Ide Aktivitas di Rumah Bersama Anak yang Mulai Bosan

Minggu ketiga bekerja dari rumah, anak sudah mulai bosan. Mainan sudah dikeluarkan semua tapi entah sampai kapan bisa kembali sekolah.

Wajar ya, kita saja rasanya sudah bingung sekali. Berpindah ruangan sudah tidak berpengaruh lagi. Plus to do list yang sangat padat sampai jam 7 malam rasanya sudah sangat lelah. Keluhan macet ternyata tidak ada apa-apanya dibanding harus seharian bekerja, menemani anak, masak, dan segambreng pekerjaan lain yang rasanya tak ada akhirnya.

porsi makan anak sesuai usia - Mommies Daily

Anak saya, Xylo (5,5 tahun), sudah beberapa hari tidur memakai baju pergi. Iya pakai celana jins pula saking ia mulai bosan pakai pakaian rumah dan piyama. Apalagi yang bisa dilakukan bersama anak saat ia mulai bosan?

Coret-coret lantai

Menggambar sudah, melukis sudah, bosan sekali akhirnya saya beli spidol non-permanen dan membiarkannya coret-coret di lantai. Betah sekali, lumayan untuk menghabiskan waktu meski ketika diulang ya sudah tidak seseru yang pertama hahahaha.

Cuci mainan

Main air selalu seru. Agar bisa lebih lama, minta anak cuci semua mainan dengan sabun dan biarkan ia betah bermain air. Sekalian disinfektan mainan di saat pandemi seperti ini, kan? :)

Bekukan mainan

Masukkan mainan ke dalam mangkuk, isi air dan bekukan. Buat beberapa. Esoknya, biarkan anak bermain dengan es, pecahkan, tunggu sampai mencair. Lumayan mengisi waktu.

Baca buku, gambar dan ceritakan kembali

Untuk anak yang sudah lebih besar, membaca buku, menggambarnya ulang kemudian menceritakannya kembali lumayan menyita waktu. Alternatif lain, boleh menonton YouTube atau main game asalkan harus menggambarkannya kembali dan menceritakannya pada kita.

Dengar podcast

Ini saat sudah sangat sangat bosan, Xylo bisa tiduran di samping saya yang sedang bekerja sementara ia mendengarkan podcast. Rekomendasi podcastnya bisa dibaca di sini ya.

Biarkan mereka bosan

Iya, bosan itu tidak apa-apa kok. Seringkali Xylo marah dan bilang “aku tidak mau apa-apa!” karena memang sudah sebingung itu mau melakukan apa. Ya sudah tidak perlu dipaksa untuk beraktivitas, bengong dan duduk diam sambil marah juga tidak apa-apa.

Yang jelas, pastikan ia tahu kenapa kita harus diam di rumah selama ini sehingga tak memaksa untuk keluar rumah.

Semoga semua ini cepat berlalu ya. Stay healthy everyone!

Baca:
Hal yang Baru Saya Sadari Setelah Bersama Anak dan Suami 24 Jam Saat #dirumahaja
Dana Pendidikan Anak Hingga Kuliah, Dari Mana Menyiapkannya?
Anger Management Buat Anak-Anak, Apa Itu?


Post Comment