Now Reading
10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kulit Wajah

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Kulit Wajah

Dhevita Wulandari

Jangan sampai karena rasa malas membuat kita melakukan kebiasaan yang dapat merusak kulit seperti 10 hal di bawah ini!

1. Tidak mencuci muka dengan benar dan rutin
Mencuci muka secara teratur merupakan langkah penting untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan sehat. Jika tidak mencuci wajah dengan benar, apalagi langsung tidur dengan masih menggunakan makeup pada wajah, tentunya akan menimbulkan bakteri dan efek buruk pada wajah seperti jerawat dan komedo.

2. Cuci muka dengan air hangat
Menggunakan air hangat pada wajah tidak baik jika dilakukan terlalu lama dan sering karena dapat menghilangkan kadar minyak alami pada kulit. Saat minyak alami pada kulit kurang, maka akan muncul permasalahan seperti kulit kering, mudah iritasi, pecah-pecah, dan cepat muncul keriput.

3. Terlalu banyak menggunakan scrub
Mengeksfoliasi kulit perlu dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Namun, bila harus menggunakan scrub, sebaiknya pilihlah scrub dengan butiran yang lebih halus atau bisa juga gunakan sabun dan perawatan kulit wajah yang memiliki kandungan untuk mengeksfoliasi kulit. Untuk tetap menjaga kesehatan kulit wajah, menggunakan scrub atau melakukan eksfoliasi dapat dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu.

Photo by Praveen kumar Mathivanan on Unsplash

4. Malas menggunakan sunscreen
Masih banyak yang enggan menggunakan sunscreen jika tidak keluar rumah. Padahal, sinar UV (Ultra Violet) dari matahari dapat menembus lapisan dinding rumah, lho. Akibatnya, kulit tetap bisa terpapar sinar UV meskipun Mommies tidak keluar rumah. Sebaiknya, tetap aplikasikan sunscreen setiap pagi dan siang hari agar kulit wajah tetap sehat dan terlindungi meski tidak bepergian ke luar rumah.

5. Memencet dan memecahkan jerawat
Terkadang memang suka gemas sendiri melihat jerawat yang sudah matang, sehingga mendorong rasa ingin memencet jerawat tersebut. Tetapi, kebiasaan ini bukannya membuat jerawat hilang, kebiasaan yang merusak kulit ini justru malah membuat jerawat semakin meradang. Hal ini dikarenakan kondisi tangan yang tidak higienis sehingga kuman dan bakteri pada tangan berpotensi menginfeksi bagian jaringan kulit lainnya dan memunculkan jerawat baru. Daripada memencet jerawat, cobalah gunakan produk oles jerawat agar jerawat dapat kempes dengan sendirinya tanpa harus dipencet atau dipecahkan.

Baca juga: 6 Tanda Skin Barrier Rusak dan Tips Mengatasinya

6. Kurang tidur
Hobi begadang, insomnia, dan kurang tidur juga penyebab yang bisa mengakibatkan kulit wajah rusak. Hal ini dapat terjadi karena ketika kurang tidur, sistem kekebalan dan imun tubuh akan melemah sehingga kulit terlihat kusam. Untuk itu, usahakan tidur dengan waktu yang cukup agar kulit tetap sehat dan cerah alami.

7. Kurang minum air putih
Dikutip dari Healthcare Associate of Texax, kurang minum air dapat menghilangkan elastisitas dan kekenyalan pada kulit wajah. Maka muncul kondisi kulit kering, kendur, timbul garis halus, dan kerutan pada wajah. Mulailah minum air putih dengan teratur dan cukup yaitu sekitar delapan gelas atau 2 liter per hari.

8. Stres berlebihan
Stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang berakibat munculnya jerawat dan kerutan pada wajah. Ketika stres, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan bisa memicu timbulnya masalah kulit seperti munculnya kantung mata yang menghitam dan kulit kering. Pada beberapa kondisi, stres berlebihan juga dapat menimbulkan ruam pada kulit.

9. Malas cuci kuas dan spons makeup
Tidak mencuci kuas dan spons makeup secara berkala berarti membantu penumpukkan bakteri dan kuman yang dapat mengakibatkan masalah jerawat pada kulit wajah karena tidak menjaga kebersihan alat yang digunakan. Tidak perlu setiap hari, mencuci kuas dan spons makeup bisa dilakukan seminggu sekali.

Photo by Laura Chouette on Unsplash

10. Rokok dan minum alkohol berlebihan
Merokok dan minum alkohol ternyata dapat berdampak sangat buruk pada kesehatan kulit wajah. Beberapa di antaranya seperti wajah akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, kulit kusam, hingga bisa memunculkan keriput dan kantung mata pada wajah. Cobalah ganti dengan kegiatan, makanan, dan minuman yang lebih sehat agar kulit wajah pun tetap terjaga dan terlindungi dari kerusakan yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.

Baca juga: 10 Tips Mengencangkan Kulit Wajah Untuk Usia 30 dan 40 Tahun

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top