Ingat! Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Keperluan Ini

Agar Mommies tidak terjebak dalam utang kartu kredit, jangan pernah mempergunakan kartu kredit untuk keperluan berikut ya Mommies.

Mommies memiliki kartu kredit? Tentunya keberadaan kartu kredit adalah untuk mempermudah kita dalam menjalanankan aktivtas dan pengeluaran sehari-hari. Namun ternyata ada hal-hal yang menyangkut dalam penggunaan kartu kredit yang tidak bijaksana, sehingga malah akan membuat Mommies terjebak dalam utang kartu kredit yang tidak perlu. Untuk keperluan apa saja, ya?

kartu kredit- mommiesdaily

  1. Dana darurat

Kartu kredit bukanlah dana darurat, atau dana tambahan yang bisa Mommies pergunakan untuk keperluan mendesak atau darurat. Kart kredit adalah kartu utang, jadi jangan pernah Mommies gunakan untuk dana darurat ya. Baiknya Mommies memiliki tabunagn tersendiri yang diperuntukkan untuk dana darurat, dan bukan malah mempergunakan kartu kredit, sebagai dana talangan atau dana darurat.

  1. Membayar uang sekolah anak

Saat ini memang banyak sekolah yang memanfaatkan fasilitas kemudahan dari bank, dengan pengadaan mesin EDC sehingga Mommies bisa melakukan debit langsung untuk pembayaran uang sekolah anak. Namun bukan berarti Mommies boleh membayar uang sekolah anak dengan kartu kredit. Hal ini akan membuat Mommies berutang lebih banyak, dan belum lagi atas bunga yang dibebankan.

  1. Membayar zakat, infaq dan sadaqoh dengan mempergunakan kartu kredit.

Zakat, infaq dan sadaqoh baiknya dibayar dengan menyisihkan sedikitnya 2.5% dari penghasilan kita, bukan dengan berutang. Adalah salah apabila Mommies membayar zakat, infaq dan sadaqoh dengan berutang melalui kartu kredit.

  1. Belanjan bulanan

Sebaiknya belanja bulanan juga tidak mempergunakan kartu kredit. Mommies akan menjadi kurang terkontrol apabila mempergunakan kartu kredit untuk pengeluaran bulanan, karena merasa bebas akan limit dari kartu kredit yang diberikan. Biasanya hal ini akan memicu terjadinya bocor halus, akibat benda-benda atau makanan cemilan yang tidak perlu yang akhirnya terbeli akibat tidak adanya batasan atau limit biaya bulanan yang sudah Mommies budgetkan. Dan yang lebih buruk lagi, apabila Mommies lupa membayar tagihan belanja bulanan ini, maka Mommies akan dikenakan bunga yang tidak sedikit.

Biasakan memiliki budget atau pos-pos tertentu untuk pengeluaran bulanan dan belanja bulanan yang memang rutin biasa Mommies lakukan.

Yang terpenting adalah gunakan kartu kredit ini dengan bijak, dan ingatlah bahwa kartu kredit adalah kartu utang, bukan dana cadangan. Pastikan Mommies memiliki pos-pos keuangan yang baik, agar tidak dengan mudah malah terjerat oleh utang kartu kredit. Live a Beautiful Life!


Post Comment