataan bahwa mereka adalah anak Anda dan Anda mencintai mereka, terlepas dari kesalahan yang mereka lakukan.

10. “Tidak akan ada yang mengubah kasih Tuhan kepada kalian.”

Ketika kita menunjukkan cinta yang tanpa syarat kepada anak-anak, hal ini akan menjadi teladan bagi mereka. Anak-anak akan memiliki pemahaman yang sehat tentang kasih, termasuk perasaan kasih Tuhan yang sempurna kepada umat manusia. Mommies bisa gambarkan kasih sayang Tuhan kepada manusia melalui ciptaan-Nya, seperti planet bumi yang indah, juga beragam flora dan fauna yang mengagumkan.

11. “Kamu penting buat Mama.”

Adalah hal yang manis MENGUCAPKAN kata-kata ini, tetapi yang lebih penting adalah MENUNJUKKANNYA kepada anak. Menatap layar ponsel saat anak menunjukkan atau menceritakan sesuatu kepada Anda, memberi tanda bahwa apa pun yang ada di ponsel Anda lebih penting daripada mereka. Tunjukkan prioritas Anda kepada anak-anak bahwa mereka penting bagi Anda.

12. “Terima kasih sudah bantuin Mama hari ini. Mama senang banget.”

Mommies sudah mengajar anak-anak pentingnya memiliki empati dan menghargai orang lain. Jadi, ketika anak-anak menunjukkan sikap itu, jangan ragu mengucapkan terima kasih karena mereka bukan hanya mendengar didikan Anda, tetapi menjalankannya juga. Anak-anak perlu mendengar bahwa kita berterima kasih atas bantuan mereka dan menghargai kebaikan mereka!

13. “Mama senang ketawa bareng kamu.”

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari menikmati waktu keluarga dan tertawa bersama. Ini fakta, ya, orang dewasa itu jagonya bikin suasana yang semula asyik berubah jadi menyebalkan karena kita gemar mengkritik dan cari-cari kesalahan. Jadi, jika sudah sangat larut dan jam tidur sudah lewat tapi anak-anak masih ingin nonton televisi, Mommies bisa bilang, “Kalau kalian tidur sekarang, hari Sabtu nanti boleh pilih mau makan keluar di mana.”

Namun bukan berarti Anda harus melakukan ini setiap saat. Bagaimanapun anak-anak juga perlu belajar bahwa ketika Anda memerintahkan sesuatu, mereka harus patuh.

14. “Mama perhatikan hari ini kamu berbuat kebaikan.”

Perhatikan ketika anak-anak melakukan sesuatu yang baik, bahkan yang kelihatannya sangat sepele. Puji mereka. Orang tua jangan hanya rajin mengoreksi dan mencatat kesalahan anak, tetapi perlu juga memerhatikan hal-hal baik yang mereka lakukan, sekecil apa pun.

15. “Mama senang kamu mau cerita. Mama siap jadi pendengar yang baik.”

Anak perlu tahu bahwa Anda siap mendengarkan dia mencurahkan isi hatinya. Semakin mereka melihat Anda sungguh-sungguh peduli dan dapat dipercaya, anak-anak akan semakin tidak ragu untuk berbagi bahkan saat mereka bertumbuh menjadi remaja.

Ketika anak-anak percaya curhat kepada orang tua adalah cara mendapatkan solusi yang paling tepat, ini menghindarkan mereka bertemu dengan orang-orang, terutama orang dewasa yang salah. Satu hal lain yang harus Mommies ingat, kadang, kita hanya perlu mendengarkan dan tidak memaksakan pendapat atau saran kita.

BACA JUGA: 9 Ciri Orang Tua Overprotektif, Bikin Anak Tidak Berkembang

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan