Now Reading
5 Tips untuk Anak Pemalu Lebih Lancar Sekolah dari Rumah

5 Tips untuk Anak Pemalu Lebih Lancar Sekolah dari Rumah

annisast

Sejak sekolah diliburkan dan dijalani dari rumah, banyak anak yang sampai saat ini masih bersuara pelan saat ditanya guru di Zoom meeting sehari-hari. Harus bagaimana?

Bagi anak yang pemalu, sekolah daring adalah tantangan yang berbeda. Di sekolah biasa, jika menjawab dengan suara pelan pun guru masih mungkin bisa mendengar. Namun bersuara pelan jarak jauh tentu sulit. Malah seringkali si anak sudah berusaha menjawab (meski dengan suara pelan), lalu tidak ditanggapi karena guru tidak mendengar, dan akhirnya tidak mau lagi menjawab pertanyaan.

Wajar, harus menyalakan video itu hal besar. Banyak anak yang difoto saja tidak suka, kan? Ini lagi harus melihat wajah dia sendiri di layar seharian. Untuk anak lebih besar, mungkin ada kekhawatiran atas pandangan temannya, dan banyak alasan lain yang membuat anak malu-malu.

Memang sulit ya moms, ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar si anak pemalu bisa lebih lancar sekolah dari rumah.

Gadget mumpuni dan suasana belajar yang nyaman

Pakai headset dengan microphone yang sensitif bisa membantu karena jika suara anak sangat pelan, laptop atau tablet lebih sulit “mengambil” suara anak. Pastikan menggunakan headset dengan ukuran anak dan nyaman digunakan untuk sekolah seharian.

Suasana belajar juga mempengaruhi. Karena entah sampai kapan anak akan belajar di rumah, sebaiknya sih sudah punya pojok belajar sendiri ya. Tempat yang sepi sehingga suara anak tidak tenggelam dan tidak ada orang lalu lalang yang menganggu konsentrasi.

Bicarakan dengan gurunya

Diskusikan kondisi anak dengan guru. Ini membantu guru untuk lebih paham bahwa anak kita bukannya tak mau namun mungkin butuh waktu lebih lama untuk menjawab.  

Ajak bicara dan validasi emosinya

Tanya alasan kenapa ia selalu diam di kelas. Apakah karena malu, takut, atau ada kekhawatiran lain. Pastikan ia tahu kalau kita sebagai orangtuanya siap membantu apapun masalahnya.

Sounding itu perlu dan lakukan berkali-kali. Bahwa mungkin kamu takut atau malu sekali ya didengar teman sekelas. Tapi nggak apa-apa kok, dicoba bicara aja dulu. Jangan lupa puji ketika ia sudah berusaha bicara di kelas.

Latihan bicara 

Iya bicara online itu perlu latihan! Buat Zoom meeting dengan kakek nenek atau sepupu untuk membiasakan diri bicara secara online. Bilang padanya bahwa sekolah pun sama seperti ini jadi lain kali bisa dicoba untuk bicara lebih keras atau menjawab pertanyaan guru.

Konsultasi pada psikolog

Kalau sudah sangat kesulitan dan rasanya ingin menyerah saja, konsultasikan pada psikolog anak ya moms! Siapa tahu ada pencerahan atau justru ada masalah lain yang selama ini tidak kita ketahui.

Baca juga:
PJJ Bukan Memindahkan Tugas Guru ke Orang tua
Kisah dari Sisi Pahit PJJ, Dukungan Apa yang Bisa Kita Berikan?
Anak Cuti Sekolah Selama PJJ, Ini Alasan Saya

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top