9 Rekomendasi Skincare Halal Lokal, Mana Favorit Mommies?

Dhevita Wulandari
skincare halal

Memilih skincare dengan kandungan yang baik tentu akan menghasilkan hasil yang baik pula. Beberapa rekomendasi skincare halal ini bisa jadi solusinya.

Kebanyakan orang memilih dan membeli skincare dan makeup untuk tujuan mempercantik diri. Namun, sebagian lainnya belum memahami betapa pentingnya untuk menggunakan skincare yang halal.

Dikutip dari situs resmi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Sertifikat Halal (SH) / Ketetapan Halal (KH) MUI adalah dokumen yang diterbitkan berdasarkan fatwa tertulis Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syari’at Islam. Sertifikat Halal/Ketetapan Halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang.

Tujuan sertifikasi halal adalah untuk memberikan kepastian status kehalalan, sehingga dapat menentramkan batin konsumen dalam menggunakan atau mengonsumsinya. Beberapa kriteria skincare halal antara lain tidak mengandung alkohol, animal cruelty free, dan terdapat label MUI dan BPOM. Lalu apa saja brand skincare halal yang ada di Indonesia? 

BACA JUGA: Cegah Penuaan Kulit, Ini 9 Rekomendasi Toner untuk Usia 40-an Mulai dari 35Ribuan

1. Wardah

skincare halal

Siapa yang tidak kenal dengan brand yang satu ini? Wardah merupakan brand kecantikan lokal yang peduli dan memahami keinginan setiap wanita Indonesia dalam mewujudkan penampilan yang nyaman. Memiliki filosofi Halal Green Beauty, Wardah memiliki produk skincare dan makeup yang halal, natural, alcohol free, cruelty free, dan sudah BPOM. Formula yang dimiliki Wardah juga dibuat langsung oleh para ahli dalam dan luar negeri. 

2. Emina

Sister brand dari Wardah ini juga sudah BPOM dan halal. Memang pada umumnya Emina diperuntukkan untuk remaja karena harga produk yang terjangkau dan desain produk yang lucu-lucu dan menarik. Namun, Mommies tetap bisa menggunakannya juga kok. Mulai dari skincare hingga makeup, Mommies bisa pilih dan coba sesuai dengan kebutuhan.

3. Avoskin

Avoskin juga sudah mengantongi label halal karena hanya menggunakan bahan-bahan alami, dapat didaur ulang, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak mengandung bahan-bahan yang non-halal, dan menghindari produk yang diujikan pada hewan. Tentunya, semua produk Avoskin sudah secara resmi terdaftar di BPOM. Brand lokal satu ini menyediakan berbagai produk skincare wajah yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan kulit. 

4. ERHA

Diformulasikan oleh tim dermatologis berpengalaman dan terus berinovasi di ERHA Institute, produk skincare dari ERHA halal dan ramah di kulit. Tidak hanya itu, produk-produk dari ERHA memiliki formula terbaik yang sudah melewati uji klinis Research & Innovation, dan terbukti efektif serta aman dikonsumsi.

5. Somethinc

Salah satu brand skincare dan makeup di Indonesia, Somethinc, juga sudah memiliki sertifikasi halal sejak 2019. Selain 100% kehalalan produknya dan sudah BPOM, kualitas setiap produknya pun sudah terjamin. Produk-produk Somethinc juga mendukung cruelty free dan tidak mengujikan produk pada hewan atau animal testing. Bagi pecinta vegan, Somethinc memiliki produk vegan friendly yang tidak mengandung bahan hewani.

BACA JUGA: Jaga Elastisitas Kulit, Ini 6 Rekomendasi Moisturizer untuk Usia 40-an

6. Mazaya

Produk-produk Mazaya diciptakan dengan mengedepankan pemakaian produk halal. Produk perawatan Mazaya juga sudah BPOM dan mendapatkan sertifikasi dari MUI. Selain rangkaian produk skincare dan makeup, Mazaya juga memiliki rangkaian produk bodycare, lho!

7. Sariayu

Sariayu mendapatkan label halal untuk produk skincare wajah pada 2012 lalu. Tentunya, brand lokal yang satu ini juga sudah BPOM ya, Mommies. Sariayu diproduksi dengan bahan-bahan alami dan bebas kandungan berbahaya, sehingga aman dan tidak akan membuat kulit teriritasi. Hal penting lainnya juga, brand ini diproduksi sesuai keberlanjutan lingkungan. Selain skincare, Sariayu juga punya bodycare, haircare, hingga makeup. Sudah bagus, aman, harganya pun terjangkau!

8. Viva

Viva Cosmetics juga sudah memiliki BPOM dan teruji halal dari MUI. Seiring berkembangnya, Viva tidak hanya memiliki produk skincare saja, tapi juga bodycare, haircare, hand care, parfum, hingga makeup. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti bengkuang, timun, dan sebagainya, produk Viva memiliki harga yang terjangkau, serta hasil penggunaan yang baik dan tidak jauh dari produk-produk mahal lainnya.

9. Mineral Botanica

skincare halal

Mineral Botanica menggunakan mineral dan ekstrak tumbuhan, lalu menggabungkannya dengan teknologi untuk menciptakan produk makeup, skincare, dan bodycare. Sesuai dengan namanya, brand lokal yang satu ini peduli terhadap lingkungan sehingga selalu berupaya untuk menggunakan bahan-bahan yang dapat didaur ulang, tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan menghindari uji coba pada hewan. Tentunya Mineral Botanica sudah terdaftar BPOM dan halal.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Eye Cream untuk Usia 40-an, di Bawah Rp200 Ribu

Featured image: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top