banner-detik
EDUCATION

Cara Buat Akun SNPMB untuk Siswa dan Sekolah, Batas Sampai 9 dan 15 Februari 2023!

author

Dhevita Wulandari20 Jan 2023

Cara Buat Akun SNPMB untuk Siswa dan Sekolah, Batas Sampai 9 dan 15 Februari 2023!

Sebelum batas waktu habis pada 9 Februari untuk sekolah dan 15 Februari untuk siswa, yuk buat akun SNPMB sekarang. Ini cara selengkapnya.

Saat anak sudah menduduki kelas terakhir di SMA, biasanya masalah pilihan jurusan kuliah dan akan kuliah di mana adalah hal yang tidak bisa dihindari. Sebagian anak bisa jadi sudah punya pilihan, namun sebagian lainnya masih bingung menentukan.

Sembari memikirkan mana jurusan dan kampus yang ingin dituju, jangan lupa bahwa anak harus melakukan registrasi untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Perlu diketahui juga bahwa SNPMB berbeda dengan SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.

SNPMB merupakan rangkaian seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) secara nasional, berbeda dengan SPMB yang juga mencakup perguruan tinggi swasta (PTS).

Jika anak ingin masuk ke PTN, maka diwajibkan bagi siswa dan sekolah untuk membuat akun SNPMB. Registrasi atau pendaftaran ini dimulai dari 9 Januari hingga 15 Februari 2023, pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA: Sekolah dengan Konsep Kantin Sehat dan Bersih, dari Jakarta hingga Surabaya. Harga Makanan Mulai dari 15Ribuan

Pembuatan akun SNPMB ini digunakan untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Pada Instagram resmi SNPMB BPPP (Badan Pengelolaan Pengujian Pendidikan) @_snpmbbpppp telah diumumkan untuk siswa dan sekolah yang sudah ikut uji coba kedua pembuatan akun SNPMB dan berhasil, tidak perlu membuat akun baru lagi.

Namun bagi siswa yang memiliki akun, tentu saja harus membuat terlebih dulu. Dikutip dari DetikEdu, berikut langkah-langkah registrasi akun SNPMB.

Cara buat akun SNPMB untuk siswa

  1. Apabila belum memiliki akun, maka siswa bisa klik portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan membuka email verifikasi untuk klik aktivasi akun.
  2. Jika sudah memiliki akun, maka siswa bisa langsung login dengan akun SNPMB yang sudah dibuat. Langkah berikutnya sama, baik untuk yang baru memiliki akun maupun sudah memiliki akun SNPMB.
  3. Pilih menu Verifikasi dan Validasi.
  4. Klik Perbarui Data.
  5. Sistem akan memvalidasi data.
  6. Apabila data tidak valid, maka siswa bisa lapor ke sekolah dan melakukan koreksi serta melaporkan hasilnya ke Pusdatin/Pendis. Berikutnya, login kembali menggunakan akun SNPMB yang sudah dibuat.
  7. Sebaliknya, jika data sudah valid, siswa bisa langsung isi biodata yang diminta dan unggah-atur pas foto terbaru.
  8. Lakukan simpan permanen dan unduh bukti permanen bagi siswa yang datanya sudah valid.

Bukan hanya siswa, tapi sekolah juga harus membuat akun SNPMB dan tenggat waktu pembuatan akun SNPMB hanya sampai 9 Februari 2023. Untuk tahu langkah-langkahnya, simak selengkapnya di halaman selanjutnya dengan klik di sini.

BACA JUGA: Saat Anak Mulai Senang Bolos Sekolah, Apa yang Harus Orangtua Lakukan?

Cover: Photo by Katerina Holmes on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS