Now Reading
7 Cara Mengajarkan Public Speaking Pada Anak

7 Cara Mengajarkan Public Speaking Pada Anak

tes kesiapan masuk sd

Public speaking yang baik bisa membantu anak-anak sukses di masa depan. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan public speaking pada Si Kecil. 

Kemampuan berbicara di depan publik membantu Si Kecil nyaman berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, kemampuan public speaking juga meningkatkan rasa percaya diri dan bisa menjadi bekal untuk karier anak di masa depan.

Kemampuan ini juga harus mulai dipupuk sejak dini dan diajarkan kepada Si Kecil secara berkala. Mommies bisa melakukannya dengan langkah-langkah sederhana.

Berikut tips mengembangkan kemampuan public speaking anak:

Dimulai dengan tulisan

Aspek terpenting dari berbicara di depan umum adalah memahami bahwa kata-kata dan bahasa adalah sarana untuk menyampaikan pikiran. Begitu juga dengan anak-anak. Lebih mudah mengatur pikiran dan merumuskan argumen yang kuat melalui tulisan terlebih dulu. Jika apa yang mau disampaikan sudah terorganisir, maka anak pun lebih percaya diri dan lancar berbicara di depan umum.

Jangan takut dengan tata bahasa rumit

Benar bahwa tata bahasa merupakan aspek penting dalam komunikasi. Namun, bagaimana pun juga,  obsesi kepada hal tersebut akan memengaruhi kemampuan anak untuk berkomunikasi dengan lancar. Sebaiknya, ajarkan kepada Si Kecil untuk fokus kepada apa yang ingin ia sampaikan, dibanding terlalu terpaku pada tata bahasa.

Mencoba berbagai aktivitas

Ketika membahas tentang public speaking, orang-orang sering mengaitkannya dengan aksi debat. Padahal, hal utama yang dibutuhkan dari public speaking adalah kemampuan berkomunikasi di depan audiens yang beragam. Cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan mengenalkan anak ke berbagai jenis kegiatan berbicara di depan umum. Misalnya, membacakan puisi atau berpura-pura menjadi penyanyi di tengah panggung.

Membuat channel Youtube

Membuat channel Youtube membantu anak berlatih berbicara dan melihat penampilannya sendiri di depan kamera. Adanya channel Youtube juga memudahkan Mommies dan Si Kecil untuk mendapatkan lebih banyak masukan dari orang lain. Nilai plusnya, mengunggah video bisa mengurangi keraguan dalam diri anak dan membantu meningkatkan kepercayaan dirinya.

Hilangkan kekhawatiran anak

Setiap orang memiliki rasa takut yang akhirnya menghambat mereka untuk berbicara dengan percaya diri di depan publik, tak terkecuali Si Kecil. Oleh sebab itu, Mommies perlu menghilangkan rasa takut ini dari anak. Tanyakan kepada Si Kecil apa yang menjadi kekhawatirannya saat harus berkomunikasi di depan banyak orang. Selanjutnya, bantu anak mengatasi masalahnya tersebut secara perlahan tapi pasti.

Mengikuti atau menciptakan grup public speaking

Kelompok sosial memainkan peran besar dalam memberikan dukungan dan feedback. Jika Si Kecil tertarik, Mommies bisa mendaftarkannya ke kegiatan yang melibatkan public speaking. Pastikan ia merasa nyaman dan memiliki dorongan untuk mengatasi rasa takut berbicara di depan umum.

Mommies juga bisa menciptakan grup sendiri yang berisi 3-4 orang yang terdiri dari anggota keluarga misalnya. Atur jadwal di mana Si Kecil harus menceritakan sesuatu di depan kalian. Bisa tentang hobi, pengalamannya, hingga hal-hal rumit mengenai pendapatkan akan suatu isu yang sedang terjadi. Tentunya, topik yang dipilih harus disesuaikan dengan usia anak ya, Mommies.

Menguasai public speaking memang bukan hal mudah. Perlu penanaman nilai dan disiplin latihan untuk mengembangkannya. Mommies bisa mengajarkan public speaking pada anak dengan mencoba cara-cara di atas, ya!

BACA JUGA:

Tips Untuk Anak Pemalu Lebih Lancar Sekolah dari Rumah

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top