Tips Menghemat Dana Ulang Tahun Anak

Ulang tahun anak, apalagi yang pertama biasanya kepikiran banget ya. Dari mikirin dekorasi sampai kue dan souvenir untuk dibawa pulang oleh tamu.

Ketika dihitung, wow angka yang keluar fantastis juga. Kue saja nih misalnya, jika ingin memakai kue karakter yang rasanya enak dan bentuknya artsy, satu kue saja bisa mencapai jutaan lho harganya. Belum memikirkan lokasi, vendor dekorasi, souvenir, dan dokumentasi.

ulang tahun anak

Memang tidak ada salahnya jika keuangan mencukupi atau baru dapat rezeki yang tidak mengganggu cashflow bulanan ya. Namanya juga menyenangkan diri sendiri (karena anaknya kan belum mengerti ahahahaha).

Jadi bagaimana cara agar budget ulang tahun anak tidak membengkak dan membuat bangkrut?

1. Sadar pada budget

Buat batasan untuk diri sendiri, berapa maksimal yang bisa dikeluarkan untuk pesta ulang tahun anak. Membatasi diri seperti ini penting untuk menentukan konsep pesta secara keseluruhan.

2. Sumber dana

Dari mana mommies akan mengeluarkan dana pesta ini? Dari dana darurat? Atau menabung sejak jauh-jauh hari? Jangan lupa tambahkan 10% dana cadangan untuk biaya tak terduga.

3. Survey!

Survey pada teman yang baru mengadakan pesta ulang tahun atau tanya-tanya sendiri pada vendor, Kemudian buat daftar perkiraan pengeluaran sesuai budget yang sudah ditetapkan di poin pertama. Jika out of budget, berarti harus ada yang dikurangi. Bisa dari jumlah undangan atau lokasi pesta.

Jangan lupa ingat-ingat bakat teman yang bisa dimintai bantuan ahahaha. Punya sepupu fotografer atau teman yang senang membuat kue kan pasti bisa lebih irit dibanding harus semua memakai vendor dari luar.

4. Batasi jumlah undangan

Tidak perlu malu menyebutkan undangan hanya berlaku untuk sekian orang. Juga jangan terlalu “jauh” menyebar undangan, cukup teman terdekat saja agar suasana juga berlangsung intim. Harus diingat, yang ulang tahun anak kecil yang bisa saja sewaktu-waktu bad mood karena terlalu banyak orang asing.

5. Sebisa mungkin D.I.Y

Saatnya jadi mama Pinterest! Backdrop, souvenir, dessert table, games, semua ada idenya lengkap. Bahkan banyak pula yang menyediakan template gratis sehingga kita bisa download dan langsung pakai. Jelas akan jauh lebih irit.

Sudah siap mempersiapkan pesta ulang tahun anak, moms?


Post Comment