Now Reading
10 Rekomendasi Kursus Online untuk Digital Marketing

10 Rekomendasi Kursus Online untuk Digital Marketing

Dhevita Wulandari
Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/crop-college-student-using-laptop-in-park-4497761/

Sudah memasuki era yang serba digital, rekomendasi kursus online digital marketing ini bisa dicoba untuk meningkatkan skill. Pelaku bisnis wajib tahu!

Istilah digital marketing pasti sudah tidak asing lagi saat ini. Digital marketing sendiri sudah menjadi bentuk pemasaran yang menjadi salah satu faktor kunci utama dalam dunia bisnis sekarang. Dengan teknologi yang bisa menjangkau siapa saja dan di mana saja tanpa batasan wilayah, mencapai audiens bisa dilakukan dengan waktu yang cepat, tepat, dan mudah.

Makin banyak perusahaan dan bisnis yang mengedepankan pemasaran digital, semakin banyak pula jasa yang menyediakan kursus untuk belajar digital marketing agar seseorang dapat menjadi digital marketer yang andal dan up to date dengan tren. Berikut beberapa rekomendasi kursus online untuk belajar digital marketing, Mommies juga bisa ikut kursusnya, lho!

BACA JUGA: 8 Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dicoba

Google Digital Garage – Fundamentals of Digital Marketing

Sudah diakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University, Google Digital Garage menyediakan dasar-dasar digital marketing dengan kursus gratis dan memiliki 26 modul untuk dipelajari. Semua modul tentunya dibuat oleh para pelatih dari Google. Kursus digital marketing ini cocok sekali untuk diikuti oleh pemula yang baru belajar tentang digital marketing. Pengguna bisa memilih modul yang ingin dipelajari dan bisa juga menyelesaikan semua modul untuk mendapatkan sertifikasi di akhir kursus online.

Mendapatkan sertifikasi menunjukkan kepada para pemberi kerja bahwa pengguna yang sudah menyelesaikan kursus memiliki pemahaman yang jelas mengenai konsep inti dari digital marketing. Sertifikasi ini juga berguna lho untuk ditambahkan ke dalam CV dan dapat dengan mudah diunggah ke profil LinkedIn.

Google Analytics Academy

Sesuai namanya, Google Analytics Academy adalah kursus digital marketing gratis yang diberikan oleh Google untuk mengasah kemampuan menggunakan tools pada Google Ads. Di Google Analytics Academy, pengguna dapat memilih dan menyesuaikan tipe kursus yang akan diambil berdasarkan tingkat kemampuan. Dilengkapi dengan video dan transkrip teks dari video yang akan memudahkan dalam memahami pelajaran yang diberikan.

Google Analytics juga menjadi tools yang penting untuk menarik data-data yang pengguna butuhkan dalam membuat strategi pemasaran. Keuntungan lainnya adalah, setelah selesai mengikuti Google Analytic Academy, pengguna juga bisa melanjutkan untuk mengambil Google Analytics Sertificate yang sangat berguna dan bisa ditambahkan ke dalam CV nantinya.

YouTube Creator Academy

Sudah banyak sekali konten kreator yang berhasil dan populer yang dilahirkan oleh YouTube. Tidak hanya konten yang menarik, penghasilan para YouTuber juga membuat banyak sekali orang ingin mencoba membuat channel YouTube sendiri. Jika Anda adalah salah satunya, YouTube menyediakan kelas online untuk membantumu mengembangkan channel.

Dalam kelas YouTube Creator Academy, pengguna akan difokuskan pada pembuatan konten YouTube dan cara memaksimalkannya sehingga bisa mendapatkan banyak viewers dan subscribers, sebab kedua poin ini adalah inti untuk membesarkan channel YouTube. Selain itu, beberapa topik yang dipelajari mencakup cara membuat konten yang menarik dan sesuai dengan pengguna, hak cipta di YouTube hingga cara mendapatkan uang dari YouTube.

