banner-detik
SELF

Masa Simpan Daging di Lemari Es Berdasarkan Jenisnya, Perlu Tahu!

author

Dhevita Wulandari03 Jul 2023

Masa Simpan Daging di Lemari Es Berdasarkan Jenisnya, Perlu Tahu!

Suka makan daging dan banyak stok di lemari es? Jangan sampai salah cara simpannya karena beda jenis beda masa simpan dagingnya. Ini pedomannya.

Mommies masih punya banyak stok daging di lemari es? Pastikan jangan sampai salah saat menyimpannya dan jangan terlalu lama. Untuk daging sapi, ayam, atau ikan paling aman disimpan dalam freezer dengan mengikuti aturan penyimpanan yang baik dan benar. Gunanya agar makanan yang disimpan tetap enak dan aman saat dikonsumsi.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, membekukan daging hingga suhu -18°C bisa menonaktifkan mikroba seperti bakteri, kapang, dan jamur, serta memperlambat aktivitas enzim. Namun, menyimpan daging di lemari es berbeda dengan menyimpannya di freezer. Lemari es hanya bisa diatur hingga suhu 4°C, sehingga Mommies perlu untuk memperhatikan waktu penyimpanan daging di lemari es.

BACA JUGA: Hindari Kesalahan Umum Memasak Daging Kambing yang Bikin Alot dan Bau Ini! 

Masa Simpan Daging di Lemari Es

Agar daging yang Mommies simpan di lemari es tetap segar dan aman, ini dia pedoman masa simpan daging di lemari es berdasarkan jenis dagingnya yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat.

1. Daging Sapi

Daging sapi mentah bisa disimpan di lemari es selama tiga sampai lima hari. Kecuali untuk daging sapi giling dan jeroan seperti hati hanya boleh disimpan di lemari es selama satu hingga dua hari. Sementara, sisa makanan yang mengandung daging sapi matang tidak boleh disimpan lebih dari empat hari di lemari es.

2. Daging Unggas

Daging unggas mentah yang dipotong utuh atau perbagian seperti dada dan paha hanya bisa disimpan selama satu hingga dua hari di lemari es. Namun, jika sudah matang, Mommies hanya bisa menyimpan daging unggas matang tersebut selama tiga hingga empat hari di dalam lemari es.

BACA JUGA: 6 Tips Mengolah Daging Kurban Agar Rendah Kolesterol

Lalu bagaimana untuk daging babi, ikan dan jenis seafood lainnya? Untuk tahu masa simpan jenis daging lainnya di dalam lemari es, Mommies bisa melanjutkan baca dengan klik di sini.

Cover: Image by Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan