7 Cara Alami Atasi Ruam Popok

Nggak selamanya ruam popok pada bayi diatasi dengan salep mahal. Beberapa bahan alami berikut ini, mungkin bisa dipertimbangkan, untuk menghilangkan ruam pada bayi.

Waktu Jordy baru lahir, mama saya wanti-wanti untuk sebulan pertama menggunakan popok kain saja. Kenyataan berkata lain, lantaran hal itu, jam istirahat saya terganggu. Tahu kan, mommies. Bayi kalau popoknya basah dikiiiit saja, pasti terbangun. Akhirnya, saya memutuskan untuk menggunakan diapers.

7 Cara Alami Atasi Ruam Popok - Mommies DailyImage: babygearlab.com

Baca juga:

8 Trik Mengurus Bayi untuk Ibu Baru

Nappy Rash 101

Kira-kira seminggu pemakaian, bagian bokong Jordy terlihat kemerahan, alias ruam. Dalam keadaan panik, sempat telepon beberapa teman, cari informasi, sebaiknya diobati pakai apa. Dan mama dengan santai datang ke saya dengan minyak kelapa buatan andalan dia. Lalu diolesi di daerah yang ruam, dan benar saja, berhasil memudar.

Ternyata, masih ada beberapa bahan alami lainnya, yang bisa mengatasi ruam popok. Sebagian saya dapat dari tanya-tanya di IG MD, sebagian lagi dari boldsky.com.

1.Lidah Buaya

Lidah buaya punya sifat anti inflamasi, artinya dapat menghilangkan radang yang disebabkan karena mikroorganisme (non infeksi). Usahakan gunakan lidah buaya yang masih sgar atau dalam keadaan utuh. Ambil bagian gelnya, dan gosok perlahan ke ruam dengan gerakan memutar. Gel lidah buaya akan menyerap kelembapan, dan membuat bagian yang ruamh tetap kering.

2. VCO atau minyak kelapa murni

Di akun IG MD, ada dua orang yang menjawab menggunakan minyak kelapa murni. Sama seperti pengalaman saya. Selain untuk pengobatan, akun @yulita.v3 bilang, untuk pencegahan, sebelum pakai popok, olesi VCO dulu.

3.Mandi air hangat

Ini kayaknya cara paling mudah, ya, mommies. Seperti biasa, siapkan air hangat, suam kuku. Paling mudah, ukur suhunya dengan cara, menempel bagian siku kita ke air. Jika dirasa sudah cukup nyaman untuk bayi. Posisikan si kecil, untuk melakukan gerakan seperti jongkok. Tetap dipegang menggunakan dua tangan, supaya aman. Lakukan setidaknya 10-15 menit. Sehari 3 kali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa, saat mau pakai popok, daerah sekitar bokong dan paha harus kering 100%.

4. ASI

Kalau tadi cara paling mudah, yang satu ini paling mahal!, hahahaha. Terus terang saya juga baru dengar. Lain hal dengan mengatasi lecet pada puting. Dan ternyata juga bisa atasi ruam. Karena ASI dikenal bisa melawan infeksi, mengandung sejumlah nutrisi untuk kekebalan tubuh bayi. Caranya, oleskan pada ruam, diamkan sampai kering, baru bisa menggunakan popok seperti biasa.

5.Oatmeal

Nggak nyangka kan? Saya juga, mommies. Caranya mudah. Taburkan satu sendok oatmeal, ke dalam air mandi si kecil. Biarkan dia berendam 10-15 menit. Oatmeal berfungsi membantu kulit, mempunyai sistem pelindung tertentu melindungi kulit.

6. Olive oil

Minyak zaitun punya manfaat memenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan gatal. Campur minyak zaitun dan air. Oles lembut di area yang ruam. Bisa untuk mengobati atau melindungi. Diamkan 10-15 menit. Dan bersihkan hingga kering.

7.Udara segar

Salah satu penyebab  ruam, karena area bokong terlalu lembap, sirkulasi udara tidak berjalan baik. Nggak heran, jika memaparkan area bokong bayi dengan udara segar, bisa jadi salah satu usaha menyembuhkan ruamnya. Cukup di dalam kamar, dengan jendela yang terbuka, biarkan si kecil tidur tanpa popok, alasi dengan perlak, supaya kalau pipis atau pup, tidak mengotori Kasur. Atau bisa juga mejemuar di sinar matahari pagi (batasnya sampai jam 8.30). Dengan keadaan telungkup. Sekaligus mendapatkan manfaat baik dari vitamin D, kan?

Tapi ingat, jika keadaan dirasa tidak membaik, segera bawa ke dokter. Untuk mendapatkan penanganan yang dibutuhkan.

Baca juga:

Begini Caranya Membersihkan Alat Kelamin Bayi

Kenapa, Sih, Kulit Bayi Sangat Sensitif dan Mudah Iritasi?

Atau mungkin ada yang mau menyumbang cara alami lainnya?


Post Comment