Now Reading
Tips Parenting Ridwan Kamil: Keluarga adalah Pondasi Peradaban Masa Depan

Tips Parenting Ridwan Kamil: Keluarga adalah Pondasi Peradaban Masa Depan

Dhevita Wulandari
tips parenting ridwan kamil

Mari intip bagaimana penerapan dan tips parenting Ridwan Kamil bersama sang istri untuk ketiga anak mereka. Bisa dicontoh dan diterapkan juga di keluarga Mommies, nih!

Menjabat sebagai seorang Gubernur Provinsi Jawa Barat yang tegas, ternyata Ridwan Kamil juga dikenal sebagai sosok lucu dan ramah. Beliau juga menjadi panutan para orangtua dalam membesarkan dan mendidik anak-anaknya.

Bernama lengkap Dr. (H.C.) H. Mochamad Ridwan Kamil, ST., M.U.D., sosok pria yang dikenal dekat dengan sapaan ‘Kang Emil’ ini memiliki dua orang anak dari pernikahannya dengan Atalia Praratya Kamil. Kedua anaknya yaitu Emmiril Khan Mumtadz dan Camillia Laetitia Azzahra.

Pada 2020 lalu, Ridwan Kamil mengenalkan kepada publik anak bungsu yang diadopsinya bernama Arkana Aidan Misbach (2thn).

Ridwan Kamil dan keluarga juga kerap membagikan momen kedekatan mereka pada publik. Tentunya, ia bersama sang istri menerapkan gaya parenting yang sesuai untuk anak-anak dan juga untuk dirinya dan sang istri.

BACA JUGA: Tips Parenting dari 5 Pemimpin Dunia

Ini beberapa tips parenting ala Ridwan Kamil dan istri yang bisa Mommies contoh dan terapkan dalam keluarga.

Melibatkan keluarga dalam segala kegiatan

Menjadi orang nomor satu di Jawa Barat, jadwal pekerjaan seorang Ridwan Kamil pasti sangat padat dan sibuk. Namun hal ini bukan menjadi alasan untuk tidak dekat dengan keluarga. Ia dan istrinya sering melibatkan kedua anaknya, Emmiril dan Camillia, dalam kegiatan mereka.

Hal ini bertujuan agar anak-anak mengerti bagaimana kesibukan kedua orangtuanya, dan dalam waktu yang sama tetap dapat merasakan kebersamaan keluarga. Ridwan Kamil dan istrinya juga turut menyempatkan quality time dan menghabiskan waktu bersama keluarga di setiap momen spesial, seperti hari ulang tahun dan lebaran.

Foto: Instagram Atalia Praratya

Mencontohkan sifat teladan pada anak

Kang Emil bersama sang istri, Atalia, sepakat untuk mendidik dan mencontohkan sifat teladan pada anak-anaknya. Contohnya saat sedang kumpul keluarga, semua orang harus berhenti sejenak dari pekerjaan dan memperkuat komunikasi antar individu di dalam keluarga.

Dalam sebuah wawancara yang dikutip dari Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud, Atalia mengatakan, “Kami berikan keteladanan, saat berkumpul, kami lepaskan HP, sehingga anak-anak juga melakukan hal yang sama. Children see, children do. Agar anak-anak tidak kecanduan gadget harus dimulai dari ibu dan bapaknya.”

Selain itu, Ridwan Kamil dan istri juga turut membiasakan membaca buku di depan anak-anaknya. Hal ini juga membuat kedua anaknya sejak kecil rajin ke perpustakaan, toko buku, dan ke tempat-tempat permainan yang bernilai edukasi.

Mereka juga memiliki perpustakaan di rumah yang awalnya dibuat dari kebiasaan Ridwan Kamil yang hobi membaca buku. Sampai akhirnya kebiasaan ini pun turun kepada kedua anaknya saat sudah dewasa.

Menerapkan demokrasi

Ridwan Kamil dan istri juga memberikan contoh dan pembiasaan baik sejak dini pada anak-anaknya. Hal ini dilakukan dengan menerapkan demokrasi dalam keluarga untuk menyampaikan aspirasi, keinginan, dan harapan.

Ketika anak-anak memberikan aspirasi, tugas orangtua adalah dengan tetap mengarahkan tanpa melepas proses pertumbuhan si anak. Biasanya, penerapan demokrasi dalam keluarga mereka lakukan dengan berdiskusi bersama.

Pentingnya pendidikan agama sejak kecil

Menurut Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia, penerapan pendidikan agama menjadi yang utama. Keduanya percaya bahwa jika pemahaman agama diterapkan sejak dini, apapun kesibukannya dan dimanapun godaannya, anak-anak pasti akan kembali pulang dan berkumpul bersama kedua orangtuanya.

Dikutip dari sebuah buku berjudul ‘Belajar Parenting Sebelum Nikah, Why Not?’, Ridwan Kamil memberikan sebuah quote menarik dan inspiratif tentang keluarga.

Keluarga adalah tempat kita berlabuh dan pondasi peradaban masa depan.” – Ridwan Kamil

BACA JUGA: Tips Parenting Benedict Cumberbatch: Pendidikan Itu Nomor Satu

Cover image: Instagram Atalia Praratya

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top