banner-detik
SELF

Gejala Osteoporosis dan Tips Pencegahan Terbaik untuk Wanita agar Tulang Tetap Sehat di Usia 40-an

author

Katharina Menge06 Jul 2023

Gejala Osteoporosis dan Tips Pencegahan Terbaik untuk Wanita agar Tulang Tetap Sehat di Usia 40-an

Kalau Mommies mau punya tulang sehat di usia 40-an dan lansia, maka wajib kenali gejala osteoporosis serta tips menjaga kesehatan tulang dan sendi agar jauh dari penyakit tersebut!

Menjaga kesehatan tulang dan sendi penting untuk dimulai sejak usia dini, termasuk untuk Mommies dan para wanita muda di luar sana. Sebab jika tidak dijaga, tubuh akan sangat rentan terserang osteoporosis, yaitu kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang menyebabkan tulang jadi mudah keropos dan patah.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali anak-anak hingga dewasa, baik pria dan wanita. Sayangnya, dikutip dari National Institutes of Health, peluang terserang osteoporosis pada wanita lebih besar.

Hal itu karena wanita memiliki massa tulang puncak yang lebih rendah dan tulang yang lebih kecil daripada pria, terlebih wanita juga akan memasuki masa menopause dan kemungkinan terserang osteoporosis lebih besar setelah itu. Namun pria juga masih berisiko terserang osteoporosis, terutama setelah usia 70 tahun.

BACA JUGA: Hati-hati, Anak Juga Bisa Mengalami Tulang Keropos. Ini Penyebab Osteoporosis pada Anak

Gejala Osteoporosis

Dilansir dari Mayo Clinic, biasanya tidak ada gejala pada tahap awal terjadinya pengeroposan tulang. Namun begitu tulang melemah karena osteoporosis, Mommies mungkin akan merasakan tanda dan gejala yang seperti di bawah ini!

1. Mengalami nyeri punggung yang disebabkan karena tulang belakang yang patah atau rapuh
2. Tinggi badan berkurang dan tubuh jadi memendek
3. Semakin bertambahnya usia, postur tubuh jadi membungkuk
4. Mudah mengalami patah tulang

Tips Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Untuk membuat tubuh jauh dari osteoporosis, Mommies mulai bisa menerapkan deretan tips berikut ini!

1. Usahakan untuk aktif bergerak

Sisihkan waktu sekitar 15-30 menit untuk bergerak aktif atau olahraga. Latihan menahan beban, seperti berjalan, joging, dan menaiki tangga, dapat membantu membangun tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang. Kalau pekerjaan Mommies mengharuskan duduk atau berada dalam posisi yang sama selama berjam-jam, cobalah untuk mulai berganti posisi atau bergerak dua jam sekali.

2. Berhenti merokok

Dalam penelitian dari NCBI, ditemukan fakta bahwa merokok tembakau bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam pergantian tulang, menyebabkan penurunan massa tulang, dan membuat tulang rentan mengalami osteoporosis dan patah tulang.

3. Kurangi konsumsi alkohol

Asupan alkohol berlebihan bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk menyimpan dan mengambil mineral dari tulang. Ini dapat memengaruhi sistem tubuh yang tampaknya tidak terkait dengan tulang, seperti sistem kardiovaskular Anda. Minum alkohol juga dapat mengurangi nafsu makan terhadap makanan yang kaya kalsium dan vitamin D, yang akhirnya bisa menyebabkan penurunan kepadatan tulang.

4. Pantau berat badan

Berat badan yang berlebihan bisa memaksa persendian untuk menanggung beban yang lebih berat daripada yang seharusnya ditangani secara anatomis. Tekanan dari sendi yang terus menerus berusaha melawan gravitasi itu bisa merusak tulang rawan di persendian dan membuat Mommies rentan terhadap radang sendi, cedera, dan nyeri. Jadi, mulailah jaga berat badan Mommies demi tulang dan sendi yang sehat.

5. Konsumsi makanan dan minuman untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Jangan lupa juga untuk jaga kesehatan tulang dan sendi dari dalam dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Keduanya bekerja sama dengan baik karena tubuh akan membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium.

Beberapa sumber kalsium dan vitamin D alami yang terbaik adalah yogurt, keju, bayam, kangkung, kedelai, sarden, salmon, tuna, dan yang paling penting adalah susu.

Salah satu susu yang bisa jadi pilihan Mommies untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi adalah Etawalin. adalah Susu herbal ini bisa membantu atasi segala macam permasalahan persendian, gangguan pada tulang, serta pegal linu. Mommies bisa mengonsumsi susu Etawalin dua kali sehari untuk dapatkan hasil maksimal.

Kandungan utamanya adalah susu kambing etawa murni yang digabungkan dengan racikan herbal khusus dari bahan alami terbaik, seperti jahe, temulawak, kayu manis, sereh, dan daun dalam yang diformulasikan secara klinis sehingga terbukti 100% aman dikonsumsi jangka panjang dan minim efek samping.

Untuk Mommies yang mau beli susu Etawalin, jangan lupa mampir ke booth Etawalin di Hall D1 Jakarta Fair yang digelar tanggal 14 Juni-16 Juli 2023 mendatang. Ada banyak promo menarik yang bisa Mommies dapatkan, mulai dari diskon spesial yang hanya ada di Jakarta Fair hingga hadiah langsung merchandise eksklusif, seperti scarf, sajadah, hingga mini gold.

Kalau Mommies ada di luar kota, jangan berkecil hati dulu, ya. Kalian tetap bisa belanja susu Etawalin secara online. Etawalin menggelar live shopping setiap Senin – Jumat pukul 17.00-22.00 WIB hanya di marketplace official shopee yang wajib Mommies pantengin.

Yuk, jaga kesehatan tulang dan sendi sejak dini supaya tulang tetap sehat di usia 40-an ke atas nanti!

BACA JUGA: Fraktur Greenstick, Patah Tulang yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan