banner-detik
BEAUTY

9 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan di Usia 40-an agar Tetap Sehat dan Awet Muda

author

Katharina Menge08 Jun 2022

9 Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan di Usia 40-an agar Tetap Sehat dan Awet Muda

Agar Anda tetap terlihat awet muda dan sehat, ini beberapa kebiasaan yang harus dihentikan di usia 40-an! Sangat mudah untuk diikuti!

Usia 40-an adalah milestone baru dalam kehidupan semua orang. Itu karena ada banyak masalah kesehatan dan aneka perubahan yang bisa terjadi hingga memengaruhi kondisi dan penampilan diri. Tak jarang banyak yang sudah dekat dan rutin bertemu dengan dokter untuk memastikan kesehatan terjaga.

Di usia 40-an ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kesejahteraan dan penampilan diri, serta membuat rencana jangka panjang tentang apa yang boleh dan tidak boleh lagi dilakukan. Untuk itu, ada aneka kebiasaan yang harus ditinggalkan di usia 40-an, terlebih jika Anda ingin tetap sehat dan terlihat awet muda.

BACA JUGA: Aneka Masalah Rambut di Usia 40-an dan Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya!

Kebiasaan yang Harus Ditinggalkan di Usia 40-an

Perhatikan daftar di bawah ini dan segera tinggalkan agar Anda semakin sehat dan terlihat awet muda di usia 40-an.

usia 40-an

1. Tidak menyeimbangkan gula darah

Apa Anda sering merasa mood tidak beraturan, energi cepat habis, dan mengalami gangguan tidur ketika memasuki usia 40-an? Itu bisa berarti gula darah Anda tidak seimbang. Padahal penting bagi Anda yang berusia 40-an untuk menyeimbangkan gula darah untuk jaga Anda dapat tidur cukup demi dapat istirahat cukup dan menghindari masalah kantung mata, masalah kulit, dan aneka masalah lainnya akibat kebiasaan jahat ini.

2. Terus menerus konsumsi kafein

Mungkin Anda sudah disarankan untuk kurangi kafein yang masuk lewat konsumsi kopi tiap hari sejak lama, dan sekarang adalah waktu untuk benar-benar melakukan itu. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan insomnia, mudah marah dan, ketika Anda merasa tetap fit dan berenergi setelah minum kopi, sebenarnya Anda membohongi tubuh dan membuatnya kekurangan bahan bakar yang tepat.

3. Sering makan junk food

Yuk, sudah saatnya Anda tak lagi makan junk food di usia 40-an! Saat Anda merasa lelah dan kekurangan energi, termasuk saat merasa gula darah menurun, konsumsilah makanan kaya protein atau lemak sehat, seperti ayam, ikan, atau kacang-kacangan yang bantu meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cara yang tepat.

4. Jangan konsumsi vitamin sembarangan

Banyak orang di usia 40-an merasa perlu menjadi sehat tapi ingin melakukannya secara instan, salah satunya dengan mengonsumsi aneka supplement dan tanpa arahan dari dokter. “Kebanyakan orang bisa mendapatkan keuntungan dari probiotik atau suplemen minyak ikan, tetapi lebih bijaksana untuk berbicara dengan dokter atau tenaga profesional tentang pola makan Anda agar bisa sehat dengan alami,” jelas Isabel Smith, MS, RD, CDN, ahli diet terdaftar dan pendiri Isabel Smith Nutrition.

BACA JUGA: 10 Tips Makeup Usia 40 Agar Terlihat Awet Muda, Wajib Coba!

5. Tidur berantakan

Ketika Anda berusia 20 tahun, Anda mungkin hanya tidur selama empat atau lima jam, tetapi hari-hari itu sudah lama berlalu. Anda mungkin ditarik ke satu juta arah yang berbeda, tetapi sangat penting untuk kesehatan dan kewarasan Anda bahwa Anda menjadwalkan tidur yang cukup setiap malam. “Anda membutuhkan 7-8 jam tidur per malam, dan lebih banyak istirahat” kata Smith. Jadi, jangan begadang lagi, ya!

lelah dan mengantuk

6. Mendahulukan kepentingan orang lain

Untuk jaga kesehatan mental, jadi tetap bahagia, dan membuat penampilan lebih awet muda, maka mulai sekarang kesampingkan kepentingan orang lain dan dahulukan diri sendiri. Semua orang punya kepentingan tapi bukan berarti kepentingan Anda bisa diabaikan. Seimbangkan pekerjaan, kehidupan sosial, dan keluarga demi kehidupan yang seimbang.

7. Malas bergerak

Berlari, berjalan, berenang, atau bersepeda, apa pun itu, lakukanlah. “Ketika mencapai usia 30, tubuh mulai kehilangan massa otot dan menghasilkan metabolisme yang lebih lambat. Orang yang tidak aktif dapat kehilangan hingga 3-5% massa otot per tahun, tetapi dengan aktif bergerak Anda bisa bantu mengurangi hal tersebut, terlebih di usia 40-an,” saran Tanya Zuckerbrot, R.D. dan pendiri Diet F-Factor.

8. Takut pergi ke dokter

Hai, di usia 40-an itu wajar ketika masalah kesehatan mulai muncul. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Itu akan bantu Anda memantau kondisi kesehatan dan menemukan cara terbaik untuk tetap sehat dan awet muda. Jangan malah takut dan tidak mendengarkan tubuh Anda yang kesakitan.

9. Merasa tidak beruntung

Hilangkan pikiran bahwa rumput tetangga jauh lebih hijau, dan aneka perasaan buruk lainnya mengenai diri sendiri. Di usia 40-an ini Anda bisa merasa jauh lebih ambisius mengejar hal-hal yang belum tercapai dalam hidup, tetapi jangan bingung antara ambisi, yaitu bekerja untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, dengan rasa cemburu, yaitu tidak bahagia dengan hal-hal menakjubkan yang telah Anda miliki. Lebih banyak bersyukur akan membuat stres Anda berkurang dan membuat penampilan lebih awet muda.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Gaya Rambut untuk Perempuan Usia 40-an, Bikin Terlihat Awet Muda

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS