banner-detik
EDUCATION

15 Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak yang Aman dan Menambah Ilmu

author

Katharina Menge13 May 2022

15 Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak yang Aman dan Menambah Ilmu

Kini ada banyak pilihan game edukasi yang diperuntukan khusus bagi anak-anak. Mommies bisa membantu memilih beberapa untuk si kecil bermain sambil belajar.

Seperti namanya, game edukasi anak memang dirancang untuk mengajarkan si kecil berbagai kemampuan yang dikemas dalam permainan yang menyenangkan. Sebagai orang tua, memilih permainan untuk anak dengan tepat adalah sebuah keharusan.

Namun bukan karena permainan ini mendidik malah membuat Anda membiarkan anak bermain lama-lama sampai lupa waktu. Penting juga untuk tetap memberikan batasan waktu agar anak tidak terpapar berlebihan dengan anek permainan online.

BACA JUGA: Ketahui 6 Manfaat Anak Main Game Online Sebelum Melarang

Game Edukasi Anak yang Aman untuk Si Kecil

Ini dia beberapa rekomendasi game edukasi untuk anak-anak di berbagai usia!

1. Endless Alphabet

game edukasi anak

Untuk anak usia: 4-10 tahun

Kegiatan belajar mengenal huruf jadi lebih menyenangkan untuk anak. Karena game edukasi ini anak menampilkan karakter-karakter kartun yang lucu dan piliha fitur permainan yang seru.

2. Khan Academy Kids

Untuk anak usia: 2-8 tahun

Lewat game edukasi anak yang satu ini, si kecil bisa belajar lewat ribuan permainan yang beragam. Anak bisa belajar tentang matematika, belajar bahasa, membaca, menulis, hingga perkembangan sosial-emosional diri.

3. Logic Games for Kids – Marbel

Untuk anak usia: 3 tahun ke atas

Di dalam game edukasi anak ini, si kecil akan diajak bermain peran dalam 7 kerajaan. Masing-masing memiliki puluhan level dan kostum. Mulai dari berpikir kritis, kreatif, hingga berkolaborasi akan dipelajarinya.

4. Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Untuk anak semua usia

Jangan takut anak tidak bisa menyusun puzzle dalam game edukasi ini, sebab kepingannya mengikuti usia anak. Untuk anak usia 3-5: 12-50 buah, 5-6: 50-100 buah, 6-7: 100-200 buah, dan seterusnya.

5. Doctor Kids

Untuk anak usia: 4 tahun ke atas

Ingin si kecil menjadi dokter dan melihat minatnya? Coba unduh game edukasi ini dan dampingi anak bermain. Mereka akan diajak mengenal pekerjaan dokter, seperti memeriksa gigi, mata, hingga menggunakan mikroskop.

6. Cooking Mama: Let’s Cook!

Untuk anak usia: 4 tahun ke atas

Bukan hanya anak perempuan, game edukasi ini juga boleh dimainkan anak laki-laki, lho! Mereka diajak untuk berpikir cepat, kritis, dan juga mengasah daya ingat lewat susunan resep yang harus dibuat.

BACA JUGA: Hati-hati! Begini Cara Memilih Games yang Aman untuk Anak

7. Barefoot World Atlas

game edukasi anak

Untuk anak usia: 4 tahun ke atas

Kalau mau mengajarkan anak tentang budaya dunia dan geografi, maka game edukasi yang satu ini patut dicoba. Dia bisa menjelalah berbagai negara dan menyelesaikan kuis-kuis menarik.

8. Mazaam – The Musical Genius

Untuk anak usia: 4 tahun ke atas

Asah bakat musik anak sejak dini lewat game yang satu ini. Mereka bisa belajar tempo, nada, hingga harmoni dengan mudah. Visualnya juga menarik sehingga bisa membuat anak senang memainkannya.

9. Kahoot! DragonBox Numbers

Untuk anak usia: 4 tahun ke atas

Belajar matematika akan lebih menyenangkan lewat permainan, dan game yang satu ini bisa membantu Anda mengajari si kecil. Dibantu dengan visual yang lucu, anak pasti akan senang bermain lama-lama.

10. Candy Crush Saga

Untuk anak usia: 5 tahun ke atas

Anak akan belajar mengenal warna dan menyusunnya untuk mendapatkan poin serta menuntaskan misi. Mereka akan diasah untuk berpikir kreatif dengan cepat.

11. ScratchJr

Untuk anak usia: 5 tahun ke atas

Belajar coding sejak dini bisa juga lewat permainan, lho. Salah satunya adalah ScratchJr. Dalam permainan ini anak bisa membuat program dan kode untuk cerita serta permainannya sendiri.

12. DuoLingo ABC

Untuk anak usia: 3-7

Yuk, ajak si kecil belajar mengenal abjad lewat aplikasi yang satu ini. Sambil mengenal abjad, indra pendengaran dan kemampuan bicara anak akan diasah sambil bermain.

13. Educational Games. Memory

Untuk anak usia: 3-10 tahun

Seperti namanya, permainan ini akan mengasah daya ingat anak. Mereka akan diajakn untuk mencoba 3 level, yaitu easy, medium, dan hard. Masing-masing akan mengajak anak mencari gambar berbeda, mengingat barang, dan lainnya.

14. Kids Brain Trainer

Untuk anak usia: 6-11 tahun

Meski tampilannya seperti mainan anak, tetapi game ini juga seru dimainkan oleh orang dewasa, lho. Dengan memainkan game ini, si kecil diajak berhitung, mencocokkan gambar, dan mengoleksi gambar.

15. DuoLingo

Untuk anak usia: 7 tahun ke atas

Setelah bisa membaca dan memasuki usia sekolah dasar, anak bisa diajak bermain sambil belajar bahasa asing. Duolingo menyediakan pilihan 40 bahasa, mulai dari Inggris, Korea, Jepang, dan lainnya.

BACA JUGA: 7 Game Online untuk Anak yang Ternyata Mendidik dan Ajarkan Ilmu Baru

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS