Now Reading
10 Makanan yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan dan Membuat Kulit Glowing

10 Makanan yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan dan Membuat Kulit Glowing

RachelKaloh

Enak banget, ya, kalau bisa nurunin berat badan dengan mengonsumsi makanan yang sekaligus memberikan efek kulit glowing. Ini dia 10 makanannya!

Diet seharusnya menyenangkan dan bisa dinikmati, bukan menyulitkan. Apalagi, kalau dari pilihan makanan tersebut nggak cuma membantu kita menurunkan berat badan, tapi sekaligus memberikan efek kulit glowing, siapa yang nggak pingin? Yuk, cek 10 makanan berikut ini!

Semangka

Buah ini 96%-nya terbuat dari air. Sangat cocok jadi menu diet karena dapat membuat kita terhidrasi dan kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Kandungan citruline, likopen dan anti-oksidannya dapat membantu meningkatkan sirkuliasi darah. Selain itu, ada kandungan anti-inflamasi yang fungsinya melindungi kulit dari radikal bebas. Tentunya, kulit bakalan jauh dari yang namanya kusam dan akan lebih mudah menyerap skincare sehingga efek glowing-nya menjadi nyata.

Dark Chocolate

Salah satu peneliti bernama Johannes Bohanon menyatakan bahwa kandungan flavanoid yang terdapat dalam biji kakao dapat membantu proses diet. Flavanoid sebagai salah satu jenis antioksidan kuat terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dan mampu menghambat pemecahan lemak serta karbohidrat dalam tubuh. Mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate) dapat mengurangi hormon stres dalam tubuh, sehingga membantu tubuh memproduksi kolagen yang berfungsi membuat kulit lentur dan kencang.

Yogurt

Kandungan probiotik dalam yogurt sangat baik untuk kesehatan pencernaan serta dapat melepaskan hormon penurun nafsu makan sehingga biasanya Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi yogurt. Selain probiotik, yogurt juga mengandung kalsium yang berguna untuk mengendalikan nafsu makan. Vitamin B6, B12, riboflavin dan protein pada yogurt dapat membantu mendetoksifikasi kulit wajah, sehingga memaksimalkan proses penyerapan kulit terhadap produk perawatan yang digunakan. Namun, sebaiknya tetap pilih produk yogurt yang rendah lemak.

Apel

Melansir Healthline, dalam sebuah apel segar terdapat kandungan flavonoid, vitamin C, kalium, vitamin K dan B serta serat, yang dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan kita untuk ngemil. Berdasarkan Nutrition Journal 2015, mengonsumsi apel gala secara teratur mengurangi angka obesitas, karena apel gala merupakan salah satu jenis apel yang mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Apel memiliki kandungan kolagen yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah. 

Selada

Salah satu jenis sayuran yang selalu ada dalam beragam jenis salad, karena rendah kalori dan rendah karbohidrat, tetapi kaya akan nutrisi seperti kalium, kalsium, folat, zat besi, serat dan vitamin. Buat kulit, sayuran hijau ini kaya akan anti-oksidan dan omega-3 yang membantu melawan peradangan dan membuat kulit senantiasa sehat. 

Stroberi

Dari Detik.com, stroberi mengandung serta yang tinggi dan asam ellagic yang bisa membantu melawan peradangan dan mengembalikan fungsi normal hormon penurunan berat badan yang kerap terblokir karena peradangan kronis. Asam ellagic ini merupakan turunan dimerix dari asam galat. Stroberi merupakan 1 dari 8 jenis makanan yang membuat kulit glowing karena kandungan vitamin C dan anti-oksidan di dalamnya. 

Kiwi

Merupakan buah berkalori rendah. Satu buah kiwi ukuran sedang hanya memiliki sebesar 48 kalori. Karena itu, kiwi sangat baik dikonsumsi orang yang sedang menjalani diet. Kiwi merupakan sumber anti-oksidan yang dapat melindungi sel kulit dari paparan oksidatif dan meremajakannya. Kolagen di dalam kiwi membuat kulit lembut dan kenyal serta menghindari kulit dari kekeringan.  

Avokad

Sebuah penelitian mengatakan bahwa makan setengah avokad (alpukat) segar saat makan siang dapat membantu mengurangi nafsu makan hingga 3 jam ke depan. Dr. Adeline Jaclyn dari Klikdokter mengatakan bahwa avokad mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk kulit, seperti asam lemak esensial serta vitamin. Kandungan vitamin A pada avokad mampu membersihkan wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit tampil bersih dan cerah.

Brokoli

Mengandung karbohidrat yang baik dan kaya akan serat, membantu pencernaan, mencegah sembeli, mempertahankan gula darah rendah dan mencegah kita makan berlebihan. Anti-oksidan yang ada pada brokoli, yaitu vitamin A, B kompleks, C, E dan K dapat membantu membuat kulit bercahaya dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. 

Umbi-umbian

Nasi jagung, sagu, dan ubi jalar adalah pilihan jenis umbi-umbian yang dapat dikonsumsi bila sedang menjalani program penurunan berat badan, karena bisa menjadi alternatif karbohidrat kompleks dan kaya akan vitamin yang bisa melepaskan gula secara perlahan. Umbi-umbian dengan rasa manis alami mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A saat dicerna dan berfungsi membantu sirkulasi oksigen ke kulit. Dengan begitu, kulit tidak akan mengalami dehidrasi, melainkan lembap dan glowing secara alami.

Disclaimer: Tentunya berat badan turun dan kulit glowing ini bukan hanya tergantung dari yang kita makan, ya. Perlu juga yang namanya olahraga rutin, konsumsi air mineral yang cukup dan penggunaan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit.

Baca juga:

8 Skincare Untuk Kulit Glowing yang Murah, Bagus dan Ada di Minimarket!

5 Serum Lokal Mengandung Alpha Arbutin Untuk Samarkan Noda Gelap dan Membuat Kulit Glowing
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top