Cara Aman dan Mengoptimal Memiliki Rekening Online

Ditulis oleh Prita Hapsari Ghozie, SE, Mcom, GCertFP,CFP®, QWP – Chief Financial Planner ZAP Finance.

Era digital memang memudahkan hidup, termasuk urusan finansial. Contohnyam dengan adanya rekening atau tabungan bebasis online. Mau tahu bagaimana cara aman dan mengoptimalkan rekening atau tabungan online? 

Mommies, setuju tidak jika jaman sekarang tidak punya rekening berbasis online maka akan lebih sulit dalam bertransaksi? Contoh sederhana adalah penggunaan pembayaran non-tunai untuk tarif jalan tol atau pun pembayaran belanja online dengan menggunakan dompet online.

rekening online-mommiesdaily

Rekening berbasis online pada dasarnya memiliki fitur untuk menampung sejumlah uang yang dapat digunakan sebagai alat transaksi yang sah. Saat ini, rekening online dapat berbentuk tabungan online, kartu uang online, rekening di telepon selular, mau pun dompet belanja online. Mengingat fiturnya yang berbasis kepada penggunaan teknologi, maka ada baiknya mommies mengikuti tips berikut ini agar penggunaan dapat lebih optimal dan aman.

Apa plus dan minus memiliki rekening online?

Poin plus memiliki rekening online tentu saja kemudahan dalam bertransaksi yang memungkinkan kita untuk melakukan pembelian tanpa batasan lokasi. Selain itu, rekening online juga relatif lebih mudah untuk dipantau karena dapat diakses melalui berbagai gadget yang digunakna sehari-hari seperti telepon selular. Meski demikian, rekening online juga memiliki risiko akibat adanya pelaku cyber crime yang memungkinan terjadinya penyalahgunaan informasi yang dapat merugikan. Contoh sederhana adalah berkurangnya saldo rekening tanpa diketahui akibat ulah oknum tertentu.

Untuk apa sebaiknya penggunaan rekening online?

Rekening online sangat membantu bagi setiap ibu rumah tangga untuk melakukan transaksi yang bersifat rutin. Contohnya belanja bulanan, biaya transportasi, pembayaran tagihan listrik, komunikasi, serta lainnya.

Saran saya, batasi saldo rata-rata rupiah dalam rekening online. Untuk saldo rata-rata rekening online, biasanya saya akan gunakan patokan maksimal 30% dari total uang yang kita miliki. Jika rekening online juga digunakan untuk menabung demi berbagai tujuan keuangan, maka usahakan agar dana akan digunakan maksimal dalam 24 bulan kedepan. Setelah itu, kita dapat memulai proses menabung untuk tujuan keuangan yang baru.

Bagaimana tips aman dalam memiliki rekening online?

  • Monitor mutasi rekening secara berkala, setidaknya di akhir bulan, akan sangat baik dalam menjaga keamanan rekening.
  • Selalu melakukan update security software di gadget mommies akan mengurangi potensi risiko akibat cyber crime.
  • Cross-check ke call centre bank apabila menerima sms dan email yang bernada sensitif seperti permintaan data pribadi, password, dan lainnya.
  • Hindari transaksi online menggunakan wifi di tempat umum.
  • Waspada saat bertransaksi di lokasi publik, jangan sampai ada orang-orang jahil yang sedang mengawasi kita.

Live a Beautiful Life!

 

Prita Hapsari Ghozie adalah seorang perencana keuangan independen, penulis buku laris “Cantik, Gaya, & Tetap Kaya” serta “Make It Happen,” pembicara, dosen dan ibu dari 2 orang anak. Sebagai Founder dan Chief Financial Planner di ZAP Finance – sebuah konsultan perencanaan keuangan independen di Indonesia. Berpengalaman lebih dari 8 tahun sebagai perencana keuangan dan didukung latar belakang edukasi di bidang keuangan, Prita memiliki kompetensi untuk memberikan saran dan rekomendasi dalam hal keuangan.


Post Comment