Avène Dermocosmetic Ternyata Dapat Membantu Mengatasi Dampak dari Psoriasis

Untuk para penderita Psoriasis, mungkin tulisan saya ini memberikan harapan baru untuk kalian :), seperti apa yang dialami oleh Indadari.

Beberapa bulan lalu, kantor saya mendapat undangan dari Avène Dermocosmetic Indonesia untuk berkunjung ke Avène Hydrotherapy Centre mereka yang berlokasi di bagian Selatan Prancis (yeaaaay, Prancis here I come :D). Seperti biasa, mata langsung menjelajah itinerary, agar tahu bakalan kemana aja dan jangan sampai saltum!

Avène Dermocosmetic Ternyata Dapat Membantu Mengatasi Dampak dari Psoriasis. - Mommies Daily

Setelah membaca itinerary, saya melihat ada Indadari yang juga ikut berangkat kesana sebagai pasien Psoriasis yang akan menjalani perawatan di Avène Hydrotherapy Centre. Dari sini saya sudah penasaran, memang perawatan seperti apa sih yang akan dijalani Indadari, mengingat dia sudah cukup lama menderita Psoriasis (sekitar 8 tahun) dan nggak kunjung membaik.

Kebetulan Indadari sudah berangkat lebih dulu dari media yang diundang, karena untuk menjalani treatment di sana dibutuhkan waktu 3 minggu. Ternyata, hasil yang didapat oleh Indadari sampai membuat dokter di Prancis sendiri terkejut dan terharu :), karena tingkat kesembuhan Indadari mencapai 82%.... WOW!! Nah, ada apa di balik semua ini?

Untuk mommies yang belum tahu, Psoriasis itu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh autoimun, atau kondisi sel kekebalan tubuh yang menyerang sel yang sehat. Secara umum, ditandai dengan munculnya bercak merah meradang di kulit, penebalan dan rasa gatal atau perih. Bila sisik ini dilepaskan, akan timbul bintik perdarahan di kulit bawahnya.

Menurut Dr. Syarief Hidayat SpKK, selaku President Asian Academy of Dermatology and Venerology sekaligus dokter yang memegang Indadari di Indonesia, psoriasis tidak dapat disembuhkan tapi dapat ditekan agar kualitas hidup penderita nggak tergangg-ganggu amat. Psoriasis dapat dipicu oleh aktivitas merokok, konsumsi alkohol, debu, bulu binatang. Dan bisa mengenai bagian kulit tubuh mana saja. Bisa kulit kepala, tangan, kaki, hidung, bibir bahkan kelamin.

Ibarat KPR rumah yang ada tipe-tipenya, Psoriasis ini juga terbagi dalam 9 tipe: Psoriasis Plak, Kuku, Mukosa, Scalp, Gutata, Inverse, Pustular, Eritroderma dan Arthitis. Dan pada kasus Indadari, yang dialaminya tipe Gutata, yaitu bintik-bintik ruam menyerupai tetesan air.

Dalam kasus Indadari, Dr Syarief menggunakan emollient dari produk Avène yaitu Xeracalm AD Cream dan Xeracalm AD Cleansing Oil, ditambah Avène Thermal Spring Water dari Cicalfate. Setelahnya, barulah Indadari dikirim oleh Avène Indonesia untuk menjalani perawatan di Avène Hydrotherapy Centre selama 3 minggu. Untuk proses perawatan yang dijalani oleh Indadari selama di Prancis, saya akan menceritakannya pada episode berikutnya, hahaha. Intinya sih, pusat perawatan Avène ini merupakan pusat riset dan perawatan medis milik Avène yang memang khusus fokus menangani masalah dermatologis, seperti atopic dermatitis, eczema, psoriasis, bekas luka bakar, post-cancer, ichthyosis dan tentu saja Psoriasis.

Dan, seperti di awal saya ceritakan, kalau hasil yang didapat Indadari sangat baik, di tingkat kesembuhan 82%. Medical record dari Prancis pun dikirim ke dokter Syarief agar di Indonesia kondisi Indadari tetap terjaga.

Jantung rangkaian produk Avène sebenarnya ada di Avène Thermal Spring Water, namun produk yang khusus memgurangi Psoriasis adalah rangkaian XeraCalm AD yang terdiri dari XeraCalm A.D Lipid-Replenishing Cleansing Oil dan Xeracalm A.D Lipid-Replenishing Cream. Dan ini sudah dibuktikan melalui tes SCORAD (tes khusus yang menangani psoriasis dan atopic dermatitis).

Avène Dermocosmetic Ternyata Dapat Membantu Mengatasi Dampak dari Psoriasis - Mommies Daily

Senang deh, waktu saya melihat perbedaan kondisi kulit Indadari sebelum dan sesudah menjalani perawatan dengan Avène. Sayangnya, karena Indadari memakai cadar memang tidak bisa dikasih lihat sembarangan. Waktu itu khusus untuk media perempuan aja. Tapi for sure, memang kesembuhannya tuh kelihatan jelas banget.

Avène Dermocosmetic Ternyata Dapat Membantu Mengatasi Dampak dari Psoriasis. - Mommies Daily

Semoga aja, cerita saya dan pengalaman Indadari ini bisa menyuntikkan semangat untuk para penderita Psoriasis ya :).