Now Reading
12 Ritual Kegiatan Keluarga dan Manfaat di Baliknya

12 Ritual Kegiatan Keluarga dan Manfaat di Baliknya

dewdew
ritual kegiatan keluarga

Ternyata rutinitas dan ritual kegiatan keluarga itu berbeda, lho. Bagaimana cara membedakannya dan apa manfaat di baliknya?

Apa, sih, bedanya kegiatan keluarga yang ritual dan yang rutin? Menurut psikolog Barbara H. Fiese, ritual dan tradisi secara simbolis mengkomunikasikan sebuah konsep atau gagasan bahwa “inilah kita” sebagai sebuah kelompok, memberikan kesinambungan makna lintas generasi. Dalam hal ini, kelompok adalah para anggota keluarga. Sementara itu, rutinitas adalah cara mengkomunikasikan pada seseorang bahwa, “Inilah hal yang perlu dilakukan.” Misalnya, saja memandikan anak pada pukul 07.00, dilanjutkan dengan tidur pada pukul 07.30, nah, kegiatan tersebut merupakan rutinitas. Tetapi jika mommies menggabungkan momen pribadi seperti ciuman khusus, jabat tangan, atau lagu, di dalam rutinitas, mommies dapat mengubah rutinitas menjadi ritual yang bermakna. Berikut beberapa ritual kegiatan keluarga yang memiliki manfaat dan makna di baliknya. Ritual mommies dan anak-anak yang mana?

Ritual Kegiatan Keluarga yang Meningkatkan Rasa Positif

  • Family Cuddle. Ketika mommies dan pasangan pulang kantor, sempatkan untuk ngerungkel di atas tempat tidur bersama-sama, saling memeluk selama 5-10 menit. 
  • High & Low sharing. Tentukan waktu yang tepat ketika seluruh anggota keluarga bisa berkumpul bersama. Misal saat sarapan pagi, atau makan malam. Minta setiap orang untuk sharing high moment atau low moment yang ia alami hari itu atau hari sebelumnya. 

Ritual Kegiatan yang Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

  • Pilih satu hari setiap minggu untuk bebersih rumah, dan berikan masing-masing anak satu tugas yang harus ia lakukan. 
  • Tugaskan masing-masing anak, minimal 1 tugas, saat membereskan meja sebelum dan sesudah makan. Misal si kakak bertugas mencuci piring bekas makan, sementara adik mengelap piring yang sudah dicuci kakak. 
  • Cari satu kegiatan yang bisa melibatkan seluruh anggota keluarga, misalnya mengecat dinding, atau membuat kue untuk dijual. 

Baca juga: Kisah Para Perempuan Breadwinner, Penanggung Jawab Utama Nafkah Keluarga

Ritual Kegiatan yang Meningkatkan Ikatan Keluarga

  • Libatkan anggota keluarga saat masak makan malam. Jika tidak mungkin, sama-sama menentukan menu masakan hari itu juga bisa. 
  • Pilih cerita favorit untuk dibaca bersama-sama setiap malam. 
  • Sebelum semua anggota keluarga berangkat tidur di malam hari, biasakan untuk saling mengucapkan “I Love You,” “Selamat tidur dan mimpi indah,” dan lain-lain.

Ritual Kegiatan Keluarga yang Mengembangkan Rasa Memiliki

  • Di hari spesial, misalnya di hari ulangtahun anak, berikan kebebasan padanya untuk memilih sarapannya sendiri. 
  • Siapkan aktivitas khusus keluarga di hari-hari libur, misal camping di kaki gunung, atau road trip ke luar kota. 
  • Ciptakan satu malam dengan tema tertentu, misal Malam Kamis Manis lalu tentukan aktivitas apa yang spesial di malam tersebut. Misal nonton satu seri kartun sambil makan popcorn. 
  • Siapkan satu toples besar lalu minta anak masukkan kertas berisi hal yang ia syukuri hari itu. Lalu buka di akhir bulan dan baca bersama-sama. 

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top