SEMRUSH Academy

SEMRUSH merupakan perusahaan dari salah satu alat digital marketing paling sukses dan sudah diakui oleh komunitas pencarian di seluruh dunia. SEMRUSH juga sudah memenangkan beberapa penghargaan sebagai rangkaian SEO software terbaik. Semua kursus dan ujian sertifikasi yang diberikan 100% gratis. Kursus dan ujiannya mencakup kedisiplinan inti dalam digital marketing, sehinggga memungkinkan pengguna kursus untuk menjadi spesialis yang serba bisa. Materi kursus juga akan diajarkan langsung oleh para pakar digital marketing terkemuka, seperti Greg Gifford, Ross Tavendale, dan Bastian Grimm.

Twitter Flight School

Rekomendasi kursus online selanjutnya dari Twitter, yang juga mempunyai kelas digital marketing untuk membantu pengguna mempromosikan bisnis dengan lebih efektif. Sesuai namanya, kelas dari Twitter ini khusus mempelajari segala hal tentang Twitter. Tidak sekadar memposting tweet, Twitter Flight School akan mengajarkan pengguna untuk membuat strategi konten yang terencana dengan baik sehingga nantinya akan dapat tepat sasaran dengan target audience, serta memaksimalkan potensi kesuksesan pengguna di Twitter.

BACA JUGA: 15 Pilihan Kegiatan Les Online untuk Anak di Saat Liburan

Facebook Blueprint

Selain Google, YouTube, dan Twitter, Facebook juga masih menjadi media sosial yang memiliki pengaruh paling besar dalam kegiatan digital marketing. Facebook mempunyai kelas digital marketing dengan lebih dari 90 modul yang bisa dipelajari agar pengguna bisa mahir menggunakan fitur bisnis yang disediakan oleh Facebook. Pada program Facebook Blueprint ini, terdapat dua tawaran sertifikasi untuk Facebook Advertising, yaitu untuk membeli (buying) dan merancang (planning). Pengguna dapat menyelesaikan modul dan juga mengikuti ujian dengan durasi 15 hingga 50 menit untuk menjadi pakar Facebook yang memiliki sertifikasi resmi.

Social Media Quickstarter

Jika Anda ingin sekaligus mempelajari digital marketing yang mencakup berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, hingga Pinterest, cobalah ikut dalam kursus yang diberikan Social Media Quickstarter ini. Kursus online ini dapat diikuti oleh pemula, sebab materi yang diberikan termasuk mudah dipahami dan dilengkapi juga dengan cara-cara hingga contoh kasus.

Udemy The Complete Digital Marketing Course

Udemy menyediakan berbagai kelas digital marketing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Udemy juga menyediakan The Complete Digital Marketing Course yang akan mengajarkan tentang berbagai materi digital marketing, mulai dari Google Adwords (PPC), Social Media Marketing, Google Analytic, SEO, dan masih banyak lagi. Pengguna juga dapat mempelajari topik lainnya, seperti cara beriklan di media online, copywriting, strategi pemasaran, dan masih banyak lagi.

Udacity

Udacity menyediakan berbagai kursus untuk belajar digital marketing. Sudah berkolaborasi dengan berbagai perusahaan digital besar seperti Google, Hootsuite, HubSpot, MailChimp, MOZ, dan Facebook, pengguna akan belajar untuk membuat konten pemasaran, menggunakan sosial media untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan kepada target audience, hingga menjalankan kampanye iklan. Ada beberapa kursus yang dapat dipilih, seperti dasar-dasar pemasaran, strategi konten, social media advertising, social media marketing, SEO, Searching Engine Marketing with Google Ads, dan masih banyak lagi.

HubSpot Academy Inbound Marketing Course

HubSpot Academy memiliki kursus Inbound Digital Marketing yang ditujukan pada professional dan juga pemasar. Dalam kursus ini, nantinya pengguna kursus akan mempelajari mengenai teknik inbound marketing, pengembangan pemahaman tentang taktik inbound marketing, dan meningkatkan keterampilan sebagai inbound marketer. Durasi pembelajaran akan memakan waktu selama kurang lebih 4,5 jam yang berisi 8 kursus, 34 video, dan 8 kuis yang disediakan. Setelah menyelesaikan semua kursus, pengguna juga akan mendapatkan sertifikasi dari HubSpot.

BACA JUGA: Online Class untuk Menambah Skill Selama di Rumah Saja

Dari 10 rekomenasi kursus online untuk belajar digital marketing di atas, mana yang paling cocok dengan kebutuhan Mommies?

Cover: Photo by Karolina Grabowska on Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top