banner-detik
EDUCATION

7 Hal Penting yang Wajib Diajarkan di Sekolah untuk Bekal Anak di Masa Depan

author

Katharina Menge24 Jan 2023

7 Hal Penting yang Wajib Diajarkan di Sekolah untuk Bekal Anak di Masa Depan

Ini beberapa kegiatan atau pelajaran yang wajib ada di sekolah, yang pasti dibutuhkan anak-anak di masa depan. Lihat daftarnya ddi bawah!

Banyak hal yang dipelajari di sekolah, tidak hanya ilmu pasti tapi juga ilmu kehidupan. Seringkali hal itu tidak dipelajari anak bukan mata pelajaran yang ada, melainkan dari aktivitas, kegiatan, dan juga apa yang mereka lihat.

Banyak orang tua yang tidak puas dengan apa yang diajarkan oleh sekolah kepada anak-anaknya, yang merupakan anak kita. Bukan dari sisi ilmu pengetahuan yang diberikan tapi dari kurangnya hal yang sebenarnya penting untuk anak tapi tidak diajarkan.

BACA JUGA: Cara Buat Akun SNPMB untuk Siswa dan Sekolah, Batas Sampai 9 dan 15 Februari 2023!

7 Hal yang Wajib Diajarkan Sekolah

Mommies Daily pun merangkum 7 hal yang penting dan wajib diajarkan ke anak di sekolah. Mungkin bisa jadi pertimbangan pihak sekolah untuk mengadakannya!

1. Edukasi Seks

Edukasi seks adalah salah satu hal penting yang sebenarnya wajib diajarkan ke anak. Tujuannya supaya mereka paham dengan alat kelaminnya sendiri, bagaimana cara merawatnya, serta plus minus jika melakukan seks sebelum menikah, baik dari sisi mental maupun kesehatan.

2. Perencanaan Finansial

Anak memang sebaiknya diajak untuk mengenal dunia finansial sejak dini. Mungkin selama ini sudah ada kegiatan menabung di sekolah tapi hal itu masih kurang. Si kecil harus paham bagaimana cara mengelola uang supaya mereka tumbuh dengan kondisi melek finansial dan memiliki masa depan yang lebih baik, tanpa hutang atau keuangan berantakan.

3. Mitigasi Bencana

Anak juga harus paham cara melindungi diri mereka sendiri. Karena orang tua atau guru tidak bisa 24 jam selalu ada bersamanya. Di sekolah mungkin bisa diadakan simulasi gempa dan juga kebakaran. Ke depannya dengan mempelajari hal ini, anak jadi bisa melihat risiko bencana dan juga mencari jalan terbaik menanggulanginya, sambill tak lupa melingdungi dirinya sendiri.

4. Self Defense

Banyaknya kasus penculikan anak tentu membuat orang tua was-was ketika meninggalkan anaknya di sekolah. Bagaimana nanti kondisi anak saat pulang atau ketika bermain di jam istirahat. Sekolah sendiri sebenarnya sudah memberikan dukungan untuk melatih self defense anak dalam bentuk ekstrakurikuler, seperti taekwondo, pencak silat, dan banyak lainnya. Namun, kini sebaikanya hal itu dijadikan pelajaran wajib demi keamanan diri anak.

5. Public Speaking

Mungkin Mommies dulu belum terbayangkan pentingnya publik speaking dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kini sudah paham, rasanya ingin si kecil mendapatkan pelajaran tersebut di sekolah. Tak hanya jadi jago bicara, mempelajari hal ini juga bantu anak jadi percaya diri.

6. P3K

Ini salah satu hal yang sebenarnya wajib dipahami semua makhluk di dunia tapi tidak pernah ada yang memberikan pendidikan P3K secara proper. Untuk itu, sangat diharapkan jenis pengetahuan ini diajarkan ke anak-anak sehingga mereka bisa paham cara menolong dirinya sendiri dan juga orang di sekitarnya.

7. Entrepreneurship

Di zaman sekarang, anak-anak sudah harus tahu bahwa mereka nantinya bisa jadi orang yang membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, bukan melulu harus bekerja di bawah orang lain. Bahwa ada beragam jenis pekerjaan di dunia dan salah satunya adalah dengan membuka usaha atau bisnis.

BACA JUGA: Sekolah dengan Konsep Kantin Sehat dan Bersih, dari Jakarta hingga Surabaya. Harga Makanan Mulai dari Rp15 Ribuan

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS