banner-detik
ENTREPRENEUR

8 Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dicoba

author

gitalarasw20 Aug 2021

8 Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dicoba

Ada beberapa ide usaha sampingan yang bisa Mommies coba. Selain menambah penghasilan, ini juga bisa meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri Mommies. 

Untuk mendapat penghasilan tambahan, banyak orang mulai melakukan usaha sampingan. Jenisnya pun beragam dan beberapa bisa dilakukan sendiri di rumah. Modalnya juga bisa Mommies sesuaikan—ada  yang membutuhkan biaya banyak, tetapi ada juga usaha rumahan dengan dana sedikit.

Jika Mommies ingin memiliki usaha sampingan, sebaiknya pilih yang bidangnya Mommies sukai. Dengan begitu, Mommies tidak terpaksa dan merasa enjoy melakukannya. Tabungan pun bisa bertambah dari usaha sampingan ini.

Nah, apakah Mommies sudah memiliki bayangan ingin memulai usaha seperti apa? Jika belum, berikut beberapa ide usaha sampingan yang bisa dicoba:

Bisnis makanan atau katering

usaha katering

Usaha sampingan ini sangat cocok bagi Mommies yang memiliki hobi masak. Mommies bisa memulai bisnis ini dari dapur sendiri. Pilih menu yang unik dan kira-kira menggugah selera. Bisa berupa kue kering, makanan ringan, hingga makanan utama dengan lauk lengkap. Tawarkan usaha kuliner Mommies ke teman-teman dulu, sambil mempromosikannya di media sosial.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, Mommies juga bisa menyediakan paket makanan untuk orang-orang yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Mereka biasanya tidak memiliki waktu dan tenaga untuk menyiapkan makanan sendiri sehingga membutuhkan jasa katering.

Menjadi reseller atau dropshipper

Menjamurnya online shop dan e-commerce, menjadi peluang Mommies untuk memiliki usaha sampingan di bidang ini. Mommies bisa menjadi reseller atau dropshipper produk yang kira-kira dibutuhkan banyak orang. Baik itu berupa keperluan rumah tangga, aksesoris, hingga fashion.

Menjadi reseller atau dropshipper cukup mudah untuk dilakukan. Mommies tidak perlu menyediakan barangnya dari awal proses produksi. Sebagai dropshipper, Mommies hanya perlu menjual dan mempromosikan barangnya ke calon pembeli. Bahkan, Mommes tidak perlu menyediakan banyak modal.

BACA JUGA: Shanty Amalia: Menjalankan Usaha Sesuai Mimpi

Menjual hasil karya sendiri

kerajinan tangan

Jika Mommies memiliki jiwa seni dan keterampilan yang tinggi, Mommies bisa membuat karya yang kemudian dijual ke orang lain. Apabila Mommies jago melukis, silakan membuat lukisan yang bisa dipasarkan menjadi dekorasi rumah. Desain Mommies juga mungkin bisa dijadikan hiasan baju, tote bag, atau hijab. Selain itu, Mommies juga bisa membuat kerajinan tangan seperti boneka sulam atau tas rajutan.

Sambil mengasah skill dan kreativitas, Mommies pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Belum lagi rasa puas yang didapatkan ketika melihat karya Mommies menerima respons positif.

Usaha tanaman hias

tanaman hias

Mommies pasti menyadari bahwa akhir-akhir ini, banyak sekali orang yang memiliki minat baru terhadap tanaman hias. Nah, tren ini bisa Mommies manfaatkan sebagai usaha sampingan. Apalagi jika Mommies juga hobi merawat tanaman. Sambil menyelam minum air, deh! Berbisnis sambil have fun degan hobinya. Siapa tahu malah bisa berkenalan dan sharing dengan para pembeli yang tentunya sama-sama pecinta tanaman.

Manfaatkan media sosial untuk membagikan foto-foto tanaman hias yang Mommies jual. Jangan lupa juga untuk memasarkannya lewat marketplace agar lebih banyak orang yang menemukan toko online Mommies, ya.

Penasaran dengan ide usaha lainnya? Coba lihat halaman selanjutnya ya, Mommies!

Menjual secondhand stuff

declutter

Untuk memulainya, Mommies bisa memulai dari barang-barang yang ada di rumah dulu. Kumpulkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, tetapi masih layak digunakan. Selanjutnya, foto barang tersebut dengan menarik, tulis deskripsi kondisi barangnya, dan pasarkan di marketplace atau platform seperti Carousell.

Barang-barang yang sudah tidak Mommies pakai lagi, mungkin bisa menjadi harta karun untuk orang lain. Selain ramah lingkungan, usaha sampingan ini juga membantu Mommies decluttering dan membuat rumah lebih rapi!

Membuka jasa titip (jastip)

belanja

Terkadang, ada hambatan-hambatan tertentu yang membuat seseorang kesulitan memberi barang yang diinginkan secara langsung. Bisa karena keterbatasan waktu atau jarak yang jauh. Nah, di sini lah jasa titip (jastip) berperan. Sejak beberapa tahun terakhir, praktik jastip ramai dilakukan.

Sebenarnya, ini mirip-mirip dengan profesi personal shopper. Nantinya, Mommies menyediakan jasa untuk membelikan barang titipan yang diinginkan konsumen. Bisa dibilang, Mommies tidak memerlukan modal untuk melakukan bisnis ini karena uang untuk membeli barangnya sudah ditransfer konsumen terlebih dahulu. Mommies hanya perlu menyediakan waktu dan tenaga ekstra saja. Usaha sampingan ini cocok untuk Mommies yang hobi traveling, keliling mal, atau berbelanja!

BACA JUGA: Monik Wulandari: Mempertahankan Usaha di Tengah Pandemi Covid-19: Disiplin Pembukuan dan Manfaatkan Teknologi Digital.

Menjadi guru les atau pembicara

Mommies yang memiliki ilmu di bidang tertentu, bisa memanfaatkannya dengan menjadi guru les atau privat. Tidak harus berupa mata pelajaran ya Mommies, bisa juga keahlian lain seperti di bidang komputer atau media sosial, misalnya. Apalagi saat ini, banyak lembaga yang menyediakan kursus online. Mommies juga bisa melakukan hal yang sama dan menawarkan kemampuan Mommies ebagai pengajar.

Berkarya sebagai content creator

content creator

Muncul beragam platform seperti Instagram, Twitter, Youtube, dan Spotify Podcast, yang bisa menjadi sarana untuk menyalurkan pikiran dan kreativitas. Banyak orang mulai memanfaatkan platform tersebut sebagai usaha sampingan. Pilih topik yang Mommies suka dan kuasai, kemudian kembangkan kontennya. Mommies juga bisa membuat jenis konten yang dirasa paling pas, apakah itu berupa tulisan, foto, video, audio, atau bahkan gabungan semuanya.

Manakah yang menjadi pilihan Mommies?

PAGES:

Share Article

author

gitalarasw

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan