Now Reading
6 Pelajaran Hidup dari Serial Hometown Cha Cha Cha

6 Pelajaran Hidup dari Serial Hometown Cha Cha Cha

Rahmasari Muhammad
Hometown cha cha cha

Hometown Cha Cha Cha meninggalkan kesan tersendiri bagi para penonton karena kisahnya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Berikut 6 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari drakor ini. 

Drama Korea Hometown Cha Cha Cha atau yang juga dikenal dengan sebutan Homcha baru saja menamatkan episode terakhirnya hari Minggu lalu. Banyak yang terharu, susah move on dan kepincut berat sama serial ini. Mungkin Mommies juga?

Tak bisa dipungkiri, serial ini bisa bikin kita senyum-senyum sendiri, tertawa, berpikir dan menangis terharu. Banyak kisah yang relatable dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ada juga beberapa pelajaran hidup yang bisa diambil dari drakor satu ini. Apa saja ya?

Pelajaran hidup dari Hometown Cha Cha Cha

1. Cari bantuan ketika berduka

Sering kali kita menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang sebenarnya di luar kontrol kita. Seperti karakter Hong Du Sik yang menyalahkan dirinya sendiri akibat kecelakaan yang menimpa sahabatnya.

Menyalahkan diri sendiri bisa terjadi akibat proses berduka yang ‘tidak tuntas’. Terkadang kita memerlukan bantuan orang lain atau konsultasi dengan profesional jika kehilangan keluarga atau orang terdekat. Ini dilakukan agar kita bisa melalui grieving process dengan lebih baik, menerima keadaan dan melewati trauma sehingga bisa melanjutkan hidup dengan lebih tenang.

BACA JUGA: 6 Fakta Hometown Cha Cha Cha, Drakor Terbaru Shin Min Ah dan Kim Seon Ho

2. Mengikuti kata hati dan idealisme

Di awal serial, kita bisa melihat Yoon Hye Jin bersitegang dengan atasannya karena perbedaan idealisme. Hye Jin bersikeras menolong pasiennya, sementara sang bos ingin si pasien membayar lebih mahal dengan melakukan tindakan yang dianggapnya belum perlu. Hye Jin pun mengikuti kata hatinya dan menentang keinginan atasannya. Perbedaan idealisme ini membuat Hye Jin resign dari pekerjaannya yang stabil dan pergi ke Gongjin dengan semua ketidakpastian.

Karakter Hye Jin mengingatkan kita untuk tidak lupa mendengarkan kata hati dan idealisme dalam bekerja dan di kehidupan sehari-hari. Walaupun berat dan harus memulai dari awal, tapi Hye Jin menyadari hal yang benar dan apa yang ingin dia lakukan dengan hidupnya. Hye Jin juga ingin melakukan hal yang membuatnya bahagia sambil berbuat baik dan menolong orang lain melalui pekerjaannya.

Hometown Cha Cha Cha

3. Be kind

Orang yang annoying itu mungkin karena kesepian. Inilah pesan moral dari karakter Nam Suk yang digambarkan suka bergunjing dan kepo. Ternyata, dia kehilangan anak satu-satunya dan sempat mengalami stress berat. Jadi mungkin ke-kepoan dia adalah untuk mengisi kekosongan hidupnya dan melawan rasa sepinya.

Ada juga karakter Oh Chun Jae yang suka narsis dan membanggakan kariernya sebagai penyanyi, tapi ternyata menyimpan duka mendalam akibat kehilangan istrinya. Ia juga sempat ragu melanjutkan hidupnya sepeninggal sang istri.

Karakter lain yang mencuri perhatian tentunya landlady Yeo Hwa Jeong yang selalu tampak tegar dan baik-baik saja, padahal menyimpan luka akibat perpisahan dengan suaminya.

Moral of the story: everyone fight their own battle, just be kind, try to understand their situation and give support as best as we can.

4. Bantuan tidak hanya soal materi

Banyak banget adegan di serial ini yang mengingatkan kita bahwa memberikan bantuan untuk orang lain, juga bantuan yang kita harapkan tidak melulu soal materi, tapi juga moral support. Bisa dengan meluangkan waktu dan memberikan perhatian kepada keluarga, teman-teman serta orang-orang di sekitar kita.

Seperti karakter nenek Gam Ri dan warga Gongjin yang memperlakukan Hong Banjang seperti keluarga–memberikan perhatian dan memasakkan makanan kesukaannya. Melalui hal-hal sehari-hari ini lah, Hong Du Sik bisa perlahan bangkit melanjutkan kehidupannya setelah kejadian traumatis yang dialaminya. Pelajaran ini juga bisa diambil dari karakter anak Nenek Gam Ri yang menyesal karena jarang pulang ke rumah dan tidak meluangkan waktu yang cukup dengan ibunya.

Hometown Cha Cha Cha

5. Stay true to ourselves 

Karakter Choi Eun Cheol, si polisi ganteng idealis ini ternyata memecahkan salah satu misteri Gongjin. Eun Cheol menjadi pemenang lotere yang selama ini membuat banyak orang penasaran. Namun, Eun Cheol tidak menggunakan semua uangnya untuk kepentingan pribadi. Beberapa dipakai untuk donasi karena dia ingin berbuat baik untuk dunia. Dan meskipun mendapatkan uang yang cukup banyak dan kaya raya, Eun Cheol tidak serakah dan tetap memutuskan menjadi polisi.

Eun Cheol mengingatkan kita untuk stay true to ourselves  dan kembali ke tujuan hidup kita yang sebenarnya. Dia juga membuktikan tidak ada yang bisa mengubah goals hidupnya, walaupun itu uang yang berlimpah.

Hometown Cha Cha Cha

6. Tunjukkan rasa sayang kepada orang lain

Karakter di Homcha seperti Yoon Tae Jin alias ayahnya Hye Jin menunjukkan kekakuan orangtua yang sebenarnya: sangat sayang sama anaknya tetapi bingung dan tidak terbiasa mengungkapkannya.

Kadang-kadang, kita lupa bahwa orang terdekat perlu mendengarkan kata sayang dan pujian dari kita, seperti Hye Jin yang selalu membantu ayahnya dan menjadi dewasa sejak kecil. Ayahnya sangat bangga tetapi tidak pernah menyampaikan hal tersebut.

BACA JUGA: Drakor Yumi Cell: Perjuangan Sel dan Emosi Untuk Mengendalikan Diri

Di sisi lain, ada karakter lain seperti Cho Hui, guru sekolah yang lembut dan Mi Seon, sahabat Hyejin yang mengingatkan kita untuk berani mengungkapkan perasaan kepada orang yang disayang. Urusan hubungan bakal berlanjut atau tidak, itu urusan belakangan. Yang terpenting jujur sama perasaan diri sendiri, berani bilang dan nggak gengsian.

Nah, ada lagi nggak pelajaran hidup lain yang bisa diambil dari serial ini Mommies?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top