Berbagai Aturan di Pesta Ulang Tahun Anak, Perlu atau Lebay?

Mengadakan pesta ulang tahun anak ternyata nggak hanya sekadar mikirin apa temanya, tapi juga dengan aturannya. Karena itu semua berhubungan dengan kelancaran dan budget yang harus dikeluarkan. :)

Contohnya, nih, berapa porsi makanan yang harus dipesan? Kebanyakan keluarga di Indonesia, yang diundang 2 orang yang datang 5 orang, lengkap dengan susternya. Atau misalnya, karena tema pesta ulang tahun untuk anak usia 7 tahun, apakah kemudian boleh si adik yang usia 3 tahun ikut datang?

Padahal nanti aktivitasnya nggak ada yang cocok buat anak di bawah usia 5 tahun. Lalu jika pada akhirnya kita bikin aturan dengan tidak mengizinkan si adik datang, akankah itu berarti si kakak juga nggak bisa datang?

Direktori EO untuk Pesta Anak

Dilematis, tapi bagaimana pun aturan di dalam pesta ulang tahun perlu diterapkan. Tidak lebay karena ini juga menyangkut kenyamanan pihak yang diundang maupun yang mengundang.

RSVP

Cantumkan permohonan RSVP di undangan pesta ulang tahun. Hal ini untuk membantu mommies menentukan berapa porsi katering, jumlah tempat duduk, atau jika pesta ulang tahun diadakan di playground berbayar misalnya, mommies bisa jelas menentukan jumlah tiket yang harus dibeli.

Untuk pihak yang diundang, luangkan waktu sedikit untuk memastikan kedatangan Anda dan si kecil. Ini juga merupakan kesempatan Anda bertanya hidangan apa yang ada di sana, kalau-kalau si kecil Anda punya alergi. Win win!

(Baca: Tips Menghemat Dana Ulang Tahun Anak)

Ekstra tamu

Ini nih yang saya ungkapkan sebelumnya, bolehkah membawa si adik atau kakak yang usianya jauh terpaut dari pihak pengundang? Ini memang hal yang dilematis sehingga RSVP jadi sangat penting. Lakukan RSVP jauh-jauh hari agar Anda bisa mengatur waktu. Jika pihak pengundang tidak keberatan, Anda bisa menambahkan ekstra porsi katering, goodie bag, atau kursi untuk saudara teman si kecil.

Tapi bukan berarti Anda tidak bisa menolak, lho. Anda bisa juga bisa mengatakan kalau usia si saudara sepertinya tidak cocok untuk tema pesta ulangtahunnya. Yang ditolak juga jangan sakit hati, karena itu hak penuh si pengundang.

Sepanjang pengetahuan saya, di Indonesia hal ini sangat lumrah sehingga si penyelenggara ulang tahun senantiasa menyiapkan ekstra porsi makanan hingga goodie bag. Kalau sudah begitu, mohon tamu tahu diri. Nggak perlu juga kan, bawa sekeluarga besar hingga nenek dan kakek datang ke acara tersebut?

Penentuan dress code

Dress code jadi penting terutama ketika tema pesta atau lokasi sangat menentukan kelancaran acara. Jangan sampai si tamu datang dengan gaun Elsa berhiaskan kristal menyapu lantai, sementara aktivitas utamanya adalah melukis di taman menggunakan jari tangan.

Lama pesta

Berapa lama sebaiknya sebuah pesta ulang tahun berlangsung? Untuk si kecil yang berusia di bawah 3 tahun, satu jam sebenarnya cukup. Lebih dari itu, siap-siap cranky. Pilih juga jam yang bukan jam tidur. Untuk usia 4-6 tahun, dua jam sudah lebih dari cukup, sementara untuk mereka yang berusia di atas itu boleh sedikit lebih lama atau sekitar 3 jam.

Buka kadonya nanti saja

Membuka kado tentu hal yang sangat menyenangkan bagi si kecil, namun terkadang mereka sendiri belum bisa menahan emosi ketika melihat sesuatu yang tidak sesuai hatinya.

Jika ada hadiah yang ia tidak suka misalnya, kemudian ia memperlihatkan rasa tidak suka, bisa jadi itu akan membuat si pemberi kado merasa sedih. Kalau menurut saya, sih, paling aman buka kado setelah pesta usai dan di tengah keluarga dekat saja.

Jadi, ulang tahun memang momen bersenang-senang, tapi bukan berarti tidak perlu aturan. :)


Post Comment