banner-detik
PARENTING & KIDS

Saat Anak Perempuan Sudah Menstruasi, Orang Tua Lakukan Hal Ini!

author

Mommies Daily06 Jun 2024

Saat Anak Perempuan Sudah Menstruasi, Orang Tua Lakukan Hal Ini!

Menstruasi bisa menjadi momen yang membingungkan buat anak remaja. Yuk, lakukan ini saat anak perempuan Mommies sudah menstruasi.

Momen anak perempuan menstruasi penting buat anak sekaligus orang tua. Happy anak sudah berada di tahap remaja menuju dewasa, sekaligus deg-degan, karena kini kita jagain anak gadis, bukan lagi balita.

Menstruasi terjadi pertama kali saat anak berusia 10-14 tahun. Idealnya, edukasi seputar menstruasi sudah diberikan kepada anak saat menginjak pra remaja. Jadi, ketika menstruasi pertama tiba, si gadis nggak kelabakan. Namun, walau sudah mendapat bekal, tetap saja, ada hal-hal yang perlu orang tua lakukan saat anak perempuan mendapat pengalaman menstruasi pertamanya. Apa saja?

Hal-hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Perempuan Sudah Menstruasi

1. Bekali dengan pengetahuan seputar menstruasi

Mulai dari siklus menstruasi yang terjadi setiap 21-35 hari sekali, menstruasi berlangsung sekitar 3-7 hari setiap bulannya, hingga gejala PMS yang mungkin dialami, baik gejala fisik maupun emosi yang bisa membuatnya nggak nyaman. Mommies juga bisa beritahu juga masa subur dan ovulasi yang berlangsung sekitar satu minggu setelah menstruasi selesai atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi.

Masa di mana bisa terjadi kehamilan ketika seseorang melakukan hubungan seksual. Ini informasi penting agar anak mengerti dan semakin bisa menjaga diri dan menghindari pergaulan bebas.

2. Ajak anak membeli kebutuhan menstruasi

Kenalkan anak pada beberapa merek dan jenis pembalut. Beri tahu cara pakainya, lalu ia harus mengganti pembalut setiap sekitar 3-4 jam sekali atau boleh mengganti lebih sering saat lagi deras-derasnya, dan bagaimana cara membuang sampah bekas pembalut dengan aman. Berhubung anak remaja lagi aktif-aktifnya, ajarkan anak memilih tipe pembalut yang paling sesuai dan nyaman untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

BACA JUGA: Lakukan Ini Ketika Anak Perempuan Pubertas dan Mulai Tumbuh Payudara, Catatan untuk Orang Tua!

3. Ajarkan anak cara merawat area intim

Seiring anak menstruasi, ia akan mengalami perubahan lain di area kelamin. Agar anak siap, berikan pemahaman bahwa bulu pubis akan tumbuh, ia akan lebih mudah berkeringat, kondisi genital sangat mungkin menjadi lebih lembap dan terjadi keputihan.

Nah, Mommies bisa mengajari anak untuk menjaga area intim dengan cara mengganti pembalut secara teratur, membersihkan vagina dari depan ke belakang, mengganti pakaian dalam ketika sedang melakukan aktivitas yang memicu banyak keringat, serta menjaga kehigienisan saat menggunakan toilet umum. Ini penting agar terhindar dari risiko infeksi di area kelamin.

Salah satunya dengan menggunakan produk untuk membersihkan dan menjaga kesehatan area kewanitaan dari Betadine. Dalam rangka Menstrual Hygiene Day 2024, Betadine bermitra dengan Guardian untuk memberikan edukasi pada perempuan Indonesia mengenai pentingnya menjaga kebersihan area kewanitaan yang tepat selama menstruasi melalui produk Betadine Feminine Hygiene dengan Povidone lodine 10% yang dikenal sebagai #BotolUngu.

Foto: Dok. Istimewa

”Penting bagi wanita untuk memiliki kebiasaan menjaga kebersihan area kewanitaan setiap hari, terutama saat menstruasi, karena menstruasi memiliki pengaruh besar terhadap stabilitas ekosistem vagina. Saat mengalami gejala awal iritasi, penggunaan produk antiseptik juga disarankan. Antiseptik yang baik sebaiknya mengandung Povidone Iodine, karena memiliki spektrum luas, mampu mengembalikan keseimbangan pH, dan dengan cepat memulihkan flora normal, sehingga efektif mengatasi infeksi di area kewanitaan.” Jelas Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin.

Produk Betadine Feminine Hygiene ini dapat mengatasi gejala infeksi saat menstruasi dengan tetap memberikan rasa nyaman bagi perempuan Indonesia. Untuk meningkatkan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, Betadine dan Guardian memberikan promo khusus bagi pelanggan setianya untuk pembelian produk Betadine dari tanggal 16 Mei – 19 Juni 2024. Promo ini berlaku di seluruh gerai Guardian.

4. Memonitor siklus menstruasi

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat siklus menstruasi. Ketika pertama menstruasi, mungkin saja siklusnya belum teratur, dan akan teratur seiring bertambah dewasa. Jadi, Mommies dan anak bisa memantau apakah siklus anak normal atau tidak.

Mungkin di saat remaja, kesannya ini nggak terlalu penting, namun saat dewasa, baru terasa bahwa mencatat siklus menstruasi itu bermanfaat untuk diri sendiri. Jadi, yuk, biasakan anak untuk mencatatnya.

Foto: pikisuperstar on Freepik

5. Ucapkan selamat

Si gadis sudah melalui satu lagi tahapan kehidupannya, jadi ia layak mendapat ucapan selamat dari kita, orang tuanya. Mungkin anak juga merasa bingung, khawatir, panik atau risih menghadapi masa-masa awal menstruasi. Dampingan Mommies pasti sangat berarti buat mereka.

6. Akan ada banyak perubahan lainnya

Setelah menstruasi pertama terjadi, beri tahu anak bahwa ia akan mengalami juga perubahan fisik dan emosi seiring perkembangannya menjadi remaja. Payudara akan tumbuh, jerawat mungkin banget mampir, bokong membesar, muka lebih berminyak, tubuh mudah berkeringat, dan seterusnya.

Sementara dari sisi emosi, anak bisa mulai tertarik dengan lawan jenis, lebih sensitif, merasa nggak percaya diri, mulai ingin diakui oleh kelompoknya, dan seterusnya. Ingatkan anak bahwa mommies dan daddies akan mendampingi si gadis melalui masa-masa remajanya. Ini akan membawa rasa aman dan nyaman bagi dirinya.

BACA JUGA: Kapan Usia Pubertas pada Anak Laki-laki dan Perempuan?

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan