Now Reading
7 Game Online untuk Anak yang Ternyata Mendidik dan Ajarkan Ilmu Baru

7 Game Online untuk Anak yang Ternyata Mendidik dan Ajarkan Ilmu Baru

Terlihat seperti hiburan, anak ternyata belajar banyak ilmu baru dari deretan game online yang dia mainkan setiap hari.

Semakin berkembangnya zaman membuat anak-anak tidak bisa lepas dari gadget, teknologi, dan yang namanya game online. Apalagi kondisi pandemi beberapa tahu belakangan membuat ruang gerak anak sangat terbatas dan memaksa mereka mencari hiburan di dunia maya.

Mungkin banyak orang tua yang ketakutan anaknya kecanduan game online dan melupakan tugas utamanya untuk belajar. Untuk masalah tersebut bisa diakali dengan memberikan jadwal ketat untuk anak. Sedangkan untuk game onlinenya sendiri, ternyata tidak hanya berguna sebagai hiburan dan mengisi waktu luang anak, lho.

Sebab kini ada banyak permainan online yang disebut ‘edutaining’ (education + entertaining) alias mendidik dan juga memberikan hiburan pada si kecil. Terlihat seperti permaian yang menyenangkan yang secara tak sadar juga mengajarkan sesuatu pada anak, dengan cara yang tidak mereka duga.

BACA JUGA: Ketahui 6 Manfaat Anak Main Game Online Sebelum Melarang

Aneka Game Online Anak dan Ilmu di Dalamnya

Ini dia daftar aneka game online yang biasa dimainkan anak-anak beserta deretan ilmu yang bisa dipetik oleh mereka.

1. Minecraft

game online untuk anak

Minecraft adalah game online dengan konsep membangun dunia. Saat bermain ini anak akan diajak untuk menjelajahi aneka tempat, mengumpulkan sumber daya, membuat alat, dan terlibat dalam pertempuran ringan untuk mendapatkan sesuatu.

Selain mengajarkan anak untuk kreatif dalam membangun dunianya, Minecraft ajarkan kerja tim dan motivasi untuk meningkatkan keterampilan anak dalam membaca dan berhitung.

Untuk anak usia: 7 tahun ke atas

2. The Little Big Planet series

Permaian ini mengajak anak untuk mengikuti petualangan Sackboy dan teman-temannya. Dua game pertama sebagian besar adalah platform-jumping dan menghindari rintangan untuk mencapai level berikutnya. Anak juga bisa membuat level mereka sendiri, menyesuaikan karakter, atau membangun aneka alat kompleks di level tersebut.

Lewat permainan ini anak belajar menggunakan logika, keterampilan orientasi spasial, desain, dan memecahkan masalah.

Untuk anak usia: 7 tahun ke atas

3. Super Mario Bros

Walau bisa dibilang berusia lama, ternyata anak-anak zaman sekarang masih ada yang gemar memainkan game online yang satu. Sepanjang bermain, anak akan diajak untuk mengeksplorasi aneka ruang dan menemukan banyak hal-hal tersembunyi yang bisa menjadi senjata dan membantu mereka mencapai garis akhir.

Ketika gagal, anak diberi kesempatan untuk mengulang dan menghindari kesalahan sebelumnya dengan mencari cara baru yang memaksanya jadi kreatif tanpa disadari.

Untuk anak usia: 6 tahun ke atas

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Games Seru untuk Main Bareng Anak

4. Mobile Legends

game online untuk anak

Game online yang satu ini termasuk yang sedang digandrungi anak-anak. Lewat permainan ini mereka belajar mengatur strategi dengan rekan satu tim, memahami kelebihan dan kekurangan tokoh yang yang dimainkan serta memaksimalkan kekuatannya, hingga kesabaran dan ketekunan untuk terus berusaha karena epic comeback bisa datang di saat yang tak terduga, termasuk di akhir permainan.

Untuk anak usia: 12 tahun ke atas

5. Battle Royale

Ada banyak jenis game online dengan genre battle royale yang mengumpulkan beberapa pemain yang kemudian saling mengeliminasi hingga akhirnya tersisa satu pemenang. Mulai dari PUBG Mobile, Free Fire, Call of Duty Mobile, Rules of Survival, dan banyak lainnya.

Dalam permainan ini anak belajar bertahan hidup ketika dia ditempatkan di sebuah area yang mungkin kurang familiar. Dia harus mengasah otak untuk membuat playernya bertahan hidup dan diajak untuk memecahkan masalah yang ditemuinya dalam setiap langkah yang diambil.

Untuk anak usia: 13 tahun ke atas

6. Candy Crush Saga

Tak hanya anak-anak, orang tua juga bisa dibilang sering kecanduan game online yang satu ini. Selain menyenangkan, tampilan game yang penuh warna membuat tampilannya menyegarkan hari-hari. Anak akan belajar mengenal warna dan menyusunnya untuk mendapatkan nilai.

Ketika ada target yang harus dituju, si kecil diajak untuk fokus menyelesaikannya agar bisa naik level. Ketika menghadapi kegagalan, biasanya saat main candy crush anak akan terus mencoba sampai berhasil dan itulah nilai yang bisa ditanamkan lewat permainan ini.

Untuk anak usia: 5 tahun ke atas

7. The Sims

Di balik game online yang dianggap kontoversial ini, ternyata ada beberapa pelajaran yang mendidik dan bisa dipetik, lho. Mulai dari pentingnya menjaga interaksi dan pertemanan dengan pemain lain, menjaga penampilan diri, hingga mempelajari keterampilan baru agar mendapatkan pekerjaan. Semuanya mirip dengan hal yang perlu dilakukan sehari-hari, kan?

Untuk anak usia: 12 tahun ke atas

BACA JUGA: 8 Alasan Kenapa Anak Suka Game Among Us

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top