6 Hal Menyebalkan Bagi Ibu Bekerja yang Masih Menyusui

Menyusui mudah itu hanya dalam iklan belaka. Kenyataannya jatuh bangun jungkir balik puting pecah banget ya mommies!

Apalagi waktu cuti melahirkan 3 bulan sudah habis dan harus kembali ke realita kerjaan. Kerjanya sih seneng karena bisa me time tanpa bayi, lha tapi pulang harus bawa stok ASI perah (ASIP) kan. Cobaan sebenarnya baru dimulai.

Kasus Pertama, Perempuan Transgender Bisa Menyusui - Mommies Daily

Dan menyusui, meskipun indah karena bisa usel-uselan sama bayi tapi ya ada nyebelinnya juga. Ini 6 hal menyebalkan yang dialami ibu bekerja dan masih menyusui.

1.Udah jadwal pumping tapi lagi meeting

Duh ini sakitnyaaaa. Payudara sampai sekeras batu dan rasanya mau pecah. Mau pumping sambil meeting boleh aja sih, bos juga untungnya ngerti, tapi breastpump-nya di luar ruang meeting dan nggak mungkin keluar untuk ambil dulu karena meeting-nya sedang tegang banget.

Pasrah dan cuma bisa berdoa semoga meeting cepat selesai dan ketika akhirnya ASI bisa keluar itu legaaaa. seperti batu yang dibawa-bawa akhirnya bisa disimpan. :D

Baca juga: Benarkah Metode Power Pumping Cocok untuk Ibu Bekerja?

2.Pumping waktu lagi nanggung

Kerjaan lagi banyak tapi udah waktunya pumping. Kalau berhenti kerja nanti nanggung, kalau nggak pumping sekarang juga nanti kelewat jadwal pumping malah stok jadi kurang. Jadi terusin kerjaan apa pumping dulu nih? Apa pumping sambil bawa laptop dan kerja? Ahahahaha.

3.Kerja di luar kantor dan nggak nemu tempat pumping

Buat yang kerja lapangan ini pasti berasa banget nih. Waktunya pumping tapi boro-boro lactation room, bingung harus pumping di mana? Toilet to the rescue! Tapi kalau jorok ya mikir ulang huhu sedih banget sih. Mentok mampir ke mall demi pumping!

Baca juga: 5 Breast Pump Favorit Komunitas Mommies Daily

4.Lupa pakai breastpad

Atau malah kehabisan duhhh. Saya dulu sampai sempat disumpel tisu lho saking lupa beli cadangan breastpad! Soalnya kalau nggak disumpel nanti rembes kena baju. Mending kalau kering biasa, kalau berbekas? Sebel banget!

Sempat ngobrol sama ibu tetangga yang profesinya guru, katanya dia zaman dulu belum ada breastpad kalau ngajar dia sumpel bra pakai popok! Kebayang nggak sih setebel apa. Tapi daripada rembes kan?

5.Lupa bawa part breast pump

Ini pernah terjadi dan untungnya nggak sering sih. Satu part ketinggalan berujung jadi nggak bisa pumping dan panik. Akhirnya mendadak belajar teknik marmet dan basah semua tangan saking gagapnya.

Panik dan sedih banget tapi ya lesson learned. Cek dulu semua part dan jangan sampai ketinggalan.

Baca juga: Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja

6.Lupa bawa botol atau plastik ASI

Ini sebel banget! Zaman sekarang sih tinggal pesen via ojek online kali ya. Saya 4 tahun yang lalu sih akhirnya ya buang sebagian, sebagian bawa pulang pake botol pompa. Sedih? Nggak juga sih karena yakin pasti ASI-nya cukup.

Oiya ini semua tentang pumping ya karena ya nggak ada yang bikin sebel sih kalau soal menyusui langsung. Yang ada kangen banget pengen cepet pulang kantor biar bisa nyusuin langsung.

Ada yang mau nambahin nggak?


Post Comment