Now Reading
10 Tips Makeup Usia 40 Agar Terlihat Awet Muda, Wajib Coba!

10 Tips Makeup Usia 40 Agar Terlihat Awet Muda, Wajib Coba!

Dhevita Wulandari
tips makeup

Semua perempuan pasti ingin terlihat lebih muda. Saat memasuki usia 40-an, 10 tips makeup dari makeup artist profesional ini bisa Mommies coba lakukan.

Semakin bertambah usia, ciri-ciri penuaan biasanya semakin terlihat. Belum lagi saat pakai makeup atau riasan wajah, kalau salah teknik bisa-bisa garis halus dan kerutan semakin terlihat jelas.

Dikutip dari PureWow, seorang makeup artist bernama Nechelle Turner mengatakan, “Kunci untuk merias wajah di usia 40-an dan seterusnya adalah hidrasi. Melembapkan kulit sebelum aplikasi riasan membuat seorang tampak lebih muda”

Masih dikutip dari PureWow, untuk Mommies yang ingin terlihat lebih muda, ini 10 tips makeup usia 40-an yang bisa dicoba.

1. Kenali undertone kulit

Monika Blunder, seorang penata rias di Los Angeles, mengatakan, “Memilih warna alas bedak yang tepat adalah dengan mengetahui warna kulit Anda.” Jika Mommies mengetahui apa warna kulit Mommies cool, warm, atau netral, itu akan membuat Mommies lebih mudah memilih produk complexion lainnya seperti alas bedak hingga concealer.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengidentifikasi undertone Mommies:

  • Lihat bagaimana kulit bereaksi pada matahari. Jika kulit cenderung kecokelatan, Mommies memiliki warna kulit warm undertone.
  • Jika kulit mudah terbakar, berarti warna kulit cool undertone.
  • Jika kulit cenderung mudah terbakar sedikit sebelum kecokelatan, berarti warna kulit netral.

2. Pelajari warna apa yang melengkapi

Monika Blunder menjelaskan, setelah kita mengetahui undertone kulit kita, selanjutnya kita bisa menentukan warna apa yang melengkapinya. Orang dengan kulit warm undertone cenderung terlihat bagus dengan warna emas, merah, kuning, dan cokelat bernuansa hangat.

Kemudian, orang dengan kulit cool undertone terlihat bagus dengan warna silver, ice blue, ungu, dan pink. Sementara, orang dengan kulit undertone yang netral biasanya dapat cocok dengan warna apa saja.

BACA JUGA: 5 Treatment Mengencangkan Kulit Wajah Untuk Usia 40-an

3. Selalu persiapkan kulit dengan skincare

Perawatan kulit sebelum makeup harus selalu dilakukan. Biasanya, para makeup artist mempersiapkan kulit kliennya dengan menggunakan pelembap, krim mata, dan primer. Produk-produk tersebut dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan membuat riasan tahan lama. Saat menggunakan primer juga lebih baik hanya satu layer di bagian pori-pori yang tampak besar.

4. Menggunakan foundation yang ringan

Mommies bisa menggunakan foundation dengan jenis apapun, misalnya liquid, stick, hingga cream. Yang terpenting adalah mempelajari cara pengaplikasiannya dengan benar. Caranya adalah dengan memulai mengaplikasikan foundation dari tengah wajah dan ratakan ke arah luar wajah untuk mendapatkan hasil akhir yang terlihat lebih alami.

Para makeup artist biasanya lebih suka menggunakan kuas untuk mengoleskan alas bedak atau foundation secara ringan ke kulit sebelum menggunakan spons basah untuk melembutkan pinggiran pada sekeliling wajah.

5. Lewati menggunakan bedak, atau gunakan dengan sangat sedikit

Kebanyakan makeup artist setuju untuk melewatkan bedak atau mengaplikasikan bedak dengan sangat sedikit sebagai kunci untuk mempertahankan kulit yang tampak awet muda.

Namun, apabila kulit berminyak, Mommies bisa menggunakan secara sedikit pada spot tersebut atau pada zona-T saja.

6. Seimbangkan warna makeup 

Jika menggunakan pewarna bibir yang bold, sebaiknya kurangi warna bold pada mata atau gunakan warna yang lebih soft. Begitu juga sebaliknya, jika menggunakan eyeshadow atau eyeliner warna-warni, Mommies bisa gunakan pewarna bibir yang lebih soft.

Baca juga: Rekomendasi Produk Untuk Mencerahkan Ketiak, Wajib Coba!

7. Sederhanakan riasan mata

Riasan mata yang kuat dapat memberikan tampilan yang berat pada mata, sedangkan riasan mata yang lembut bisa memberikan tampilan yang lebih awet muda. Untuk mendukung hal ini, Mommies bisa menggunakan eye shadow cair atau krim.

Saat mencapai usia 40-an, kulit di sekitar mata kehilangan elastisitas yang membuat aplikasi riasan mata menjadi sedikit lebih rumit. Maka dari itu itu, lebih banyak menggunakan formula emolien akan membuat riasan mata lebih mudah digunakan dan cenderung tidak menempel pada garis-garis halus dan lipatan mata saat dipakai.

8. Kondisikan bulu mata

Seiring bertambahnya usia, bulu dan alis mata menjadi lebih tipis dan rapuh. Hal ini membuat perawatan area mata penting dilakukan secara teratur. Perawatan area mata ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung protein gandum terhidrolisis dan vitamin B5 untuk menghidrasi dan memperkuat bulu mata, sekaligus memperpanjang bulu mata.

9. Jangan pernah melewatkan blush on

Blush on menyatukan semua riasan dan sangat berdampak pada riasan seiring bertambahnya usia. Para makeup artist profesional biasanya mengaplikasikan blush on tinggi-tinggi di bagian atas pipi untuk mengangkat dan menambah dimensi wajah.

10. Mengisi area bibir

Banyak wanita berusia 40 tahun ke atas memiliki kekhawatiran terhadap bibir yang menipis. Untuk membuat ilusi bibir lebih penuh tanpa terlihat berlebihan, Mommies bisa gunakan lip liner dengan warna netral yang dapat membantu menyempurnakan bentuk bibir sebelum mengaplikasikan lipstik.

Makeup artist profesional merekomendasikan untuk memilih formula lipstik yang lembap daripada yang matte. Menggunakan lip gloss juga menjadi pilihan yang baik.

BACA JUGA: 5 Skincare dan Makeup Tranfer Proof. Nggak Bakal Nempel di Masker

Featured image: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top