Now Reading
5 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an, Ternyata Mudah!

5 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an, Ternyata Mudah!

Dhevita Wulandari
menurunkan berat badan

Semakin bertambah usia, kebanyakan orang mengalami penambahan berat badan. Jangan khawatir, karena 5 cara ini bisa menurunkan berat badan dengan mudah.

Saat seseorang memasuki usia 40-an, pada umumnya kepribadiannya akan menjadi lebih dewasa dan bijaksana, lebih percaya diri, dan kesadaran diri pun meningkat. Namun, tidak dipungkiri masih banyak perempuan yang sulit membiasakan diri dengan perubahan fisiknya saat mencapai usia 40-an. Salah satunya adalah perubahan berat badan.

Seiring bertambahnya usia, lipid atau lemak dalam jaringan sel akan berkurang dan menyebabkan bertambahnya berat badan dan terjadi kegemukan.  Selain itu, laju metabolisme basal atau jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh juga mulai menurun. Hal ini akan menyebabkan seseorang menjadi mudah gemuk atau mengalami kenaikan berat badan meskipun sudah menjaga pola makan dan melakukan olahraga secara teratur.

BACA JUGA: Ingin Tubuh Ramping Setelah Usia 40-an, Hindari 5 Kebiasaan Makan Ini Menurut Ahli

Padahal, menurunkan berat badan di usia 40-an ternyata tidak sulit lho, Mommies. Mengutip dari Health, ini 5 cara mudah untuk menurunkan berat badan di usia 40-an.

Jangan kurangi karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi tubuh. Ketika asupan karbohidrat berkurang, nutrisi penting dari karbohidrat bagi tubuh juga akan berkurang dan dapat menyebabkan efek samping seperti sembelit dan kelelahan.

Pada dasarnya, karbohidrat tidak menyebabkan obesitas. Di usia 40-an, kebutuhan karbohidrat harian tubuh akan menurun. Jadi, alih-alih mengurangi asupan karbohidrat, lebih baik konsumsi karbohidrat dalam jumlah sedang dan tidak melebihi kebutuhan bahan bakar tubuh.

Perbanyak makan sayur

Yang terbaik adalah makan sayuran sebelum makan makanan lain. Hal ini karena sayuran dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin, serta memperbaiki dan melancarkan pencernaan.

Untuk memiliki berat badan yang seimbang, pastikan untuk mengonsumsi sayuran dengan protein dan karbohidrat tanpa lemak sesuai kebutuhan. Sehingga berat badan tetap aman, nutrisi tubuh pun tetap tercukupi.

BACA JUGA: Jaga Elastisitas Kulit, Ini 6 Rekomendasi Moisturizer untuk Usia 40-an

Hindari minuman beralkohol

Berdasarkan penelitian, perempuan yang minum terlalu banyak alkohol memiliki risiko besar mengalami obesitas. Hal ini karena alkohol dapat merangsang nafsu makan dan membuat seseorang makan lebih banyak daripada sebelumnya.

Terlalu banyak minum alkohol juga dapat mengganggu kualitas tidur yang nantinya juga akan berpengaruh pada kenaikan berat badan. Jika terbiasa mengonsumsi alkohol, cobalah menguranginya secara bertahap.

Hindari makanan olahan

Penelitian menunjukkan bahwa beralih dari makanan olahan ke makanan utuh bisa meningkatkan pembakaran kalori. Ini berarti, makan makanan utuh dapat membantu menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan kalori.

Konsumsi dark chocolate

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi dark chocolate setiap hari dapat mengurangi keinginan untuk makan makanan manis dan asin. Dark chocolate juga dapat membantu mengurangi stres yang merupakan pemicu utama emotional eating.

Lima kotak dark chocolate 70 persen mengandung kurang dari 250 kalori. Tetapi juga mengandung antioksidan, serat, magnesium, dan mineral lain yang berhubungan dengan relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan suasana hati yang lebih baik.

BACA JUGA: Cegah Penuaan Kulit, Ini 9 Rekomendasi Toner untuk Usia 40-an Mulai dari 35Ribuan

Sumber artikel dari sini.

Cover image: Photo by Towfiqu barbhuiya on Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top