Now Reading
Ingin Awet Muda? Jaga Kadar Kolagen dalam Kulit dengan Cara Berikut

Ingin Awet Muda? Jaga Kadar Kolagen dalam Kulit dengan Cara Berikut

awet muda

Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengendur dan kurang kenyal lagi. Jika ingin memiliki kulit awet muda, jaga kadar kolagen dengan beberapa tips ini.

Ada alasan mengapa saat usia bertambah, kulit wajah tidak tampak seperti dulu lagi. Itu karena kadar kolagen yang membuat wajah tampak kencang dan kenyal selama ini, makin berkurang. Kolagen sendiri diketahui berperan untuk mendukung struktur kulit.

Kolagen berasal dari bahasa Yunani “kolla” yang berarti lem. Sesuai namanya, kolagen memang bekerja layaknya lem karena menjadi perekat bagian-bagian tubuh seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Oleh sebab itu, saat kolagen menipis, kulit bisa memiliki kerutan dan terlihat kusam.

Nah, untuk tetap awet muda, Mommies bisa menjaga kadar kolagen dalam tubuh dengan cara berikut:

Hindari kebiasaan yang bisa merusak kolagen

Tanpa disadari, kebiasaan serta gaya hidup yang kita terapkan sehari-hari bisa  menghancurkan kolagen dalam kulit. Beberapa di antaranya seperti mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan merokok. Malas menggunakan sunscreen juga berdampak buruk pada kulit wajah karena bisa menghambat pertumbuhan kolagen.

Konsumsi makanan kaya vitamin C

Tidak hanya baik dalam menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga penting untuk memproduksi kolagen. Oleh sebab itu, ada baiknya Mommies mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Misalnya, jeruk, lemon, kiwi, beragam buah beri, wortel, brokoli, dan paprika.

Jika perlu, lengkapi dengan minum suplemen vitamin C 500 mg. Namun ingat, jangan sampai berlebihan juga ya, Mommies.

Selain itu, Mommies juga bisa mengonsumsi makanan tinggi kolagen seperti chicken bone broth atau beef bone broth.

Pilih skincare dengan kandungan kolagen

Mommies bisa menggunakan kolagen secara topikal untuk membuat kulit tetap awet muda. Ada banyak sekali skincare dengan kandungan kolagen di pasaran, mulai dari facial wash, serum, hingga moisturizer. Dengan penggunaan yang rutin, Mommies bisa mendapatkan kulit lebih kenyal dan ternutrisi.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolagen di dalam tubuh agar awet muda. Untuk cara lainnya, bisa disimak di halaman selanjutnya ya, Mommies.

BACA JUGA: 

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kulit Wajah

8 Beauty Hacks Korea yang Bikin Kulit Auto Glowing

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top