Now Reading
8 Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dicoba

8 Pilihan Usaha Sampingan di Rumah yang Bisa Dicoba

usaha sampingan di rumah

Ada beberapa ide usaha sampingan yang bisa Mommies coba. Selain menambah penghasilan, ini juga bisa meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri Mommies. 

Untuk mendapat penghasilan tambahan, banyak orang mulai melakukan usaha sampingan. Jenisnya pun beragam dan beberapa bisa dilakukan sendiri di rumah. Modalnya juga bisa Mommies sesuaikan—ada  yang membutuhkan biaya banyak, tetapi ada juga usaha rumahan dengan dana sedikit.

Jika Mommies ingin memiliki usaha sampingan, sebaiknya pilih yang bidangnya Mommies sukai. Dengan begitu, Mommies tidak terpaksa dan merasa enjoy melakukannya. Tabungan pun bisa bertambah dari usaha sampingan ini.

Nah, apakah Mommies sudah memiliki bayangan ingin memulai usaha seperti apa? Jika belum, berikut beberapa ide usaha sampingan yang bisa dicoba:

Bisnis makanan atau katering

usaha katering

Usaha sampingan ini sangat cocok bagi Mommies yang memiliki hobi masak. Mommies bisa memulai bisnis ini dari dapur sendiri. Pilih menu yang unik dan kira-kira menggugah selera. Bisa berupa kue kering, makanan ringan, hingga makanan utama dengan lauk lengkap. Tawarkan usaha kuliner Mommies ke teman-teman dulu, sambil mempromosikannya di media sosial.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, Mommies juga bisa menyediakan paket makanan untuk orang-orang yang melakukan isolasi mandiri (isoman). Mereka biasanya tidak memiliki waktu dan tenaga untuk menyiapkan makanan sendiri sehingga membutuhkan jasa katering.

Menjadi reseller atau dropshipper

Menjamurnya online shop dan e-commerce, menjadi peluang Mommies untuk memiliki usaha sampingan di bidang ini. Mommies bisa menjadi reseller atau dropshipper produk yang kira-kira dibutuhkan banyak orang. Baik itu berupa keperluan rumah tangga, aksesoris, hingga fashion.

Menjadi reseller atau dropshipper cukup mudah untuk dilakukan. Mommies tidak perlu menyediakan barangnya dari awal proses produksi. Sebagai dropshipper, Mommies hanya perlu menjual dan mempromosikan barangnya ke calon pembeli. Bahkan, Mommes tidak perlu menyediakan banyak modal.

BACA JUGA: Shanty Amalia: Menjalankan Usaha Sesuai Mimpi

Menjual hasil karya sendiri

kerajinan tangan

Jika Mommies memiliki jiwa seni dan keterampilan yang tinggi, Mommies bisa membuat karya yang kemudian dijual ke orang lain. Apabila Mommies jago melukis, silakan membuat lukisan yang bisa dipasarkan menjadi dekorasi rumah. Desain Mommies juga mungkin bisa dijadikan hiasan baju, tote bag, atau hijab. Selain itu, Mommies juga bisa membuat kerajinan tangan seperti boneka sulam atau tas rajutan.

Sambil mengasah skill dan kreativitas, Mommies pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Belum lagi rasa puas yang didapatkan ketika melihat karya Mommies menerima respons positif.

Usaha tanaman hias

tanaman hias

Mommies pasti menyadari bahwa akhir-akhir ini, banyak sekali orang yang memiliki minat baru terhadap tanaman hias. Nah, tren ini bisa Mommies manfaatkan sebagai usaha sampingan. Apalagi jika Mommies juga hobi merawat tanaman. Sambil menyelam minum air, deh! Berbisnis sambil have fun degan hobinya. Siapa tahu malah bisa berkenalan dan sharing dengan para pembeli yang tentunya sama-sama pecinta tanaman.

Manfaatkan media sosial untuk membagikan foto-foto tanaman hias yang Mommies jual. Jangan lupa juga untuk memasarkannya lewat marketplace agar lebih banyak orang yang menemukan toko online Mommies, ya.

Penasaran dengan ide usaha lainnya? Coba lihat halaman selanjutnya ya, Mommies!

Pages: 1 2
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top