banner-detik
LIFESTYLE

5 Rekomendasi Bahan Aktif Skincare untuk Memudarkan Bintik Hitam, Sudah Terbukti!

author

Dhevita Wulandari11 Apr 2022

5 Rekomendasi Bahan Aktif Skincare untuk Memudarkan Bintik Hitam, Sudah Terbukti!

Bahan aktif dalam skincare bisa menghilangkan bintik hitam pada wajah? Penasaran ada apa saja? Cek beberapa rekomendasinya di sini ya, Mommies!

Mommies, pernahkah merasa tidak nyaman dengan bintik hitam atau dark spot di wajah? Bintik hitam atau dark spot biasanya muncul di sekitar pipi dan hidung yang disebabkan oleh pigmentasi kulit yang berlebihan (hiperpigmentasi). 

Hiperpigmentasi ini disebabkan oleh kulit yang memproduksi terlalu banyak melanin. Biasanya diakibatkan paparan sinar matahari, iritasi, penuaan, dan penyebab lainnya. Meski cenderung tidak berbahaya, adanya bintik hitam di wajah seringkali mengganggu penampilan dan membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Skincare Halal Lokal, Mana Favorit Mommies?

Tapi jangan khawatir dulu, Mommies. Mengutip dari Medical News Today dan Self.com, ada beberapa kandungan aktif dalam serum pencerah wajah yang dapat membantu menyamarkan bintik hitam di wajah. 

1. Hydroquinone

Hydroquinone merupakan bahan aktif yang dikenal sejak puluhan tahun mampu mengatasi bintik hitam di wajah. Bahan aktif yang satu ini bekerja dengan menghambat enzim tirosinase yang memproduksi melanin, penyebab hiperpigmentasi.

Para pakar menyarankan Hydroquinone digunakan hanya di area munculnya bintik hitam saja. Hal ini dikarenakan bahan aktif ini memiliki efek samping yang berpotensi untuk mencerahkan kulit tanpa sengaja di luar area yang ditargetkan.

2. Kojic Acid (Asam Kojic)

Kojic acid adalah bahan aktif yang berasal dari jamur atau beras yang difermentasi. Biasanya bahan ini digunakan dalam produk pencerah kulit dan mampu memberikan hasil maksimal saat digunakan bersama Hydroquinone.

Bahan aktif yang satu ini bermanfaat menekan faktor kunci dalam aktivitas sel pigmen, sehingga bintik hitam pada wajah dapat diatasi. Namun jika Mommies memiliki kulit sensitif, perlu untuk perhatikan kadarnya penggunaannya agar menghindari efek samping berupa iritasi atau peradangan. 

Menggunakan Kojic Acid untuk memperbaiki hiperpigmentasi juga diperlukan kesabaran, karena bahan ini membutuhkan waktu beberapa bulan hingga hasilnya terlihat.

BACA JUGA: 5 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an, Ternyata Mudah!

3. Retinoid

Nama Retinoid mungkin sudah sering terdengar karena biasa ditemukan dalam kandungan skincare. Tapi tahukah Mommies kalau sebenarnya Retinoid merupakan turunan dari vitamin A?

Bahan aktif ini berfungsi untuk meningkatkan pergantian sel-sel kulit baru dan membantu memudarkan bintik hitam. Namun, penggunaan Retinoid ini harus diperhatikan karena memiliki kondisi khusus, salah satunya tidak boleh digunakan pada ibu hamil. Hal ini karena kandungan vitamin A di dalamnya dapat menyebabkan anomali kelahiran.

Retinoid juga mampu meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Sehingga, penting sekali untuk menggunakan SPF yang aman di wajah setiap hari setelah atau saat menggunakan bahan aktif ini.

4. Vitamin C

Siapa yang tidak kenal kandungan vitamin C dalam skincare? Vitamin C memang bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam, tapi bukan berarti Mommies bisa mengoleskan jus atau ekstrak jeruk secara asal langsung ke kulit wajah.

Vitamin C sebagai bahan aktif yang sudah teruji klinis biasanya digunakan sebagai antioksidan topikal yang membantu mencegah dan menghambat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit, yang jika dibiarkan dapat memunculkan kerutan, kulit kusam, hingga bintik gelap pada wajah.

Bahan aktif ini juga dapat membantu mencerahkan area pigmentasi yang bermasalah sesuai targetnya. Sehingga, bagian kulit lainnya tidak ikut terdampak oleh bahan yang satu ini. Para pakar juga menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen terlebih dulu sebelum menggunakan skincare dengan bahan aktif vitamin C di pagi hari.

5. Symwhite 377

Masih asing terdengar namanya, Symwhite 377 atau yang juga dikenal dengan Phenylethyl Resorcinol merupakan bahan aktif yang bermanfaat sebagai pencerah kulit. Bahan aktif ini juga mampu mengatasi masalah bintik hitam di wajah yang mengganggu penampilan.

Selain mencerahkan dan memudarkan bintik hitam di wajah, Symwhite 377 ini juga diketahui mampu meratakan warna kulit dan berfungsi menghambat pergerakan enzim Tirosinase yang menjadi salah satu penyebab pembentukan pigmen gelap di kulit.

BACA JUGA: Cegah Penuaan Dini, Ini 9 Rekomendasi Toner untuk Usia 40-an Mulai dari 35Ribuan

Sumber artikel dari sini.

Cover image: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS