Now Reading
Cara Awet Muda di Usia 40-an, Ini 9 Makanan yang Cegah Penuaan Dini

Cara Awet Muda di Usia 40-an, Ini 9 Makanan yang Cegah Penuaan Dini

usia 40-an

Untuk cegah penuaan dini, terutama di usia 40-an, Anda perlu rutin mengonsumsi deretan makanan berikut ini!

Memasuki usia 40-an, para wanita pasti ingin tetap cantik dengan memiliki kulit wajah kencang, sehat, dan jauh dari penuaan dini. Meski tidak bisa dihindari, penuaan bisa dicegah agar tidak cepat-cepat datang. Caranya adalah dengan perawatan dan konsumsi makanan yang tepat.

Seiring bertambahnya usia, apa yang Anda makan akan sangat memengaruhi kebugaran, kualitas hidup, risiko penyakit, dan juga penampilan diri. Jika ingin tampil tetap cantik dan bebas penuaan dini, maka mulai sekarang Anda harus memerhatikan apa yang dikonsumsi.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran adalah cara paling aman dan paling sehat untuk memerangi kulit kusam, garis-garis halus, dan penuaan dini. Selain itu, masih ada banyak makanan lainnya yang wajib diperhatikan.

BACA JUGA: Wajib Dicoba, Ini Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah untuk Usia 40-an!

Makanan yang Cegah Penuaan Dini

semangka

Ini dia deretan makanan yang bantu cegah penuaan dini dan wajib Anda konsumsi, terutama untuk usia 40-an.

1. Semangka

Buah segar yang satu ini wajib sekali dikonsumsi untuk Anda yang ingin mencegah penuaan dini. Di dalamnya terkandung vitamin A, C dan E, yang semuanya terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

Ada juga kandungan antioksidan kuat, seperti likopen yang merupakan makanan utama kulit agar awet muda. Semangka juga mengandung 92% air dan bantu menghidrasi kulit agar tetap terhidrasi, lembap, dan bersinar.

2. Kaldu tulang

Kaldu tulang mengandung banyak kolagen, dan itu jadi alasan penting kenapa Anda sangat wajib mengonsumsi makanan yang satu ini untuk cegah penuaan dini. Mengkonsumsi kolagen juga bisa membantu mengurangi kulit kering yang disebabkan karena sinar matahari jahat.

3. Aneka buah berry

Aneka buah beri, seperti stoberi, bluberi, rasberi, hingga gojiberi adalah buah-buahan yang bisa bantu Anda terlihat awet muda. Buah-buahan tersebut, termasuk bluberi, adalah sumber vitamin C, serat, dan nutrisi yang sangat baik, seperti antioksidan dan anti-inflamasi yang melawan oksidasi penuaan.

4. Dark chocolate

Kabar baik bagi Anda pecinta cokelat. Ternyata makanan yang satu ini, terutama dark chocolate, menawarkan manfaat anti-penuaan yang cukup banyak.

Biji kakao, bahan utama pada cokelat hitam, mengandung antioksidan yang bisa mengurangi peradangan akibat paparan sinar UV, meningkatkan sirkulasi, dan menjaga kelembapan kulit. Namun, perhatikan juga kandungan gula dalam dark chocolate Anda, ya. Pilih yang paling rendah gulanya!

BACA JUGA: 5 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an, Ternyata Mudah!

5. Kale

Bukan tanpa alasan kale dapat sebutan superfood. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinics in Dermatology, kale terbukti kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang dapat meningkatkan elastisitas dan memberikan hidrasi pada kulit serta lemak di bawah kulit Anda.

Lutein secara khusus juga melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

6. Avokad

penuaan dini

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam avokad sangat tinggi dan itu bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan mendukung membran kulit yang sehat. Sedangkan kandungan antioksidannya yang tinggi bisa melawan radikal bebas yang merusak dan membuat kulit menua.

7. Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan likopen, sejenis karotenoid yang memberi warna merah pada tomat dan bertindak sebagai antioksidan untuk membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan melawan penuaan dini.

Mengonsumsi tomat dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun atau alpukat, secara signifikan bisa meningkatkan penyerapan likopen tubuh.

8. Pepaya

Pepaya mengandung berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalisir munculnya garis-garis halus dan kerutan. Ada vitamin vitamin A, B, C, K, dan E, kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor.

Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang punya manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi alami terbaik.

9. Paprika merah

Paprika merah kaya akan antioksidan yang paling baik mencegah penuaan dini, yaitu karotenoid. Sifat anti-inflamasi di dalamnya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan. Selain itu ada juga kandungan vitamin C yang tinggi untuk bantu produksi kolagen tubuh.

BACA JUGA: Ingin Tubuh Ramping Setelah Usia 40-an, Hindari 5 Kebiasaan Makan Ini Menurut Ahli

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top