Now Reading
Aneka Masalah Rambut di Usia 40-an dan Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya!

Aneka Masalah Rambut di Usia 40-an dan Rekomendasi Produk untuk Mengatasinya!

usia 40-an

Memasuki usia 40-an tentu ada banyak masalah kesehatan yang akan dialami, termasuk masalah rambut. Yuk, kenali dan lihat cara mengatasinya!

Masalah rambut jadi salah satu ketakutan banyak orang di di usia 40-an. Dikutip dari Bosley hal itu disebabkan karena pada usia 30-an, Anda memiliki peluang 25% untuk mengalami kebotakan, dan tentu saja akan bertambah di usia 40-an. Itu hanya masalah kebotakan saja, belum lagi masalah rambut lainnya.

Mommies Daily pun mengumpulkan beberapa masalah rambut yang rentang dialami di usia 40-an beserta rekomendasi produk yang bisa bantu atasi hal ini!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Gaya Rambut untuk Perempuan Usia 40-an, Bikin Terlihat Awet Muda

Masalah Rambut di Usia 40-an

Ini dia daftar aneka masalah rambut yang sering dialami di usia 40-an. Yuk, mulai waspada dan beri perawatan terbaik untuk mengatasinya!

masalah rambut usia 40-an

1. Rambut rontok

Rambut rontok umumnya terjadi setelah memasuki usia 40-an, tetapi sekarang yang masih berusia 20-an pun sudah sering merasakannya. Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah kerontokan akan semakin tinggi. Selain karena penambahan usia, faktor genetik juga memengaruhi dan membuat laju pertumbuhan rambut melambat. Perubahan hormon dan menopause pada wanita juga jadi pemicu hal serupa.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan merawat kulit kepala dengan rutin. Kebiasaan merawat kulit kepala bisa berkontribusi besar terhadap penipisan rambut. Jadi, penting untuk memasukkan rutinitas merawat rambut dan kulit kepala sehari-hari untuk mengindari kebotakan akibat rambut rontok.

Selain itu ada beberapa tips lainnya untuk mencegah masalah rambut rontok di usia 40-an, yaitu dengan cara berikut ini!

  • Turunkan tingkat stres yang Anda alami dengan cara merawat kesehatan mental Anda. Stres bisa memicu rambut rontok lebih parah.
  • Jika Anda merasa tidak stres tetapi masih mengalami kerontokan, coba periksakan kesehatan. Mungkin hal ini disebabkan oleh hormon dan butuh bantuan ahli untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Selalu pijat Pijat kulit kepala saat mandi. Tujuannya untuk merangsang aliran darah dan mendorong pertumbuhan rambut.
  • Pilih gaya rambut yang simpel dan hindari menguncir tambut terlalu kuat hingga membuatnya rontok dan patah.
  • Jaga pola makan seimbang dan pastikan Anda cukup tidur.
  • Terakhir, gunakan hair mask atau obat penumbuh rambut.

2. Rambut beruban

Sama seperti kulit yang menua dan keriput, seiring bertambahnya usia rambut juga akan mengalami penipisan dan kehilangan warnanya sehingga berubah menjadi abu-abu hingga memutih. Rambut beruban bisa disebabkan juga karena kekurangan vitamin B12, Bitoin, dan vitamin D yang akhirnya membuat produksi melanin berkurang.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika rambut mulai beruban di usia 40-an ini? Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga rambut agar tidak terpapar terlalu banyak sinar matahari. Uban lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, jadi lindungi rambut Anda dengan menggunakan produk rambut pelindung matahari.

Coba periksa ke dokter atau jalani tes darah untuk melihat apakah Anda kekurangan vitamin dan perlu asupan vitamin tambahan untuk mengatasi maslaah rambut di usia 40-an ini. Namun ingatlah bawah tidak ada yang salah dengan rambut berubah atau memutih di usia 40-an. Itu hal yang normal terjadi dan perubahan ini terjadi dengan indah dan alami. Jika bisa merawatnya dengan baik, maka rambut berwarna abu-abu Anda akan terlihat cantik.

3. Rambut kusam dan kering

Saat menopause mulai mendekat, maka hormon Anda akan mulai berubah, termasuk hormon estrogen yang mengalami penurunan. Hal itu membuat testosteron punya banyak ruang untuk mempengaruhi rambut dan menyebabkannya menjadi lebih kering dan kusam. Penyebab lainnya adalah rambut kehilangan keratin dan asam lemak.

Beberapa produk yang tadinya biasa Anda gunakan justru malah semakin membuat rambut kusam dan bermasalah karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya, bukan sebaliknya. Salah satu contohnya adalah hairspray, yang sebaiknya mulai dihindari di usia 40-an. Sinar matahari juga punya andil dalam menyebabkan rambut terlihat kering.

Perawatan masalah rambut di usia 40-an yang kusam dan kering adalah dengan menggunakan sampo klarifikasi seminggu atau dua minggu sekali untuk menghidupkan kembali rambut Anda dan menghilangkan penumpukan produk.

Lakukan perawatan seminggu sekali untuk menjaga kelembapan rambut tapi pastikan hindari produk yang mengandung amonia. Saat keluar rumah gunakan topi atau payung untuk lindungi rambut. Terakhir, Anda bisa gunakan minyak rambut untuk menyegarkan dan membuatnya bersinar dan tak lagi kusam.

BACA JUGA: Cara Awet Muda di Usia 40-an, Ini 9 Makanan yang Cegah Penuaan Dini

Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Usia 40-an

Ini dia beberapa rekomendasi produk perawatan untuk mengatasi masalah rambut di usia 40-an!

1. TRESemmé Keratin Smooth Shampoo

Membantu mengatasi masalah kekurangan protein pada batang rambut sehingga membuat rambut kuat, tidak mudah rontok, dan tetap lembap.

2. Mustika Ratu Shampoo Bayam

masalah rambut usia 40-an

Dengan ekstrak daun bayam, sampo ini mampu bantju kurangi kerontokan rambut di usia 40-an, baik karena bertambahnya usia hingga akibat polusi. Kandungan trichogen liposomes di dalamnya mempu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhannya lagi dengan maksimal.

3. Sensatia Botanicals Hydrating Shampoo

Jika Anda ingin menjauhi produk dengan bahan kimia dan memilih bahan alami, maka sampo ini adalah pilihan terbaik. Dengan memanfaatkan berbagai jenis minyak esensial, produk ini mampu menyehatkan dan membuat rambut tumbuh alami.

BACA JUGA: Wajib Dicoba, Ini Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah untuk Usia 40-an!

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top